Laman

Kamis, 31 Desember 2015

JOHAN LIIVA




Dilahirkan pada 18 November 1970 di Helsingborg, Swedia, dengan nama Johan Patrick Matias Liiva. Dia dikenal sebagai vokalis/anggota pendiri band melodic death metal terkenal Arch Enemy, juga sebagai anggota Carnage, Furbowl, dan NonExist. Dia saat ini menjadi vokalis band Hearse.

Johan Liiva membentuk Carnage dengan temannya Michael Amott di tahun 1988, dan muncul di dua buah demo tape “The Day Man Lost” dan “Infestation Of Evil”, tapi meninggalkan band sebelum album debut mereka yang direkam di tahun 1990. Dia kemudian membentuk Furbowl sebagai gitaris/vokalis, dengan Max Thornell pada drum. Band merilis album debut mereka Those Shredded Dreams dengan formasi 2 orang melalui Step One Records di tahun 1992. Album ini juga menampilkan solo gitar tamu pada 2 buah lagu oleh Michael Amott (yang juga menjadi produser album ini). Furbowl menambahkan seorang gitaris, Nicklas Stenemo, dan merilis album utuh kedua merekaThe Autumn Years di tahun 1994 di Black Mark Productions, tapi proyek ini kemudian dibubarkan.


Setelah Furbowl bubar, Liiva sekali lagu bergabung dengan Michael Amott untuk membentuk band Arch Enemy di tahun 1996. Setelah merilis album pertama mereka Black Earth di Jepang pada tahun yang sama, album ini mendapatkan kesuksesan, menerima penayangan di MTV Rocks-nya Jepang dan di tahun 1998 Arch Enemy diundang untuk melakukan tur di Jepang, dan menandatangani kontrak baru dengan Toy’s Factory Records. Di tahun 1999, band ini merilis Burning Bridges, dan Burning Japan Live 1999, yang menjadi album terkahir Liiva dengan Arch Enemy.


Setelah berpisah dengan Arch Enemy di bulan November 2000, Liivamembentuk band NonExist dengan gitaris Johan Reinholdz (Andromeda), dan drummer Matte Modin (Dark Funeral, Defleshed). Band ini hanya merilis satu album, Deus Deceptor, di tahun 2002 sebelum bubar. Di tahun 2012 band ini kembali merilis From My Cold Dead Hands.


Liiva kemudian membentuk band Hearse, dengan Mattias Ljung pada gitar dan mantan rekan seband di Furbowl Max Thornell pada drum. Band ini menjadi aktif sejak itu, merilis Dominion Reptilia di tahun 2003 di Hammerheart Records, Armageddon, Mon Amour di tahun 2004 si Candlelight Records, The Last Ordeal di tahun 2005 di Karmageddon Records, dan In These Veins di Dental Records di tahun 2006. Tahun 2009 album Single Ticket To Paradise dirilis.


Johan Liiva juga tampilsebagai vokalis tamu di album debut milik band Industrial Death Metal asal Canada, Synastry ‘Blind Eyes Bleed’ pada trek “Visions oF Anger” yang direkam di tahun 2007 dan dirilis tahun 2008. Juga menjadi vokalis tamu di band-band Necrony, Birdflesh, Legend Beltza, Betrayer, dll.

Di tahun 2013 dia melakukan rekaman lagu Black Metal pertamanya “R136a1” dengan Gleb Poro.

Johan Liiva menikah dengan Alexandra Adler, yang berasal dari Ukraina. Perayaan pernikahan dilakukan di Ukraina pada 14 Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...