Laman

Kamis, 24 Desember 2015

NOEL REDDING




Dilahirkan dengan nama Noel Redding David pada 25 Desember 1945 di Folkestone, Kent, Inggris, ia dipilih oleh Chas Chandler untuk bergabung dengan band Hendrix di awal tahun 1966 dan pergi tahun 1969. Meskipun ia bermain di band lain sebelum, sesudah, dan bahkan selama tugasnya dengan the Experience, ia tidak pernah mencapai tingkat keberhasilan yang sama dan pensiun ke Clonakilty, Irlandia, pada tahun 1972.


Pada usia sembilan, Redding bermain biola di sekolah dan kemudian mandolin dan gitar. Penampilan publik pertamanya berada di Hythe Youth Club kemudian di Harvey Grammar School di mana ia adalah seorang siswa.


Band-band lokal pertama, di mana ia memainkan gitar utama, adalah:
  • The Strangers: dengan John "Andy" Andrews (bass)
  • The Lonely Ones: 1961 - John Andrews (bass), Bob Hiscocks (gitar ritem), Mick Wibley (drum), Pete Kircher (vokal dan tahun 62 pada drum). The Ones Ones membuat EP pribadi dicetak di Hayton Manor Studio di Stanford, Kent, pada tahun 1963, dengan Derek Knight pada vokal, Trevor Sutton pada drum, Noel Redding pada gitar utama dan John Andrews pada bass. Rekaman pertama: "Some Other Guy"; "Money"; "Talking About You"; "Anna".
  • The Loving Kind: 1966 dengan Pete (Kircher) Carter (drum); Jim Leverton (bass); dan Derek Knight (vokal).
Pada usia 17 tahun Redding menjadi musisi profesional dan melakukan tur klub di Skotlandia dan Jerman dengan Neil Landon and the Burnettes (dibentuk pada akhir 1962) dan The Loving Kind (dibentuk pada bulan November 1965). Selain itu, The Lonley Ones bersatu kembali pada bulan September tahun 1964, dan Redding tetap dengan mereka setahun sebelum pergi.


Redding beralih dari gitar ke bass saat bergabung dengan the Jimi Hendrix Experience. Dia adalah orang pertama yang bergabung dengan the Experience, dan yang pertama yang pergi. Konser terakhirnya dengan mereka adalah pada bulan Juni 1969. Dengan band, ia membantu menciptakan 3 album hebat: Are You Experienced, Axis: Bold as Love, dan Electric Ladyland, serta tampil di beberapa konser paling terkenal Hendrix . Gaya permainannya dibedakan dengan menggunakan pick, suara mid-range "trebly", dan di tahun kemudian penggunaan alat dan distorsi efek melalui overdrive Sunn amp. Perannya dalam band adalah sebagai penjaga ritem. Hal ini terbukti dalam versi the Experience dari "Come On (Baby Let The Good Times Roll)" dan "Drivin' South" dari BBC Sessions. Dia biasanya menyediakan alur bass dimana Hendrix dan drummer Mitch Mitchell akan lelauasa bermain diatasnya. Dia menulis dua lagu untuk album, "Little Miss AStrange" dan "She's So Fine". Ia memainkan alur garis pada "Red House" menggunakan senar bass pada gitar enam senar normal.


Pada tahun 1968, Redding membentuk kelompok Fat Matress dengan musisi Kent lainnya, Neil Landon (lahir sebagai Patrick Cahill, 27 Juli 1941, Kirdford, Sussex), pada vokal. Band ini juga termasuk Jim Leverton (lahir 1946, Dover, Kent) pada bass dan kibord dan Eric Dillon (lahir 1950, Swindon) pada drum. Redding memainkan gitar dan vokal, dan bagian penting dari suara Fat Mattress adalah harmoni vokal antara dia, Landon, dan Leverton. Band ini awalnya melakukan tur untuk mendukung Jimi Hendrix Experience, meminta Redding untuk bermain dua set penuh setiap malam. Dia meninggalkan Fat Mattress setelah hanya satu album dengan mereka, meskipun beberapa komposisinya akan muncul di album kedua mereka.


