Laman

Sabtu, 19 Desember 2015

PETER CRISS "The Real Catman"





Dilahirkan dengan nama George Peter John Criscuola pada 20 Desember 1945 di Brooklyn, New York, AS. Dia adalah yang tertua dari lima anak-anak pasangan orang tua Joseph dan Loretta Criscuola; keluarga ayahnya berasal dari Scafati, Salerno, Italia. Ia dibesarkan di Williamsburg bagian dari Brooklyn, New York. Ia adalah teman masa kecil dari Jerry Nolan, yang nantinya akan menemukan kesuksesan sebagai drummer New York Dolls.


Dia adalah seorang mahasiswa seni yang berbakat dan pemain musik swing. Saat bermain dengan pemimpin band Joey Greco, Criss akhirnya belajar di bawah bimbingan idolanya, Gene Krupa, di Metropole Club di New York. Hal ini berubah menjadi karir musik aktif saat ia melanjutkan untuk bermain dengan sejumlah band jazz dan rock di New York dan New Jersey sepanjang tahun 1960an.


Criss terlibat dengan sejumlah band sepanjang pertengahan hingga akhir 1960an. Di saat inilah Criss bergabung Chelsea, yang memiliki kontrak dua album dengan Decca Records; kelompok ini merilis album self-titled pada tahun 1970. Mereka tidak pernah merekam album kedua, dan pada bulan Agustus 1971 menjadi Lips (trio yang terdiri dari Criss dan rekan seband di Chelsea Michael Benvenga dan Stan Penridge). Pada musim semi 1972, Lips hanya merupakan duo dari Criss dan Penridge. 


Setelah pembubaran bandnya Lips, Criss menempatkan iklan di edisi East Coast Majalah Rolling Stone, yang berbunyi: 

EXPD. ROCK & roll drummer looking for orig. grp. Doing soft & hard music. Peter, Brooklyn. 

Bertentangan dengan cerita yang telah diberiatakn oleh fans dan band selama bertahun-tahun, tidak pernah ada iklan yang ditempatkan yang mengatakan "Drummer willing to do anything to make it." Iklan itu dijawab oleh Paul Stanley dan Gene Simmons, yang sedang mencari anggota baru untuk band mereka. Ace Frehley ditambahkan ke lineup pada bulan Desember tahun 1972, dan band ini diberi nama Kiss pada akhir bulan itu. Namun, seperti yang dijelaskan Gene Simmons tentang pertemuan pertama Criss di bukunya Kiss And Make Up "Suatu sore saya berjalan di iklan di Rolling Stone yang mengatakan" Drummer available – Will Do Anything." Aku menelepon orang itu di telepon, dan meskipun ia berada di tengah-tengah pesta, ia menjawab panggilan saya, saya memperkenalkan diri dan berkata kami memulai sebuah band dan bahwa band ini mencari drummer, dan ia bersedia melakukan apa pun agar diterima? Dia mengatakan bahwa dia bersedia. Simmons kemudian dalam bab ini menjelaskan pergi ke klub Italia kecil di Brooklyn untuk bertemu dengan drummer itu "Drummer itu mulai bernyanyi, dan ini gaya suara Wilson Pickett yang keluar darinya. Paul dan aku berkata 'Itu dia, itu drummer kami.' Namanya Peter Criscuola. Criss juga menentukan tata rias “Catman" yang akan dia pakai untuk terkenal sebagai anggota dari Kiss, menyatakan pada lebih dari satu kesempatan bahwa ia merasa ia memiliki sembilan nyawa untuk bertahan hidup yang kasar asuhan jalanan di Brooklyn. 


Kiss merilis debut self-titled mereka pada bulan Februari 1974. Sepanjang karirnya dengan Kiss, Criss adalah vokalis di beberapa lagu terkenal antara lain "Black Diamond", "Hard Luck Woman", dan hit terobosan mereka "Beth". Banyak dari kontribusi Criss untuk Kiss ditulis dengan bantuan Stan Penridge, yang merupakan rekan seband Criss di Chelsea dan Lips. 

Criss diberi kredit penulisan lagu bersama untuk balada "Beth", sebuah Top 10 hit untuk Kiss di US Billboard Hot 100 chart, mencapai di # 7 pada tahun 1976. Lagu ini tetap menjadi lagu tertinggi di chart untuk Kiss di Amerika Serikat dan itu memberi mereka People’s Choise Award untuk "Young People’s Favorit New Song" pada tahun 1977, bersama dengan "Disco Duck". Lagu ini ditulis sebelum Criss bergabung dengan Kiss, ketika ia masih menjadi anggota Chelsea. Criss datang dengan melodi untuk lagu itu saat ada di kereta ke New York City dari New Jersey di mana band ini berlatih. Dia dan gitaris Chelsea Stan Penridge menulis lagu bersama-sama. 

