Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

JERRY GASKILL




Dilahirkan dengan nama Jerry Wayne Gaskill pada 27 Desember 1957, adalah seorang musisi rock Amerika yang adalah drummer untuk band progressive metal King’s X.

Gaskill telah tertarik untuk membuat musik dan bermain drum selama dia bisa ingat. Ayahnya membelikannya drum pertamanya, sebuah ‘snare’ drum, pada usia 4 tahun. Dari sana, ia menyatukan kit penuh. 

Dia dibesarkan di sebuah keluarga yang sangat musikal dengan kedua ayahnya dan saudaranya menjadi pemain gitar. Ketiganya benar-benar memulai band instrumental bernama Jerry and the Knights. Gaskill memainkan pertunjukan bar pertamanya ketika ia berusia tujuh tahun dengan kelompok ini dan dibayar $ 2 untuk usahanya. 

Jerry and the Knights bermain di acara yang berbeda seperti acara bakat, resepsi pernikahan, pesta dan seterusnya sampai pertengahan remajanya. Dia kemudian bergabung dengan sebuah band lokal bernama Frog Ocean Road yang ia kagumi. Gaskill bermain dengan mereka sampai ia berusia 18 tahun, pada saat ia memiliki pengalaman "Born Again". Dia kemudian terlibat dalam musik Kristen lokal yang bermain di gereja-gereja dan bermain dengan musisi lain. 


Pada tahun 1978, Gaskill memutuskan untuk belajar di Evangel College di Springfield, Missouri dan pindah ke sana dengan tujuan menjadi Biblical Studies utama. Dia tidak pernah kehilangan semangat bermusik dan cepat untuk melibatkan dirinya dalam lingkaran musik lokal. Dia segera diperkenalkan dengan penyanyi Greg X. Volz yang membentuk sebuah band baru bersama-sama dan meminta Gaskill untuk berpartisipasi. Mereka juga meminta bassis Doug Pinnick untuk pindah ke Springfield dan bergabung dengan band. Pinnick diterima, tetapi sebulan setelah kedatangannya, proyek berantakan. 

Gaskill segera diminta, bersama dengan Pinnick, untuk bergabung dengan band Phil Keaggy (mungkin melalui kerja sebelumnya Keaggy dengan Volz) dimana mereka menerimanya. Dia melanjutkan tur nasional dengan Keaggy selama sekitar satu tahun. