Laman

Rabu, 30 Desember 2015

GEORGE THOROGOOD




Dilahirkan pada 24 Februari 1950 di Wilmington, Delaware, AS, adalah musisi, penyanyi dan penulis lagu Amerika. Suaran "energi-energy boogie-blues"-nya menjadi pokok siaran dari radio rock 1980an, dengan hits seperti lagu aslinya " Bad to the Bone" dan "I Drink Alone". Ia juga telah membantu mempopulerkan lagu lama oleh ikon Amerika, seperti" Move It on Over, "Who Do You Love?" dan "House Rent Boogie/One Bourbon, One Scotch, One Beer", yang menjadi pokok siaran dari radio rock klasik. 


Dengan band-nya, the Delaware Destroyers, Thorogood telah merilis lebih dari 20 album, yang dua albumnya telah disertifikasi Platinum dan enam telah disertifikasi Emas. Dia telah menjual 15 juta album di seluruh dunia. Thorogood dan band terus tur secara ekstensif dan pada tahun 2014 merayakan ulang tahun ke-40 penampilan mereka. 

Thorogood memulai karirnya pada awal tahun 1970 sebagai pemain solo akustik dalam gaya Robert Johnson dan Elmore James setelah terinspirasi oleh konser John P. Hammond. Namun, ia segera membentuk sebuah band, the Delaware Destroyers (atau hanya the Destroyers) dengan teman SMA, drummer Jeff Simon. Dengan tambahan pemain mereka mengembangkan suara mereka sendiri, campuran blues Chicago dan rock and roll. Pertunjukan pertama mereka berada di Lane Hall di University of Delaware. Demo Thorogood, Better Than the Rest, direkam pada tahun 1974, tapi tidak dirilis hingga tahun 1979. Debut rekaman besarnya datang pada tahun 1976 dengan album George Thorogood & The Destroyers, yang dirilis pada tahun 1977. Dalam 1978, Thorogood merilis album berikutnya dengan the Destroyers berjudul Move It on Over, yang memasukkan sebuah remake dari Hank Williams '"Move It on Over". "Please Set a Date" dan pengerjaan ulang mereka dari lagu Bo Diddley "Who Do You Love?" mengikuti pada tahun 1979. Keberhasilan awal band ini memberikan kontribusi terhadap munculnya label rakyat Rounder Records.


Pada awal 1970-an, Thorogood menambah penghasilannya dengan bekerja sebagai 'roadie' untuk Hound Dog Taylor. Selama tahun 1970-an, Thorogood dan bandnya berbasis di Boston. Dia berteman dengan Jimmy Thackery dari band blues berbasis Washington DC, The Nighthawks. Saat tur di tahun 1970-an, the Destroyers dan the Nighthawks kebetulan memainkan pertunjukkan di Georgetown (DC) di tempat-tempat di seberang jalan dari satu sama lain. The Destroyers terlibat di The Cellar Door dan Nighthawks di Desperados. Pada tengah malam, dengan pengaturan sebelumnya, sementara kedua band memainkan '"Madison Blues"-nya Elmore James di kunci yang sama, Thorogood dan Thackery meninggalkan klub mereka, bertemu di tengah M Street, bertukar kabel patch gitar dan melanjutkan untuk bermain dengan band yang berlawanan di klub lain. Koneksi dengan the Nighthawks kemudian diperpanjang, ketika pemain bass the Nighthawks Jan Zukowski mendukung penampilan Thorogood di konser Live Aid di Philadelphia, PA pada 13 Juli 1985. 

Thorogood memperoleh paparan utama pertamanya sebagai aksi pendukung untuk The Rolling Stones selama tur 1981 AS mereka. Ia juga adalah tamu yang tampil di Saturday Night Live (Musim 8, Episode 2) pada siaran 2 Oktober 1982. Selama waktu ini, Thorogood dan the Destroyers juga menjadi terkenal karena jadwal tur yang ketat mereka, termasuk "50/50" tour 1981, dimana band ini melakukan tur ke 50 negara bagian AS dalam waktu 50 hari. Setelah dua pertunjukan di Boulder, Colorado, Thorogood dan band-nya terbang ke Hawaii untuk satu pertunjukan dan kemudian melakukan pertunjukan di Alaska pada malam berikutnya. Hari berikutnya band terbang ke Washington State, bertemu roadies mereka yang memiliki mobil dan truk Checker mereka, dan melanjutkan satu pertunjukan per tur untuk semua lima puluh negara persis lima puluh malam. Selain itu, mereka bermain di Washington, DC pada hari yang sama saat mereka melakukan pertunjukan di Maryland, oleh karena itu menjadi memainkan 51 pertunjukan di 50 hari. 


Meningkatkan visibilitas ini terjadi karena kontrak Thorogood dengan Rounder Records berakhir. Dia menandatangani kontrak dengan EMI America Records dan pada tahun 1982 merilis lagu, "Bad to the Bone", dan album dengan nama yang sama. Lagu ini telah sering digunakan dalam televisi dan film, termasuk drama televisi Miami Vice, sci-fi thriller Terminator 2: Judgment Day, kartun animasi Alvin and the Chipmunks, komedi Problem Child, dan Problem Child 2, Stephen King's Christine , dan banyak episode acara televisi Married... with Children. Lagu ini juga digunakan selama intro untuk film Mayor Payne dan dalam film drama 1988 Talk Radio. Lagu ini juga ditampilkan dalam game Rock 'n Roll Racing. Juga dimainkan selama perayaan pregame sepakbola di Mississippi State University dan pada acara USHRA Monster Jam untuk memperkenalkan truk Grave Digger (terlepas dari supir). "Bad to the Bone" digunakan untuk iklan 1984 National Buick Grand. Versi Thorogood dari "Who Do You Love?" dimainkan dalam iklan all Samuel Adams beer. 

Pada tahun 2012, Thorogood disebut sebagai salah satu dari The Most Influental Delawareans of the Past 50 Years.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...