Laman

Sabtu, 19 Desember 2015

D.C. COOPER




Dilahirkan di Johnstown, Pennsylvania, AS pada 22 Agustus 1965, dengan nama lengkap Donald Christopher Cooper, merupakan seorang penyanyi dan musisi asal Amerika.


Dalam sebuah wawancara, dalam segi vokal dia terpengaruh oleh Rob Halford, Robert Plant, Aaron Neville, George Michael dan Bruce Dickinson, sedang dari segi band dia terpengaruh oleh Deep Purple, Yes, Rush dan Dream Theater.

Dia mulai bermain di beberapa band lokal dan melakukan tur di klub di seputar Pittsburgh saat dia belajar menyanyi dibawah bimbingan seorang pelatih opera Charlotte Coleman. Salah satu band awalnya adalah The Tung Bandits yang merilis satu buah album pada tahun 1990. 


Pertama kali menjadi sorotan internasional saat sebagai salah seorang finalis pengganti Rob Halford di Judas Priest. Setelah membuat kagum saat audisi, dia mendapat tawaran bernyanyi untuk banyak band Eropa dan Amerika. 

Dia memilih Royal Hunt setelah mengalami banyak pertimbangan dan secara resmi bergabung dengan band itu pada 26 Desember 1994.


Alasan dia untuk lebih memilih berkarir di Eropa adalah karena siklus musik di Amerika yang didominasi oleh Grunge dan Death Metal dan dia tidak mau menlangkah ke arah musik tersebut. Musik hard rock dan progressive tidak pernah padam di Eropa, dan banyak musisi yang ingin membuatnya tetap hidup. Dan alasan lain adalah pers diatur oleh apa yang menjadi trend saat itu sedangkan di Eropa mereka tidak seperti itu.

Setelah 4 tahun dengan Royal Hunt, Cooper secara tiba-tiba dan tak terduga dipecat dari band, saat dia mengetahuinya dengan membaca sebuah pengumuman pada website mereka. Untuk proyek berikutnya, sebuah album solo yang dia mulai pada 1998, dia mendapat bantuan dari para musisi dari band-band yang dia kenal (diantaranya gitaris Tore Ostby dai Conception, dan para anggota Pink Cream 69). Dia merilis D.C. Cooper pada 1999, yang terdapat sebuah cover version dari Uriah Heep, Easy Livin'.


Setelah melakukan tur yang sukses, Cooper membentuk sebuah band dengan mantan gitaris Sinner, Alex Beyrodt, bernama Silent Force. Mereka telah merilis 4 buah album studio: The Empire of Future (2000), Infatuator (2001), Worlds Apart (2004) dan Walk the Earth (2007). Pada 2012, Cooper mengumumkan bahwa dia meninggalkan band dan lineup baru diumumkan pada 2012. Cooper digantikan oleh penyanyi Michael Borman.


Saat Copper tidak melakukan tur, dia sering ditemui menjadi sukarelawan pemadam kebakaran di kampung halamannya Pennsylvania. Cooper menikah dengan Michelle Cooper, dan mempunyai 2 orang putra, Clayton (lahir 2003) dan Carson (lahir 2005).

DC Cooper telah melakukan rekaman sebagai vokalis tamu untuk band progressive metal asal Australia, Voyager. Selain Cooper juga banyak menjadi vokalis tamu di band-band lain antara lain: Pink Cream 69, Shadows Gallery, Edenbridge, Steal Seal, Dol Ammad dan lain-lain.

Pada 2011 dia bergabung kembali dengan Royal Hunt dan tampil di tur mereka di Jepang dan Rusia. Kemudian pada tahun yang sama Royal Hunt merilis Show Me How to Live, A Life to Die For (2013) dan pada 2015 Royal Hunt merilis Devil's Dozen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...