Laman

Rabu, 30 Desember 2015

MATTHIAS JABS



Dilahirkan pada 25 Oktober 1955 di Hannover, Jerman. Dia telah bermain di semua album Scorpions dimulai dengan album Lovedrive (1979) hingga Return to Forever (2015). Dia juga memiliki sebuah toko musik, MJ Guitars, di Munich, Jerman.

Sebelum bergabung dengan Scorpions, Jabs bermain untuk band-band Lady, Fargo dan Deadlock. Jabs diminta untuk ikut Scorpions saat kepergian gitaris Ulrich Roth di bulan Agustus 1978. 


Menyusul album Taken by Force, RCA Records membuat keputusan untuk mempromosikan album ini di toko-toko dan radio-radio. Single dari album ini, “Steamrock Fever”, ditambahkan ke rekaman promosi radio oleh RCA. Roth tidak senang dengan arah komersil yang diambil oleh band. Walaupun dia tampil di tur Jepang dengan band, dia pergi untuk membentuk bandnya sendiri, Electric Sun sebelum perilisan album live ganda Tokyo Tapes. Tokyo Tapes dirilis di AS dan Eropa 6 bulan setelah rilisan di Jepang. Saat itu di pertengahan 1978, setelah mengaudisi 140 orang gitaris, Scorpions merekrut gitaris Matthias Jabs.


Menyusul masuknya Jabs, Scorpions meninggalkan RCA untuk pindah ke Mercury Records di AS dan Harvest/EMI Electrola untuk merekam album mereka berikutnya Lovedrive. Michael Schenker juga kembali ke grup untuk masa yang singkat selama rekaman album ini. Hal ini memberikan band ini tiga orang gitaris (walaupun kontribusi Schenker hingga perilisan album hanya terbatas pada 3 buah lagu). Hasilnya adalah album Lovedrive, sebuah album yang dianggap oleh kritikus sebagai yang terbaik bagi karir mereka. Berisi lagu-lagu yang disuka oleh penggemar seperti “Loving You Sunday Morning”, “Always Somewhere”, “Holiday” dan instrumental “Coast to Coast”, yang memantapkan ‘formula Scorpions’ dengan lagu-lagu hard rock yang dicampur dengan lagu balada melodik.


Setelah lengkap dan merilis album band ini memutuskan untuk mempertahankan Michael dalam band, memaksa Jabs untuk pergi. Namun, di bulan April 1979, setelah beberapa minggu menjalankan tur, Michael keluar. Jabs kemudian dipanggil kembali untuk menggantikannya secara permanen.


Gaya permainan gitar Jabs ada di sebagian besar lagu dalam album Loverdrive, dengan sound yang lebih segar, lebih baru, dan lebih berat. Sound yang ‘mirip Van Halen’ ini akhirnya menjadi cirri khas band yang akan mengantar mereka menjadi band super di tahun 1980an.


Di tahun 2000, dia diberi anugerah plakat kota Hanover dan Cross of Merit on Ribbon (Verdienstkreuz am Bande) of the Lower Saxony Order of Merit.

Jabs dikenalkan oleh Francis Buchholz, yang membantunya belajar matematika

7 komentar:

  1. Jabs d kenalkan oleh francis belajar matematika, whattttt...
    Jd sblmny jabs gak bisa d bidang matematika, gituπŸ€”πŸ€”πŸ€”
    Dasar anak band...πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Francis Buchholz itu sekolah teknik, itung itungan nya jago.. wkwkwkwkw

      Hapus
  2. Matthias jabs 😍😍😍😍😍

    BalasHapus
  3. Referensi ini udah lama ku tau, tp dlm bhsa inggris, nah...
    Skrg ada info bhsa indonesianya.
    Emang Jabs yg awalny d anggap anak bawang, malah ikut serta memuncakan band k seluruh dunia, mski versi roth keren, tp jabs sangat menggelegar, dan yg pasti semua intinya adlh power vokal sang vokalis favorit ku

    BalasHapus
  4. saya termasuk penyuka bunyi permainan gitar Matthias Jabs dalam semua album Scorpions

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...