Laman

Minggu, 27 Desember 2015

MICHAEL AMOTT



Dilahirkan pada 28 Juli 1969 di London, UK, adalah seorang gitaris, penulis lagu Swedia kelahiran Inggris. Dia merupakan anggota pendiri dari band Arch Enemy, Spritual Beggars, dan Carnage, juga merupakan mantan anggota band death metal Carcass. Dia merupakan kakak dari Christopher Amott (mantan gitaris Arch Enemy, kini dengan Armageddon). Beberapa gitaris yang menjadi pengaruh musikalnya adalah Tony Iommi, Michael Schenker, Uli Jon Roth dan Dave Mustaine.

Amott berada di rangking No. 74 dalam 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time oleh majalah Guitar World.

Tumbuh di Halmstad, Swedia, Amott mulai belajar gitar saat remaja, belajar bermain dengan cara mengikuti musik hardcore punk dan speed metal dari koleksi rekamannya. Dia berkata dalam sebuah majalah gitar bahwa dia lebih condong ke pentatonik. Amott ikut membentuk band death metal Carnage pada tahun 1988 dengan penyanyi Johan Liiva, dan merilis dua buah demo kaset, mendapatkan ketertarikan bawah tanah. Diiringi oleh perubahan lineup, Carnage pada akhirnya merekam album mereka satu-satunya Dark Recollections dengan Amott sebagai anggota asli tunggal, tapi pada saat album dikeluarkan di Necrosis Records pada 1990, band sudah bubar.


Tak lama, Amott direkrut oleh Carcass pada 1990, dan merilis album Necrotiscism - Descanting the Insalubrious pada 1991. Band kemudian merilis album dengan penjualan tertinggi mereka, Heartwork (Columbia/Sony), pada 1993, membantu mendefinisikan apa yang disebut dengan melodic death metal.


Amott meninggalkan Carcass pada 1993, dan memutuskan membentuk band yang terpengaruh rock klasik, Spiritual Beggars. Band ini merilis album debut mereka Spiritual Beggars pada 1994, yang membawa kontrak rekaman di Eropa dengan Music for Nations, yang merilis Another Way To Shine pada 1996.


Masih ingin terlibat dalam extreme metal, Amott membentuk proyek melodic death metal baru yang sama dengan Carcass, dimana album Heartwork dianggap sebagai karya besar Death Metal. Amott mengumpulkan vokalis Carnage orisonil, Johan Liiva dan adiknya Christopher Amott, yang sedang belajar di sekolah musik saat itu, dan membentuk Arch Enemy. Menampilkan dramer sesi Daniel Erlandsson, album pertama band, Black Earth awalnya ditujukan sebagai proyek tunggal, tapi singel pertama, "Bury Me An Angel" diluar dugaan mendapatkan tayangan di Program MTV Rocks Jepang, dan pada 1997 Arch Enemy dikontrak oleh label Jepang besar Toy's Factory, dan diundang untuk tur di Jepang. Amott memutuskan membentuk kembali band, merekrut dramer Peter Wildoer (Darkane), dan bassis Martin Bengtsson.


Setelah tur di Jepang, Amott kembali dengan Spiritual Beggars dan merilis Mantra III pada awal 1998, kini menampilkan Per Wiberg pada kibor. Pada bulan April tahun yang sama, Arch Enemy kembali dengan album Stigmata, album pertama yang dirilis diluar Jepang, kini via Century Media records. Album itu mendapat sukses besar, dan Arch Enemy melakukan tur yang lebih baik pada tahun itu. Kemudian pada 1998, Amott juga berkontribusi pada album Dactylis Glomerata milik Candlemass.


Arch Enemy kembali pada 1999 dengan Burning Bridges dan Burning Japan Live 1999 yang juga menandakan sebagai rekaman terakhir Johan Liiva dengan band. Amott kemudian merilis Ad Astra dengan Spritual Beggars pada 2000, kemudian kembali ke Arch Enemy, dan merekrut vokalis Jerman amatir Angela Gossow untuk menggantikan Liiva pada 2000. Arch Enemy merilis Wages of Sin pada 2001, dan memiliki vokalis wanita, band mendapatkan sukses di seluruh dunia. Arch Enemy tur keliling dunia untuk mendukung Wages of Sin, dan Amott tidak kembali ke proyek Spritual Beggars hingga akhir 2002, merilis On Fire, kembali via Music For Nations. Pada 2003, Arch Enemy merilis Anthems of Rebellion, kembali via Century Media, dan untuk pertama kalinya, Arch Enemy menerima jam tayang MTV AS dengan video "We Will Rise". Band mencapai puncak popularitas dunia, dan melakukan tur dunia secara reguler hingga merilis Doomsday Machine pada 2005, dan Christopher Amott keluar, yang akan fokus pada pendidikannya. Amott sekali lagi kembali dengan Spiritual Beggars pada 2005, merilis album Demons.


Dia juga menjadi tamu untuk memainkan solo gitar pada album One Kill Wonder milik The Haunted dimlagu "Bloodletting", dan rekaman Enemy of God milik Kreator untuk lagu "Murder Fantasies".

Pada 2006, Amott melakukan debut akting pengisi suara saat dia muncul di the Adult Swim show Metalocalypse. Pada episode "Snakes 'n Barrels", dia menyuarakan ilmuwan Dr. Amomolith Chesterfield dan bassis Snakes 'n Barrels, Antonio Tony DiMarco Thunderbottom, yang akan mengakhiri penghapusan memori selama lagu pertama pada show reuni mereka. Amott kembali lagi sebagai pengisi suara pada musim kedua Metalocalypse pada episode "Snakes 'n Barrels II" (Part 1 dan 2).


Pada 2007, Arch Enemy merilis Rise of the Tyrant via Century Media dan melakukan tur dunia berjudul "World Tyranny".

Pada 2008, Amott bergabung kembali dengan Carcass yang telah kembali bergabung dan melakukan tur ekstensif di Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan dan Jepang hingga musim panas 2010.

Saat ini, Amott tengah sibuk dengan tur dunia bersama Arch Enemy pada putaran tur album War Eternal. Amott juga kembali ke Spritual Beggars dengan album-album "Return To Zero" (2010) dan "Earth Blues" (2013).

Michael Amott menjadi seorang vegetarian sejak usia 14 tahun. Dia adalah seorang gitaris otodidak. Dia berkencan dengan mantan anggota band Angela Gossow (pada satu masa bertunangan dan menikah dengannya pada 2003), tapi keduanya tidak lagi bersama. Dia juga memiliki seorang putri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...