Laman

Selasa, 29 Desember 2015

BO DIDDLEY




Penyanyi, penulis lagu, musisi dan pelopor musik rock Bo Diddley dilahirkan dengan nama Ellas Bates (beberapa laporan mengatakan Otha Ellas Bates) pada 30 Desember 1928, di McComb, Mississippi, AS.


Bo Diddley, dengan gitarannya yang memiliki ritme berpengaruh dan kuta, adalah salah satu pelopor musik rock and roll. Di usia muda, dia dikirim untuk tinggal dengan salah satu sepupu ibunya, Gussie McDaniel di Chicago.


McDaniel mengadopsinya dan mengambil nama terakhirnya. Selama bertahun-tahun, dia belajar violin. Kemudian setelah mendengar musik legenda blues John Lee Hooker, dia beralih ke gitar. Diddley mengikuti sekolah musik untuk beberapa saat, belajar cara membuat violin dan gitar. Tapi kemudian dia keluar.

Setelah mengerjakan pekerjaan-pekerjaan aneh dan bermain di sudut-sudut jalanan, Diddley mulai mendapatkan jadwal manggung di bar milik tetangga di Chicago. Pada thanun 1955, dia mendapatkan kontrak rekaman dengan Checker, cabang darilabel blues terkenal Chess Records. Tahun itu dia mencatatkan hit R&B pertamanya dengan single self-titled “Bo Diddley” dan sisi B-nya “I’m a Man.” Diddley kemudian mencapai top 40 chart dengan “Pretty Things” pada tahun 1956. Lagu terkenal lainnya adalah “who Do You Love,” “Mona,” dan “Before You Accuse Me.”


Muncul di tv, melakukan tur, dan merekam materi baru, Diddley tetap terkenal hingga pertengahan 1960an. Saat rasa rock and roll berubah, dia mulai memproduseri beberapa album, yang tidak mendapatkan antusiasme yang sama dengan rekaman terdahulu. Dia masih menjadi penampil panggung yang disegani yang sering melakukan tur. Sebuah tur tahun 1979 dengan grup punk rock, The Clash, mengenalkan Diddley kepada khalayak baru.


Pada 1987, Diddley dikenali dengan perannya sebagai kekuatan pelopor dalam musik yang dilantik ke dalam Rockand Roll Hall of Fame. Kemudian, dia memenangkan Lifetime Acievement Award di the Rhythm and Blues Foundation Pioneer Awards pada 1996. Pada tahun yang sama, dia merilis album studio terakhirnya, Man Amongst Men, yang diterima dengan hangat oleh para kritikus.


Kadang-kadang disebut “The Originator,”Diddley telah menginspirasi musisi yang tak terhitung yang telah mengikuti jejak langkahnya, antara lain Buddy Holly, Bruce Springsteen, the Rolling Stones, the Who, dan The Doors.

Diddley meninggal karena gagal jantung pada 2 Juni 2008, di rumahnya di Archer, Florida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...