Manajer Hendrix, Michael Jeffery, berusaha untuk menyatukan kembali the Jimi Hendrix Experience berbulan-bulan setelah acara Woodstock. Ketiganya diwawancarai oleh majalah Rolling Stone, tetapi tidak ada pertunjukan atau rekaman yang dihasilkan. Redding segera melanjutkan proyek-proyek lain. Saat tinggal di Los Angeles ia membentuk Road, band hard rock psychedelic berisi 3 orang seperti the Experience, dengan Rod Richards (lahir sebagai Rod Cox; ex Rare Earth) pada gitar dan Les Sampson pada drum, dan Redding beralih kembali ke bass. Mereka merilis satu album, Road (1972), dengan tiga anggota bergiliran pada vokal utama.
 
Noel Redding pindah ke Irlandia pada tahun 1972. Ia membentuk The Noel Redding Band dengan Eric Bell dari Thin Lizzy, Dave Clarke, Les Sampson, dan Robbie Walsh. Meskipun menggunakan nama band, Redding berbagi tugas penulisan lagu dan tugas vokal utama bersama Clarke. Mereka merilis dua album untuk RCA, tiga tur Belanda, dua tur Inggris, salah satu tur Irlandia, dan tur 10 minggu di AS. Band ini dibubarkan setelah sengketa dengan perusahaan manajemen mereka. Lagu yang direkam untuk album ketiga yang belum pernah dirilis kemudian dirilis sebagai The Missing Album pada mouse Records.


Dalam bukunya Are You Experienced? (Ditulis bersama dengan Carol Appleby) ia berbicara secara terbuka tentang kekecewaannya karena diputus dari keuntungan dari penjualan lanjutan dari rekaman Hendrix. Dia dipaksa untuk menyerahkan royalti di tahun 1974 dan pada tahun 1980 harus menjual gitar bass yang ia digunakan dengan the Experience untuk kolektor. Redding telah menerima $ 100.000 (setara dengan sekitar $ 479.825, nilai tukar saat ini sebagai pembayaran satu kali setelah ia diberitahu bahwa tidak akan ada lagi rilisan materi the Jimi Hendrix Experience. (Ini terjadi sebelum munculnya CD dan DVD.) Tepat sampai kematiannya, Redding merencanakan gugatan hukum terhadap pihak Hendrix untuk pembayaran yang diperkirakan £ 3.260.000 untuk perannya dalam rekaman Hendrix dan royalti yang sedang berlangsung.


Penampilan terakhir Noel Redding adalah di Bunkr di Praha, Republik Ceko pada tahun 2002.

Redding ditemukan tewas di rumahnya di Clonakilty pada tanggal 11 Mei 2003. Sebuah post mortem dilakukan pada tanggal 13 Mei di Cork University Hospital di Wilton, Cork. Laporan menyimpulkan bahwa Redding meninggal karena "shock perdarahan karena varises esofagus reaksi terhadap sirosis hati". Ia berumur 57 tahun saat iyu. Di desa Ardfield, masyarakat setempat mendirikan sebuah plakat untuk mengenangnya.


Sebuah CD kompilasi dan rekaman berjudul The Experience Sessions dirilis oleh Experience Hendrix, LLC pada tahun 2004. Seiring dengan perilisan trek ("She's So Fine" dan "Little Miss Strange") koleksi ini berisi lagu langka yang belum dirilis yang ditulis Redding dan belum pernah direkam oleh The Jimi Hendrix Experience. Sebagian besar lagu adalah outtake dari Axis: Bold As Love dan Electric Ladyland, dan menampilkan Redding pada gitar (dengan Hendrix pada bass). Album ini juga memiliki versi live Hendrix "Red House" dengan Redding pada gitar ritem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...