Laman

Rabu, 30 Desember 2015

ANDY SUMMERS




Dilahirkan dengan nama Andrew James Summers pada 31 Desember 1942 di Poulton-le-Fylde, Lancashire, Inggris, adalah seorang musisi Inggris. Dikenal sebagai gitaris untuk band rock The Police, ia juga telah merekam dua belas album solo, berkolaborasi dengan banyak seniman lainnya, tur secara ekstensif di bawah nama sendiri, menerbitkan beberapa buku, dan membuat komposisi beberapa musik film. 


Selama masa kanak-kanak Summers, keluarganya pindah ke Bournemouth di Dorset, Inggris. Setelah beberapa tahun mengambil pelajaran piano, ia bermain gitar pada usia tiga belas tahun. Pada usia enam belas tahun dia bermain di klub lokal dan pada usia sembilan belas tahun ia pindah ke London dengan temannya Zoot Money untuk membentuk Zoot Money's Big Roll Band.


Karir profesional Summers dimulai pada pertengahan 1960-an di London sebagai gitaris untuk band rhythm and blues Inggris Zoot Money's Big Roll Band, yang akhirnya terpengaruh oleh penyebaran skena psikedelik dan berkembang menjadi kelompok acid rock Dantalian's Chariot.

Setelah pembubaran Dantalion's Chariot, Summers bergabung dengan The Soft Machine untuk jangka waktu tiga bulan dan melakukan tur Amerika Serikat. Untuk waktu yang singkat pada tahun 1968, ia adalah anggota dari The Animals, kemudian dikenal sebagai Eric Burdon and the Animals, dengan siapa ia merekam satu album, Love Is. Album ini menampilkan rekaman milik Traffic "Coloured Rain", yang menampilkan gitar solo oleh Summers. LP ini juga memasukkan versi ulang satu-satunya single Dantalion's Chariot  "Madman Running Through the Fields". 


Setelah jangka waktu lima tahun di Los Angeles, sebagian besar dihabiskan di California State University Northridge, ia kembali ke London dengan pacar Amerikanya Kate Lunken. 

Kembali ke London, Summers merekam dan tur dengan sejumlah aksi, antara lain Kevin Coyne, Jon Lord, Tim Essex, Neil Sedaka dan Kevin Ayers. Pada tahun 1975 ia berpartisipasi dalam rendition orkestra dari Mike Oldfield "Tubular Bells".


Pada tahun 1977, Summers diundang oleh mantan bassis Gong Mike Howlett untuk bergabung dengan bandnya Strontium 90, bersama dengan calon rekan sebandnya di The Police, Sting dan Stewart Copeland.
 
Summers mencapai ketenaran internasional sebagai gitaris The Police, dimana ia bergabung pada tahun 1977, menggantikan gitaris asli Henri Padovani. Muncul dari skena punk London, The Police memperoleh ketenaran internasional dengan banyak lagu hit, termasuk "Message in a Bottle", "Roxanne", "Don't Stand So Close to Me", "Every Breath You Take", dan "Every Little Thing She Does Is Magic". Selama waktunya dengan band, Summers dua kali memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance, pertama pada tahun 1979 dengan "Reggatta de Blanc" (ditulis bersama dengan Copeland dan Sting), dan lagi pada tahun 1980 dengan instrumental "Behind My Camel".


Meskipun Sting adalah vokalis dari band, Summers sesekali memberikan kontribusi vokal, seperti "Be My Girl/Sally" (1978), "Friends" (1980), "Mother" (1983) dan "Somenone to Talk To" ( 1983). Komposisi Summers lain yang terkenal dari periode ini adalah "Omegaman" (yang akan dirilis sebagai single debut dari album tahun 1981 Ghost in the Machine" dimana Sting tidak keberatan), "Shambelle" (1981), dan "Murder by Numbers "(1983). Pada awal tahun 1984, setelah tujuh tahun bersama-sama dan rekor penjualan sekitar delapan puluh juta kopi, The Police dibubarkan.

Meskipun tidak secara resmi dikreditkan, riff gitar "Every Breath You Take" ditulis oleh Summers dan direkam dalam sekali ambilan dengan Stratocaster selama sesi Synchronicity. Lagu itu menjadi nomor satu selama delapan minggu. Sting memenangkan Grammy Award 1983 untuk Song of the Year, dan The Police memenangkan Best Pop Performance by a Duo Or Group With Vocal untuk lagu ini. Summers menyediakan akun sesi ini dalam bukunya, One Train Later.


