Laman

Rabu, 30 Desember 2015

TOM HAMILTON




Dilahirkan dengan nama Thomas William Hamilton pada 31 Desember 1951 di Colorado Springs, Colorado, Amerika Serikat, adalah seorang musisi Amerika, paling dikenal sebagai bassis untuk band hard rock Aerosmith. Dia ikut menulis bersama dua hits Aerosmith, "Sweet Emotion" dan "Janie’s Got a Gun". Hamilton sesekali memainkan gitar (misalnya "Uncle Salty") dan menyanyikan vokal latar (misalnya "Love in an Elevator").

Hamilton pertama kali mulai bermain gitar ketika kakaknya Scott mengajarinya akord pertamanya pada usia 12 tahun. Tom beralih ke bass ketika ia berusia 14 untuk bergabung dengan band lokal karena mereka memiliki ruang terbuka di posisi itu. Hamilton berada di beberapa band dengan calon gitaris gitaris Aerosmith Joe Perry dan David "Pudge" Scott. Salah satu bandnya bernama "The Jam Band". Itu di sebuah pertunjukan Jam Band di musim panas tahun 1970 di sebuah tempat bernama "The Barn" di Sunapee, New Hampshire, dimana the Jam Band bertemu Steven Tyler, dan mereka berempat setuju untuk pindah ke Boston untuk memulai sebuah band (belum bernama Aerosmith). Scott meninggalkan grup tak lama kemudian, digantikan oleh Tyler pada drum. Ketiganya menjadi trio dengan Hamilton pada bass, Perry pada gitar, dan Tyler pada drum dan vokal. Kemudian Ray Tabano bergabung dan akhirnya Joey Kramer bergabung (yang menciptakan nama "Aerosmith") yang menggantikan Tyler pada drum sehingga ia bisa fokus pada vokal. Tabano digantikan oleh Brad Whitford dan lahirlah Aerosmith. 


Tom Hamilton lahir dari pasangan George dan Betty Hamilton. George dan Betty sekarang tinggal di Vero Beach, Florida. Dia memiliki kakak bernama Scott, seorang kakak perempuan bernama Perry, dan seorang adik perempuan bernama Cecily. Ayahnya bekerja di Angkatan Udara dan ibunya adalah ibu rumah tangga. 

Pertama ia belajar bermain gitar dari kakaknya, yang mendapat gitar pertamanya saat Tom berusia empat tahun. Hamilton adalah anggota tertinggi dari band dengan tinggi 6'1 ". Dia juga "orang yang lucu" dari Aerosmith, selalu mencari kesempatan untuk membuat lelucon dalam wawancara dan juga menjadi salah satu pembicara besar di wawancara. Menurut situs resmi band, lagu favorit Hamilton oleh band adalah "The Farm" (dari album 1997, Nine Lives). Dia menikahi Terry Cohen pada tahun 1975 dan mereka memiliki dua anak, Julian dan Sage. 


Pada bulan Agustus 2006, ia mengumumkan bahwa ia didiagnosis dengan kanker tenggorokan dan lidah dan menjalani perawatan tujuh minggu dengan radiasi dan kemoterapi. Dia terpaksa melewatkan Route of All Evil Tour-nya Aerosmith. David Hull (yang telah bermain di The Joe Perry Project) mengisi untuk Hamilton. Hamilton sebelumnya tak pernah melewatkan pertunjukan Aerosmith. Dia bergabung dengan band untuk penampilan "Sweet Emotion" di pertunjukan Boston mereka pada bulan September 2006, dan pada pertunjukan pribadi di the Beacon Theatre di New York, pada tanggal 3 Desember 2006, di mana ia mengambil tempatnya di band untuk seluruh penampilan. Pada tanggal 20 Desember 2006, Hamilton melaporkan di Aero Force One bahwa ia bebas kanker setelah scan PET baru-baru ini. Dia saat ini sedang menjalani operasi, alasannya karena dari radiasi ia jalani berhubungan dengan kanker tenggorokan, sehingga ia tidak bermain di beberapa Aerosmith / ZZ Top Tour dan lagi digantikan oleh David Hull selama waktu itu. Kanker Hamilton kembali pada tahun 2011, dan ia sejak itu telah dirawat dan pulih.


Pada April 2013, Hamilton terpaksa pensiun dari tur band di Australia karena alasan kesehatan. Dia kembali ke Amerika Serikat setelah tertular infeksi di daerah dada. David Hull, yang telah menggantikan Hamilton di tur lain dari Aerosmith, mengambil tempatnya.

Berikut lagu Aerosmith memiliki kredit penulisan yang diberikan kepada Tom Hamilton
  1. "Sweet Emotion" dari Toys in the Attic
  2. "Uncle Salty" dari Toys in the Attic
  3. "Sick as a Dog" dari Rocks
  4. "Critical Mass" dari Draw the Line
  5. "Kings and Queens" dari Draw the Line
  6. "The Hand That Feeds" dari Draw the Line
  7. "The Reason a Dog" dari Done with Mirrors
  8. "The Hop" dari Done with Mirrors
  9. "Janie's Got a Gun" dari Pump
  10. "The Movie" dari Permanent Vacation
  11. "Krawhitham" dari Pandora's Box
  12. "Beautiful" dari Music From Another Dimension!
  13. "Tell Me" dari Music From Another Dimension!
  14. "Lover Alot" dari Music From Another Dimension!
  15. "Can't Stop Lovin' You" dari Music From Another Dimension!
  16. "Up on the Mountain" dari Music From Another Dimension! (Deluxe Version) [Juga menjadi vokalis utama]
Penghargaan
  • 2007 - Boston Music Award - Prestasi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...