Laman

Minggu, 20 Desember 2015

ALBERT LEE "the Guitar Player's Guitar Player"




Dilahirkan dengan nama Albert William Lee pada 21 Desember 1943 di Lingen, Herefordshire, namun dibesarkan di Blackheath, London, anggota dari keluarga Romany. Ayahnya adalah seorang musisi, dan Lee belajar piano, belajar alat musik pada usia tujuh tahun. 


Selama waktu ini, Lee menjadi penggemar Buddy Holly dan Jerry Lee Lewis. Dia bermain gitar pada tahun 1958 ketika orangtuanya membelikannya sebuah Hofner President bekas yang kemudian ia tukar dengan Grazioso dari Cekoslowakia, pendahulu dari Futurama. Lee meninggalkan sekolah pada usia 16 untuk bermain secara penuh.

Lee dengan berbagai band dari tahun 1959 dan seterusnya, memainkan sebagian besar R&B, musik country dan rock and roll. Selain Buddy Holly, pengaruh gitar awal meliputi Cliff Gallup, Grady Martin, Everly Brothers, Scotty Moore, James Burton dan Jerry Reed. Lee mengalami sukses komersial pertama sebagai gitaris dengan Chris Farlowe and the Thunderbirds. Lee mengatakan bahwa ia menikmati bermain materi berjenis Stax, tapi dia benar-benar ingin memainkan musik country. Akibatnya, ia meninggalkan Farlowe and the Thunderbirds pada tahun 1968.

 

 

Selama waktunya bermain dengan Heads Hands & Feet, Lee menjadi "pahlawan gitar", memain Fender Telecasternya dengan kecepatan sangat tinggi. Heads Hands & Feet menjadi band panggung populer di Inggris, tampil di The Old Grey Whistle Test dan juga di Eropa, di mana mereka muncul di program musik Jerman Beat-Club. 
Pada tahun 1971, Lee tampil dengan kibordis Deep Purple Jon Lord di rekaman studio milik Lord Gemini Suite. Opus itu adalah tindak lanjut Concerto for Group and Orchestra-nya Deep Purple. Ritchie Blackmore bermain gitar pada penampilan live pertama dari Gemini Suite pada bulan September 1970, namun menolak undangan untuk tampil di versi studio, yang menyebabkan keterlibatan Lee. Penampil lain adalah Yvonne Elliman, Ian Paice, Roger Glover, Tony Ashton, dan London Symphony Orchestra dengan conductor oleh almarhum Sir Malcolm Arnold.


Lee berangkat ke Los Angeles pada tahun 1974 dan, melalui teman bassisnya Rick Grech (dari Blind Faith), melakukan beberapa pekerjaan sesi pada tiga album dengan the Crickets yang juga pada saat itu menyertakan Sonny Curtis dan Jerry Allison. Salah satu rilisan ini berjudul A Long Way From Lubbock. Lee juga menerima banyak tawaran pekerjaan sesi lain. Pada tahun 1976, ia diminta untuk bergabung dengan Emmylou Harris's Hot Band, menggantikan salah satu pahlawan nya, James Burton, yang kembali tampil dengan Elvis Presley. Hot Band menampilkan musisi lain termasuk Ricky Skaggs dan Rodney Crowell. Mulai tahun 1978, Lee bekerja selama lima tahun dengan Eric Clapton, bermain dan bernyanyi untuk rekaman konser live di Budokan di Jepang.
 
Lee bertanggung jawab untuk konser reuni Everly Brothers pada 1983 dan merupakan pengarah musiknya. Ia bermain secara teratur dengan Everlys selama lebih dari dua puluh tahun.


