Laman

Kamis, 31 Desember 2015

KIRK HAMMETT



Dilahirkan dengan nama Kirk Lee Hammett pada 18 November 1962 di San Fransisco, Califronia, AS. Bergabung dengan Metallica sejak April 1983, menggantikan Dave Mustaine. Tahun 2003 masuk ranking 11 dalam daftar Majalah Rolling Stone ‘The 100 Greatest Guitarist of all Time’. Tahun 2009 ranking 5 di buku Joel McIver ‘The 100 Greatest Metal Guitarists’.

Hammett adalah anak dari ayah asal Irlandia dan ibu dari Filipina. Tumbuh di kota East Bay di El Sobrante, dia tertarik musik dari koleksi kakaknya, Rick, terutama musik Jimi Hendrix, Led Zeppelin, dan UFO.  Ketiganya membuat Kirk memutuskan main gitar saat umur 15. Gitar pertamanya adalah buatan Montgomery Ward ditemani ampli ‘shoe box’ dengan speaker 4 inchi. Saat SMA di De Anza High School di Richmond, California, dia bersahabat dengan Les Claypool anggota band Primus.

Setelah membeli gitar Fender Stratocaster tahun 1978, Kirk mencoba mencari suara ciri khasnya dengan menambah beberapa bagian gitar, dan akhirnya membeli Gibson Flying V 1974. Untuk membeli Gibson warna hitam ini Kirk rela bekerja di awal SMA sebagai pencuci piring di Mira Vista Country Club, Richmond CA, selama 8 bulan. Kirk juga pernah bekerja di Burger King, dan keluar setelah uangnya cukup untuk beli ampli Marshall pertamanya.

Tahun 1980, ketertarikan Kirk mengarah kepada genre metal. Kirk bersama Paul Baloff (vokalis), Gary Holt (gitar), bassist Geoff Andrews, dan drummer Tom Hunting mendirikan band Exodus. Kirk terlibat dalam pembuatan 1982 Demo milik Exodus. Band ini adalah salah satu band berpengaruh dalam gerakan thrash Bay Area. Mereka pernah 2 kali menjadi band pembuka show Metallica sebelum dirinya bergabung.


Kirk bergabung dengan Metallica setelah menerima telpon di bulan April agar ikut audisi di New York. Kirk kumpulkan uang, terbang ke NY dan bergabung dengan Metallica sebulan sebelum mereka lakukan rekaman album pertama Kill ‘Em All.

Enam bulan sebelum rekaman album Kill Em All, dan setelah tur Kill ‘Em All selesai, Kirk ambil les gitar privat dengan Joe Satriani. Wawancara dengan majalah Guitar World, Kirk mengaku melakukan sekitar 20-an kursus dengan Joe Satriani dalam rentang waktu 5 tahun sejak 1982. Kursus-kursus ini membuka gerbang kepada Kirk menuju proses belajar gaya jazz, blues, dan klasik. Hammett berkontribusi dalam menulis dan pembuatan riff sejak pertengahan 1980-an. Salah satunya adalah bridge untuk ‘Creeping Death’ yang aslinya adalah riff milik Exodus, band Kirk sebelumnya. Selain itu riff utama lagu ‘Enter Sandman’ adalah ciptaannya. Lagu ini menjadi lagu yang paling dikenal orang dalam daftar lagu Metallica.

Tahun 1993, setelah selesai tur ‘Black Album’ dia belajar gitar di City College of San Francisco (jurusan Film dan Seni Asia di San Francisco State University), yang menurutnya menjadikan dirinya sebagai gitaris baru dalam album Load dan Re-Load. Tahun 2009 Hammett mengisi kata pengantar dalam buku pengarang Inggris, Joel McIver To Live Is to Die: The Life and Death of Metallica’s Cliff Burton.

Tahun 2005 Kirk main gitar dalam lagu Carlos Santana Trinity bersama gitaris bergaya ‘steel pedal’ Robert Randolph. Tahun 2006 mengisi suara sebagai karakter dirinya sendiri dalam serial kartun The Simpsons (‘the Mook, the Chef, the Wife and Her Homer’). Selain itu juga mengisi suara dalam Adult Swim show Metalocalypse, termasuk suara karakter seorang fan berjari dua (‘The Curse of Dethklok’), The Queen of Denmark (‘Happy Dethday’), dan penjaga bar Finlandia (‘Dethtroll’). Bersama James Hetfield, Kirk pernah muncul sebagai tamu dalam episode Space Ghost: Coast to Coast berjudul ‘Jacksonville’. Tahun 2010 Hammett main bersama Nicolas Abou Chedid dalam solo album Nicolas.

Hammett main gitar dalam lagu ‘Satan’ bersama Orbital untuk soundtrack Spawn: the Album yang rilis tahun 1997. Pernah juga main satu lagu dengan My Morning Jacket dan beberapa lagu bersama kolaborasi Superjam tahunan, yang terdiri Les Claypool dan anggota band Gogol Bordello, terutama mainkan lagu-lagu Tom Waits.


Kirk juga terlibat dalam E.P. berjudul Kichigai dari band punk Septic Death. Dia mainkan lead gitar dalam lagu berjudul sama. Menjadi gitaris tamu K’Naan dalam lagu ‘If Rap Gets Jealous’ dari album Troubadour. Bersama anggota Metallica lain juga menjadi karakter utama dalam game Guitar Hero: Metallica. Kirk terlihat dalam background videoklip Primus ‘John the Fisherman’ sedang memancing di perahu milik Les Claypool. Muncul sebagai aktor dan gitaris dalam episode John Benjamin Has A Van.

Tanggal 01 Oktober 2012, Kirk Hammett luncurkan buku pertamanya Too Much Horror Business, yang berisi foto tentang kegemarannya pada film monster dan memorabilia horror.

Kirk Hammett telah menikah dua kali. Istri pertamanya, Rebecca, hanya dinikahi selama 3 tahun. Bercerai tahun 1993 setelah penggarapan album Metallica. Sejak tahun 1998 Kirk menikahi istri keduanya, Lani, yang memberinya dua putra: Angel (lahir 29 September 2006), dan Vincenzo (lahir 28 Juni 2008). Mereka tinggal di rumahnya di San Francisco, yang dipenuhi memorabilia film, bersama dua anjing mereka Darla dan Hoku, juga beberapa ekor kucing.


Hammett terlihat selalu melilit pergelangan tangannya dengan plester untuk melindungi kulitnya karena tangannya sering sobek dan berdarah akibat kebiasaannya menekan senar dengan tangan untuk mematikan suara gitar (palm muting) dan ‘picking’ yang cepat. Dia terkenal dengan kegemarannya menggunakan pedal wah-wah saat solo. Menurutnya: “Wah-wah adalah perpanjangan kepribadianku.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...