Laman

Sabtu, 19 Desember 2015

GUS G





Terlahir dengan nama Kostas Karamitroudis di Thessaloniki, Yunani pada 12 September 1980 ini, mulai melejit namanya di kancah internasional ketika menjadi pengganti Zakk Wylde di band solo Ozzy Osbourne pada 2009 lalu. Gus menjadi penerus tongkat estafet kegemilangan gitaris sebelumnya, yakni Randy Rhoads, Jake E. Lee dan Zakk Wylde. Bersama 'Prince of Darkness' Gus tampil pertama kali di perhelatan Blizzcon 2009 yang lantas berlanjut ke penggarapan album "Scream" (2010).


Gus sendiri sebelumnya telah dikenal sebagai gitaris utama sekaligus pendiri band power metal Firewind. Ia juga pernah terlibat di beberapa rekaman dan konser band-band seperti Mystic Prophecy, Nightrage, Arch Enemy hingga Dream Evil. Semasa kecil, ayah Gus yang merupakan vokalis folk paruh waktu di beberapa bar dan kedai di tempat kelahirannya banyak mengenalkan lagu Pink Floyd, Santana dan Eagles kepada Gus. Dan puncaknya, setelah mendengarkan lagu-lagu milik Peter Frampton, Gus pun tergerak untuk menekuni gitar. Ia akhirnya belajar memainkan gitar klasik dan listrik di sekolah musik setempat.


Di usia 18 tahun, Gus memutuskan meninggalkan Yunani dan menuntut ilmu di Berklee College of Music, AS selama beberapa pekan. Di sanalah ia bertemu dengan gitaris Joe Stump yang hingga kini diakuinya sebagai salah satu idolanya. Selain Peter Frampton dan Joe Stump, Gus juga mengidolakan Al Di Meola, John Norum, Steve Vai, John Petrucci, Yngwie Malmsteen, George Lynch, Uli Jon Roth, Michael Schenker, Paul Gilbert, Marty Friedman, Jimi Hendrix, Jimmy Page, gary Moore, The Beatles, The Doors, Black Sabbath, Metallica, Iron Maiden hingga Joe Satriani. 


Pada 1998, Gus membentuk sebuah proyek bernama Firewind bersama teman-teman dekatnya. Band ini merilis album demo "Nocturnal Symphony" dan menarik perhatian Leviathan Records untuk sebuah kemungkinan kontrak rekaman. Namun mimpi itu tertunda lantaran Gus digaet oleh band Nightrage, Dream Evil, dan Mystic Prophecy. Setelah merilis album debut bersama ketiga band tersebut, Gus kembali mengumpulkan puing-puing Firewind dan merilis album. Hingga kini, Firewind telah merilis sebuah album demo, tujuh album studio, dua album konser, dua album kompilasi serta sejumlah single. Diantaranya seperti "Falling to Pieces", "Breaking the Silence", "Mercenary Man", "World on Fire", "Embrace the Sun" dan "Wall of Sound".


Pada 2014 Gus merilis album solo pertamanya dengan judul "I Am The Fire", dengan bintang tamu seperti Jeff Scott Soto (Yngwie Malmsteen, Talisman), Mats Leven (Yngwie Malmsteen, At Vance, Treat), Billy Sheehan (Mr. Big, The Winery Dogs), David Ellefson (Megadeth), Alexia Rodriguez (Eyes Set To Kill), Michael Starr (Steel Panther), Tom S. Englund (Evergrey) dan Tara Teresa.


Pada 2015 Gus kembali meluncurkan album solo studio keduanya "Brand New Revolution". Dia menggarapnya dengan melibatkan sejumlah vokalis fenomenal, dia antaranya seperti Mats Leven, Jeff Scott Soto, Jacob Bunton (Adler) serta Elize Ryd (Amaranthe). Sementara untuk eksekusi musiknya, Gus didukung oleh bassis Marty O Brien (Lita Ford) serta drumer Firewind, Joe Nunez. Lalu untuk teknis rekaman, Gus mengandalkan engineered Jay Ruston (Stone Sour, Anthrax, Steel Panther) serta Mike Fraser (Metallica, AC/DC, Aerosmith, Van Halen) untuk mixing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...