Pada tahun 1987, Lee diundang oleh Gerry Hogan untuk menjadi penampil utama pada steel guitar festival di Newbury, Berkshire. Lee pada awalnya terintimidasi oleh prospek memilki sebuah band terkenal, namun, pertunjukan itu sukses dan dia sekarang melakukan tur dengan mereka secara teratur. Mereka terkenal untuk menarik selebriti ke pertunjukan mereka. Bintang seperti Eric Clapton, Tommy Emmanuel, Lonnie Donegan, Dave Edmunds, Marty Wilde, Willie Nelson, Nanci Griffith, Don Everly, Emmylou Harris, Sonny Curtis dan Rodney Crowell semuanya bermain dengan band pada satu waktu atau yang lain.
 
Pada tahun 2002, Lee muncul di the Concert for George. Juga pada tahun 2002, Lee menerima Grammy Award for Best Country Instrumental Performance untuk Foggy Mountain Breakdown dari CD Earl Scruggs and Friends. Pada bulan September 2006 Lee ikut ambil bagian dalam Primal Twang: The Legacy of the Guitar-perjalanan teater definitif pertama melalui sejarah yang penuh warna dan kontroversial yang mengejutkan untuk gitar selama 3500 tahun. Lee muncul pada 2007 Crossroads Guitar Festival pada tanggal 28 Juli dan tampil dengan Bill Wyman Rhythm Kings di the Ahmet Ertegun tribute show di The O2 di London pada tanggal 10 Desember. Sebuah album baru berjudul Like This dirilis pada musim semi 2008 bertepatan dengan tur Eropa mereka. Duetnya dengan gitaris Perancis Jean-Pierre Danel adalah Top 10 hit di Portugal, hit kecil di 5 negara lain, dan album Top 5 hit di Perancis. Lee terus bekerja di studio dan tur secara teratur dengan Bill Wyman Rhythm Kings. Dia tinggal di Malibu, California.


Lee telah menerima banyak penghargaan sebagai gitaris, menang lima kali berturut-turut "Best Country Guitarist" dari majalah Guitar Player. Lee dikenal dalam industri musik untuk kecepatan bermain dan keahlian teknisnya dan dengan cara yang sama , salah satu yang paling melodius, bermain bagian lambat mendekati suara pedal steel guitar dengan Music Man dan gitar Telecaster-nya yang dilengkapi dengan B-Benders.
 
Ia dikenal sebagai "the guitar player's guitar player". Lee juga disebut sebagai "Mr. Telecaster". Seorang pemain lama Telecaster, Lee menulis sebuah kata pengantar untuk buku AR Duchossoir yang merinci sejarah instrumen ini.
 
Lagu Lee "Country Boy" membantu untuk mendefinisikan kembali country guitar untuk seluruh generasi pemain, dan kemudian menjadi hit untuk multi-instrumentalis Ricky Skaggs.
 
Meskipun pers positif dari Melody Maker dan New Musical Express, Lee tidak pernah berhasil meraih keberhasilan komersial yang besar dalam hal penjualan rekaman selama karirnya, tetapi lebih sebagai pemain panggung, pemain sesi dan pengiring, mungkin karena kehadiran panggung menonjolkan dirinya. Lee dideskripsikan oleh rekan-rekannya, juga termasuk Jimmy Page dan Ritchie Blackmore, sebagai pria yang lengkap yang tidak tahu arti dari kata ego.
 
Setelah kematian Gram Parsons, Emmylou Harris diberitahu bahwa ia hanya bisa mendapatkan dukungan dari label rekaman besar jika dia bisa benar-benar merakit sebuah "Hot Band". Harris melakukannya, mendaftarkan gitaris James Burton dan pianis Glen Hardin, keduanya telah bermain dengan Elvis Presley dan Parsons; dia memberi nama band "The Hot Band". Ketika Burton pergi untuk kembali ke Elvis Presley, Lee adalah penggantinya. Harris mengatakan bahwa Lee adalah "pemain gitar yang brilian. Sound-nya jelas-sering ditiru, tidak pernah sama. Ketika Saint Peter meminta saya untuk mencatat waktu saya di sini di bumi, aku akan bisa mengatakan (dengan bangga kalau itu diperbolehkan) bahwa untuk sementara aku bermain gitar ritem di sebuah band dengan Albert Lee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...