Ada sebuah demo lagu dari tahun 1971, tetapi judul lagu itu "Beck", dari nama istri sesama anggota band yakni istri Mike Brand, Becky, yang sering menelepon selama latihan untuk menanyakan Mike kapan ia pulang ke rumah. Bertahun-tahun kemudian, saat di Kiss, Bob Ezrin. dan Gene Simmons diberi kredit untuk mengubah judul lagu menjadi "Beth". Lagu ini dikatakan sebagai penghormatan kepada istri Criss Lydia Di Leonardo; menurut wawancara dengan Criss, ia mengubah beberapa lirik untuk mencerminkan ratapan Lydia bahwa ia merindukannya saat tur, tapi lagu sebenarnya berasal tahun sebelumnya.

Seiring dengan "Beth", lagu lain yang ia nyanyikan sebagai anggota Kiss adalah "Black Diamond", "Hard Luck Woman", "Dirty Livin'", "Nothin' to Lose", "Mainline", "Strange Ways", " Getaway "," Baby Driver "," Hooligan ", "Kissin' Time"dan "I Finally Found My Way ", dengan hanya yang pertama menjadi andalan untuk setiap tur selama waktu dengan Kiss; "Dirty Livin'", "Baby Driver", "Hooligan" dan "Beth" adalah satu-satunya ia tulis bersama (Paul Stanley menulis "Black Diamond", "Hard Luck Woman", "Mainline" dan "I Finally Found My Way"; Ace Frehley menulis "Strangeways" dan" Getaway", dan Gene Simmons menulis" Nothin 'to Lose").

Pada tahun 1978, Criss terluka dalam sebuah kecelakaan mobil yang serius.

Pada tahun 1979 merilis Dynasty, ia hanya bermain pada komposisinya sendiri, "DirtyLivin',” dan tidak bermain sama sekali pada Unmasked (1980). Anton Fig, yang juga bermain di album solo Ace Frehley tahun 1978, dipekerjakan sebagai drummer sesi untuk Dynasty dan Unmasked.
 
Gene Simmons menjelaskan bahwa Criss dipecat; Paul Stanley juga membahas kepergian Criss dalam beberapa wawancara, termasuk komentar tentang Kissology 2. Ace Frehley dalam bukunya tahun 2011, No Regrets, juga menyatakan bahwa Criss dipecat selama pertemuan band dimana Frehley kalah suara dari Simmons dan Stanley. Sebuah CD percakapan dirilis pada tahun 1999 berjudul 13 Classic Kiss Stories, menampilkan Bill Aucoin (manajer pertama Kiss) di mana ia juga membahas kepergian Criss. Namun, Criss menyatakan bahwa ia keluar dari band. Video untuk "Shandi" dilakukan dalam satu hari, dan Peter keluar dari band pada waktu itu; Stanley mengatakan tentang syuting, "Setelah kami selesai syuting, Peter mengemasi barang-barangnya, dan pulang ke rumah.”

Criss secara resmi meninggalkan Kiss pada 18 Mei 1980. Akibatnya, Kiss menunda tur Eropa sampai akhir Agustus, sehingga memberikan band cukup waktu untuk menemukan drummer pengganti, yang mereka temukan pada diri drummer kelahiran Brooklyn, Eric Carr.
 
Pada bulan Maret 1980, Criss mulai merekam album solo kedua, Out of Control. Dirilis di akhir tahun, album ini mengalami kegagalan komersial, meskipun menyisakan favorit untuk penggemar Criss. Album tindak lanjut, tahun 1982 Let Me Rock You, yang berisi satu lagu yang ditulis oleh Gene Simmons, mengalami kegagalan yang sama. Sampul album menampilkan Criss tanpa tata rias wajah Kiss-nya, tapi tidak dirilis di Amerika Serikat pada saat itu. 


Selama sisa tahun 1980an dan awal 1990an, Criss terlibat dengan sejumlah band, masing-masing biasanya berlangsung kurang dari satu tahun. Salah satunya adalah The Keep, yang menampilkan mantan gitaris Kiss Mark St. John. Criss juga bermain dengan Balls of Fire dari musim semi 1986 hingga Desember 1986, dengan Jane Booke pada vokal, Bob Raylove pada bass dan JP (John Pakalenka) pada gitar, yang kini bermain untuk Buckner Funken Jazz di Denver, Colorado. Balls of Fire hanya bermain 7 pertunjukan sebelum Criss meninggalkan band untuk menemani putrinya Jenilee tumbuh. Yang lain adalah Criss Penridge Alliance, pada dasarnya Peter Criss dan Stan Penridge dengan band jazz fusion rock 1970an Montage (Mike Hutchens - gitar, Allen Woody - bass (Govt Mule, Allman Brothers Band), John Moss - drum dan Tony Crow - kibord) yang berlatih 39 lagu termasuk dari 3 album solo pertama Peter Criss, dan bermain di sekitar 10 pertunjukan secara keseluruhan.  Saat Kiss mempromosikan rilisan mendatang mereka Crazy Nights, Criss muncul di program radio sindikasi Metal Shop dan membahas waktunya di Kiss dari perspektif yang lebih positif dari sebelumnya; ia juga mempromosikan buku yang ia tulis pada saat itu, otobiografi berjudul A Face Without a Kiss. Dia juga menyebutkan mimpinya satu hari membuka studio rekaman sendiri dan memulai label rekaman sendiri, bernama Catman Records. Criss sebentar bersatu kembali dengan mantan rekann seband Kiss Ace Frehley di album Frehley pada 1989 Trouble Walkin' (bernyanyi dan bermain perkusi pada satu lagu). Pada awal 90-an, Criss membentuk sebuah band bernama "Criss," yang menampilkan gitaris masa depan Queensryche Mike Stone. Band ini merilis EP Criss pada bulan Desember 1993 dan album the Cat # 1 pada bulan Agustus 1994. Kelompok ini juga mendukung Band Frehley pada "Bad Boys Of Kiss Tour" tahun 1995. 


