Laman

Rabu, 30 Desember 2015

CHAD SMITH



Dilahirkan dengan nama Chadwick Gaylord Smith pada 25 Oktober 1961 di Saint Paul, Minnesota dan merupakan anak ketiga dari Curtis dan Joan Smith. Smith menghabiskan sebagian besar masa kanak-kanaknya di Bloomfield Hills, Michigan dimana dia lulus SMA dari Lahser High School di tahun 1980. Dia mulai bermain drum pada usia 7 tahun dan tumbuh sambil mendengarkan band-band seperti The Roling Stones, Humble Pie, Pink Floyd, Black Sabbath, Led Zeppelin, Deep Purple, The Who, The Jimi Hendrix Experince dan Kiss.

Smith menyebutkan Ian Paice, Mitch Mitchell, Bill Ward, John Bonham, Keith Moon, Stewart Copeland dan Neil Peart sebagai pengaruh awalnya dalam bermain drum. Dia menghabiskan tahun-tahun awalnya di berbagai band rock antara lain Pharroh dan band asal Michigan Toby Redd. Perkusionis Pharroh Larry Fratangelo, yang juga bekerja dengan Parliament-Funkadelic, memperkenalkan Smith ke musik R&B dan funk dan mengajarinya cara bermain musik funk. Drumer funk seperti David Garibaldi, Jabo Starks, Clyde Stubblefield dan Greg Errico menarik perhatiannya dan sangat mempengaruhi gaya permainannya.

Kemudian, Smith memutuskan pindah ke California untuk mengejar aspirasi musikalnya.

Di tahun 1988, RHCP mencari seorang pengganti bagi drummer mereka D.H. Peligro, yang barusaja dipecat. Sudah masuk dalam proses rekaman dari album studio keempat mereka dan menyewa gitaris baru, John Frusciante, band mengadakan audisi terbuka untuk drummer baru. Smith salah satu drummer terakhir yang ikut audisi dengan band. Penyanyi Anthony Kiedis mengagumi Smith dan sangat terkesan dengan gaya permainannya. Smith ikut dengan RHCP di bulan Desember 1988 dan dalam beberapa bulan merekam album pertamanya dengan band, Mother’s Milk. 


Setelah tur dunia yang sukses untuk mendukung album Mother’s Milk band merilis debut label mayor mereka, Blood Sugar Sex Magik di tahun 1988 yang mendapatksan sukses besar saat rilisnya dan menjadi No. 3 di Billboard, dan terjual sebanyak 13 juta kopi di seluruh dunia. Album ini dinominasikan dan memenangkan beberapa penghargaan dan sngat diunggulkan sebagaisalah satu album terbaik sepanjang masa. Sebelum melakukan tur untuk album ini, Frusciante keluar band di tahun 1992 dan digantikan oleh Arik Marshall untuk sisa tur. Marshall dipecat setelah tur dan segera digantikan oleh Jesse Tobias yang kemudian digantikan oleh Dave Navarro di tahun 1994. Dengan Navarro, band ini merilis album One Hot Minute di tahun 1995. Navarro akhirnya dipecat di tahun 1998 setelah tur untuk mendukung album itu dan digantikan dengan kembalinya John Frusciante. Dengan Frusciante yang kembali, band merilis album Californication di tahun 1999, album terlaris mereka hingga saat ini. Album ini diikuti dengan By the Way di tahun 2002 dan Stadium Arcadium di tahun 2006, album nomor satu pertama milik band di AS.


Di tahun 2007, Smith bersama rekan sesama alumni Glenn Hughes, gitaris Jeff Kollman dan kibordis Ed Roth, membentuk sebuah band instrumental yang terinspirasi oleh kecintaan mereka akan musik funk dan fusion 1970an. Masih belum memiliki nama saat itu, grup ini dilengkapi oleh bassis Kevin Chown, debut manggung di NAMM tahun 2008 di Anaheim, California. Band ini sudah merilis 2 buah album studio dan sebuah album live ganda dengan nama Chad Smith’s Bombastic Meatbats sampai saat ini.


Menyusul tur dunia yang panjang untuk mendukung Stadium Arcadium, RHCP memutuskan untuk mengambil libur di tahun 2008. Selama libur ini, Smith ikut dengan supergrup hard rock Chickenfoot, yang anggota lainnya adalah Sammy Hagar, Joe Satriani dan Michael Anthony. Grup ini sudah merilis 2 buah album studio dan sebuah album live hingga kini. Smith juga seorang hakim untuk 7th annual Independent Music Awards untuk mendukung karir para artis independen pada tahun yang sama. RHCP berkumpul kembali di tahun 2009 setelah hiatus selama 1 tahun penuh untuk merekam musik baru namun Frusciante keluar lagi dan kini digantikan oleh Josh Klinghoffer.


Smith merilis Rhythm Train di tahun 2010, sebuah album anak-anak yang memeproleh tanggapan bagus yag dia rekam dengan Dick Van Dyke dan Leslie Bixler. Di bulan April 2010, MTV menyebutkan Rhythm Train sebagai salah satu rekaman anak-anak terbaik sepanjang masa.

RHCP merilis album I’m With You, album studio ke 10 mereka, yang ke 7 bagi Smith dengan band di tahun 2011. Karena komitmen dengan RHCP, Smith tidak bisa melakukan tur dengan Chickenfoot dan digantikan oleh Kenny Aronoff. Smith merilis The Chad Smith Drum App di bulan Maret 2012, yang merupakan aplikasi mobile gratis untuk iPhone, iPad dan perlengkapan Android dan berisi “Drummer GPS” nya.


Di bulan April 2012, RHCP dilantik oleh Chris Rock ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Sebulan kemudian, Smith ikut lagi dengan Chickenfoot untuk encore 4 buah lagu di Orpheum, Boston, Massachusetts. Smith dan RHCP melakukan I’m With You World Tour di bulan April 2013.

Smith ikut Sammy Hagar di studio untuk mengerjakan musik untuk album studio ke 12 nya. Mereka diikuti oleh gitaris Neal Schon dan bassis Michael Anthony dan menurut Hagar ini adalah kelahiran kembali bandnya di tahun 1980an HSAS, yang berisi Schon dan 2 anggota lainnya. 

RCHP meluncurkan tur panjang lainnya di bulan Mei 2013 dan membuat mereka mengadakan perjalanan hingga bulan Juni 2014. Selama masa ini, band tampil bersama Bruno Mars di paruh kedua Super bowl di bulan Februari 2014. Smith mengkonfirmasi bahwa RHCP akan mulai mengerjakan album studio ke 11 mereka.

Di tahun 2013, Smith ikut musisi jazz Jon Batiste dan bassis/produser Bill Laswell untuk menciptakan grup musik unik untuk musik film. Albumnya berjudul The Process, dirilis pada 4 Nopember 2014.

Chad bermain drum di album kedua dari penyanyi asal Inggris Jake Bugg.

Smith muncul di Late Night with Seth Meyers dari tanggal 15 – 19 Juni duduk di perangkat drum dengan The 8G Band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...