Laman

Rabu, 30 Desember 2015

SERJ TANKIAN



Lahir dengan ama lengkap Serj Adam Tankian di Beirut-Lebanon tanggal 21 Agustus 1967. Saat usia 7 tahun Serj Tankian pindah dengan orang tuanya ke Los Angeles, California dan sekolah di Rose and Alex Pilibos Armenian School (sekolah khusus untuk imigran Armenian-American).

Di bangku perkuliahan, Serj Tankian rata-rata mendapatkan nilai A (di Indonesia predikat A: rentang nilai 90-100) dan merupakan salah satu mahasiswa teladan di California State University, Northridge. Masa-masa inilah pertama kalinya Serj Tankian mulai memainkan instrumen sambil menulis lirik lagu. Sebelum karirnya di System Of A Down, Serj pernah menjadi CEO di sebuah perusahaan software komputer "eGames". Salah satu idenya untuk perusahaan itu adalah Speedy Eggbert (sebuah game komputer untuk Windows).

Serj Tankian dan Daron Malakian berjumpa pada tahun 1993, saat itu keduanya sedang latihan di sebuah studio musik di California. Masing-masing memiliki band sendiri, Serj sebagai keyboardis dalam bandnya dan Daron sebagai vokalis sekaligus gitaris pada bandnya. (Belum tau pasti apa aliran yang diusung oleh band pertama Serj Tankian tersebut).  Dari pertemuan itu, timbul sebuah ide untuk ngebentuk sebuah band metal bernama SOIL dengan bassis Dave Hakopyan dan drummer Domingo Laraino sebagai personilnya. Selanjutnya  Shavo Odadjian bergabung menjadi gitaris ritem dan ditunjuk sebagai produser band sementara kala itu.
 

Setelah SOIL berpisah lantaran keluarnya sang bassis, Serj dan Daron untuk kedua kalinya membuat band lagi dengan nama System Of A Down, diambil dari judul puisi Daron Malakian "Victims Of A Down". Ontronik "Andy" Khachaturian direkrut sebagai drummer SOAD pada awal itu, sebelum digantikan oleh John Dolmayan pada tahun 1997 karena cidera patah tulang yang dialami Andy pada pergelangan tangannya. Dan Shavo pun akhirnya beralih menjadi pemain bass.

Bersama musisi Arto Tuncboyaciyan, Serj pada tahun 2002 membuat duo kolaborasi yang bernama "Serart" mengusung gaya musik etnik yang modern ala Timur Tengah. 

Dan pada tahun 2002 pula Serj dan Tom Morello (gitaris Rage Against the Machine) ngebentuk sebuah organisasi kemanusiaan "Axis of Justice".

Serj Tankian berada di peringkat 26 sebagai vokalis metal terbaik sepanjang masa menurut majalah Hit Parader dan berada di posisi ke-3 sebagai musisi dengan lirik paling bermakna menurut Flavorwire.

Pada tahun 2007 Serj Tankian memulai karir solonya di jalur musik, dengan merilis album pertamanya yang berjudul Elect the Dead, dilanjutkan dengan Imperfect Harmonies (2010) dan Harakiri (2012).
Serj Tankian adalah seorang vegetarian dan tidak suka memakan daging ataupun produk-produk yang dihasilkan oleh hewan. Serj mengambil sikap sebagai aktivis yang mengusung animal rights (hak-hak hewan) dan mengutuk semua rumah-rumah potong yang tidak memenuhi prosedur atau tata  cara pemotongan hewan yang semestinya. Dan nggak tanggung-tanggung pada bulan Juli 2009 lalu, Serj menandatangani petisi PETA terhadap pemotongan ayam yang kurang baik pada rumah potong KFC.
Serj juga dikenal sebagai aktivis yang rajin mengangkat kasus genosida di Armenia dan acap kali di undang sebagai narasumber dalam forum-forum yang membahas tentang genosida di Armenia.
Tahun 2011 lalu Serj mendapatkan "Prime Minister’s Memorial Order Medal" sebuah medali kehormatan dari Perdana Menteri Armenia yang disematkan kepada Serj atas kontribusinya  dalam mewujudkan  pengakuan genosida di Armenia kepada dunia dan  sumbangsihnya dalah kemajuan musik di Armenia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...