Pada tahun 1995, Criss muncul di Kiss Konvention resmi di Los Angeles yang membawa kepada pertunjukan Kiss yang direkam untuk MTV Unplugged. Pada April 1996, Kiss mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan tur reuni dengan keempat anggota asli. The 1996-97 Alive/ Worldwide Tour mendapatkan sukses besar, dan Kiss bersatu kembali merilis album studio, Psycho Circus tahun 1998. Namun, kontroversi muncul ketika ditemukan bahwa Criss hanya bermain drum pada satu lagu ("Into the Void," salah satu lagu vokal utama Ace Frehley). Banyak sumber mengklaim bahwa Kevin Valentine bermain pada sisa trek drum untuk album. Criss memiliki satu vokal utama, sebuah lagu yang berjudul "I Finally Found My Way," ditulis oleh gitaris/vokalis Paul Stanley dan Bob Ezrin, dan ikut sumbang vokal dalam bait lagu dengan sisa anggota band untuk lagu "You Wanted the Best". 


Ketegangan muncul sekali lagi antara Criss dan Kiss. Pada tanggal 7 Oktober 2000, di akhir pertunjukan band di North Charleston, Carolina Selatan, Criss menghancurkan perangkat drumnya di atas panggung. Meskipun penggemar pikir itu adalah bagian dari atraksi, pada kenyataannya tindakan bagian frustrasi Criss. Itu pertunjukan terakhirnya di tur, karena ia meninggalkan kontrak dan digantikan oleh Eric Singer pada tahun 2001. Ia kembali bergabung dengan band pada akhir tahun 2002 dan muncul di DVD dan CD Kiss Symphony: Alive IV sebelum pergi dari Kiss lagi pada bulan Maret 2004. Band ini memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya setelah Rocksimus Maximus Tour. Ia sekali lagi digantikan oleh Singer, yang mengenakan "Catman" persona. 

Peter Criss tentang penampilan Kiss dengan pengganti Ace Frehley dan dirinya sendiri: 

Tidak peduli siapa mereka menempatkan sesuatu di wajah mereka, itu bukan kami. Anda dapat melepas topeng dari Lone Ranger dan memasangnya pada orang lain, tapi itu bukan Lone Ranger. 

Sejak tahun 2004, Criss jarang tampil di muka umum. Criss sekarang tinggal di Wall Township, New Jersey. Dia merilis album solo, berjudul One For All pada 24 Juli 2007, melalui Silvercat Rekaman.


Criss adalah penggemar senjata, dan menyatakan bahwa ia memiliki banyak koleksi senjata api yang hanya menembak target, tetapi tidak untuk berburu, seperti yang ia katakana kepada pembawa acara Tom Snyder selama wawancara Kiss di The Tomorrow Show pada 31 Oktober 1979. Segmen wawancara terkenal ini menampilkan Criss memamerkan koleksi senjatanya. 

Hingga November 2008, Criss telah menikah tiga kali: Lydia Di Leonardo (1970-1979), mantan Playboy Playmate dan Coppertone Model Debra Jensen (1979-1994) dan Gigi Criss (dari Mei 1998 sampai sekarang). Criss adalah ayah dari satu anak perempuan bernama Jenilee, lahir pada tahun 1981. 

Criss didiagnosa menderita kanker payudara pada tahun 2008. Saat berlatih, ia melihat benjolan di dadanya yang mendorongnya untuk mengunjungi dokter. Dia berhasil diobati dengan lumpectomy.
 
Criss merilis otobiografinya, Makeup to Breakup: My Life In and Out of Kiss, ditulis bersama dengan penulis Larry Sloman, pada 23 Oktober 2012. 

Ia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2014 sebagai anggota Kiss. 


Selain bermain sebagai dirinya sendiri di Kiss Meets the Phantom of the Park pada tahun 1978 dan Detroit Rock City tahun 1999, Criss telah muncul di dua program televisi dengan peran kecil. Pada tahun 1998 ia muncul sebagai "Nice Cop" pada "... Thirteen Years Later" episode Millennium dan pada tahun 2002 Criss muncul dalam dua episode dari drama penjara HBO, Oz sebagai narapidana Martin Montgomery. Dia juga memainkan peran Mike dalam film tentang pembunuhan JFK, Frame of Mind.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...