Solo karir Summers antara lain tur, merekam, menulis untuk film (termasuk 2010, Down and Out in Beverly Hills, The Wild Life dan Weekend at Bernie), menulis buku, dan pameran hasil fotografinya. 

Debut solo Summers, XYZ dirilis pada tahun 1987, dan sampai hari ini adalah satu-satunya album non-instrumental dalam seluruh katalog nya. Meskipun menampilkan beberapa materi pop, termasuk single "Love is the Strangest Way", album ini gagal masuk tangga lagu, mendorong Summers pindah dari MCA ke Private Music dan merangkul suara yang lebih eksperimental. 


Pada tahun 1987 Sting mengundang Summers untuk tampil di album keduanya ... Nothing Like the Sun, membantu penyanyi itu kembali dengan bermain bass pada Charming Snakes (1990) dan kemudian berkontribusi vokal untuk "Round Midnight" dalam album tribute Summers untuk Thelonious Monk, Green Chimneys pada tahun 1999. 

Pada pertengahan 1990-an Summers sebentar kembali ke suara yang lebih berorientasi rock dengan Synesthesia (1995) dan The Last Dance of Mr. X (1997), sebelum merekam serangkaian album jazz. 


Selama bertahun-tahun, Summers telah berkolaborasi dengan sejumlah gitaris, termasuk Robert Fripp, John Etheridge, Victor Biglione dan Benjamin Verdery. Pada bulan Desember 2004, ia dan Copeland bergabung dengan Incubus di panggung di Los Angeles dan membawakan "Roxanne" dan "Message in a Bottle". 

Pada bulan Maret 2005, Summers melakukan debut di Carnegie Hall bermain di tayang perdana "Dark Florescence", sebuah konser yang dikomposisikan baginya dan Verdery. 

Biografinya tahun 2006 One Train Later dipilih sebagai music book of the year di majalah Mojo Inggris, dan dirilis sebagai film dokumenter pada 2012 oleh Yari pictures dengan judul Can't Stand Losing You: Surviving The Police. Pada bulan Juli 2015, Can't Stand Losing You: Surviving the Police akan dirilis pada DVD bersama dengan rilisan CD terbarunya Metal Dog.
 
Selama acara Grammy Award 2007, The Police muncul, memainkan "Roxanne" dan kemudian mengumumkan bahwa mereka akan pergi tur. The Police Reunion Tour dimulai di Vancouver, Kanada pada tanggal 28 Mei 2007, dan berlanjut sampai Agustus 2008, menjadi tur terlaris tertinggi ketiga sepanjang masa.


Summers membentuk band baru, Circa Zero, dengan Rob Giles dari The Rescues. Awalnya, drummer Emmanuelle Caplette juga anggota band. Pertunjukan debut mereka adalah 25 Juli 2013 di Rey Theatre El di Los Angeles . Album debut band ini, Circus Hero, dirilis 25 Maret 2014. Judul album dari pengucapan nama yang salah dari nama band yang dibuat oleh disc jockey radio selama wawancara dengan Summers. Single pertama, "Levitation," dirilis ke radio adult album alternative AS pada 3 Maret 2014; dan mencapai nomor 36 pada Japan Hot 100 chart.

Lima Grammy Awards Summers antara lain satu untuk "Behind My Camel" dalam kategori Best Rock Instrumental. Summers menulis instrumental untuk The Police. Namun, Sting menolak untuk bermain sehingga Summers juga bermain bass. 

Dia terpilih sebagai gitaris pop nomor satu selama lima tahun di Guitar Player Magazine sebelum dilantik ke dalam Guitar Player Hall of Fame. 

Pada tahun 2003, bersama dengan rekan satu bandnya Sting dan Stewart Copeland ia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.


Pada tahun 2007, Pemerintah Perancis memberikan Summers (bersama dengan Sting dan Stewart Copeland) sebuah Chevalier dari Ordre des Arts et des Lettres.

Pada tahun 2008, Summers dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Bournemouth University.

Pada bulan November 2011, majalah Rolling Stone memberi peringkat Summers sebagai gitaris nomor delapan puluh lima terbesar sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...