Laman

Kamis, 31 Desember 2015

JOHN DEACON




Dilahirkan dengan nama John Richard Deacon pada 19 Agustus 1951 di Leicester, Inggris. Saat masih kanak-kanak, dia mulai suka dengan bidang elektronik juga mulai suka akan musik, terpengaruh oleh The Beatles. Dia mulai bermain gitar dengan band The Opposition saat berusia 14 tahun, dan kemudian beralih ke bass, dengan band yang berubah namanya menjadi The New Opposition.

Pada akhir 1960-an, John mendaftar di University of London, Chelsea College, untuk melanjutkan pelajaran elektroniknya dan masih melanjutkan bermain musik. Pada musim gugur 1970, dia menyaksikan sebuah band beernama Queen terbentuk, tapi dirinya belum tergerak.

Berbulan-bulan kemudian, John bertemu gitaris band itu Brian May dan penggebuk drum Roger Taylor, dan diundang untuk mengikuti audisi untuk posisi bassis. John mengikuti beberapa gig dan dengan penyanyi handal Freddie Mercury yang sudah menjadi vokalis, lahirlah lineup Queen yang bertahan selama 2 dekade.

Grup ini akhirnya menjadi salah 1 aksi musikal terbesar di dunia, dikenal dengan inovasi gabungan musikal dan teatrikal, dan pertunjukan yang bombastis. Band ini merilis piluhan album, antara lain Sheer Heart Attack (1974) dan Jazz (1978), dan lagu terkenal seperti "Bohemian Rhapsody," "We Will Rock You," "We Are The Champions" dan "Crazy Little Called Love." John dikenal sebagai anggota band yang paling pendiam dan tertutup.


Keempat anggota Queen adalah penulis lagu dan berkontribusi pada musik grup. John mempunyai lagu terkenal hasil tulisannya-sebuah lagu klasik "You're My Best Friend"-dari album hebat A Night at The Opera.

Dia juga mempunyai gaya R&B/soul dan juga menghasilkan lagu terkenal bergaya funk/disco, "Another One Bites the Dust," dari album rilisan 1980, The Game. Lagu itu, yang diinginkan Michael Jackson dirilis sebagai singel, mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 dan No. 2 di tangga lagu R&B, memenangkan sebuah American Music Award dan dianggap sebagai sebuah lagu pop klasik.

John mempunyai sebuah lagu hit lainnya dari album The Works (1984) dengan sebuah singel yang dia tulis, "I Want to Break Free." (Trek ini diiringi dengan sebuah video lucu dari anggota band yang bergaya dalam berbagai karakter.)

Pada pertengahan 1980-an, John mulai bermain dengan band lain juga. Dia tampil di singel "Picking Up Sound" oleh Man Friday & Jive Junior dan bermain dengan The Immortals, yang merilis trek "NoTurning Back." John juga bekerja sama dengan Elton John dan menjadi bagian dari soundtrack untuk film Biggles: Adventures in Time (1988).

Dunia kehilangan Freddie Mercury karena AIDS pada 1991, dan anggota yang tersisa dari Queen tampil di konser memorial/penggalangan dana di Wembley Stadium pada tahun berikutnya dengan berbagai artis-artis tamu. John juga bermain bass pada trek yang belum selesai dari Mercury yang ada di album rilisan 1995, Made in Heaven. Dan pada 1997, John melakukan reuni dengan rekan-rekan 1 bandnya dan Elton John untuk membawakan lagu "The Show Must Go On" di pemutaran awal Maurice BĂ©jart's "Ballet for Life."

John Deacon memilih untuk pensiun dan menarik diri dari sorotan publik, sedangkan May dan Taylor melanjutkan tampil sebagai Queen dan tetap melanjutkan untuk berkarya. John berdomisili dekat London dengan istrinya dan beberapa anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...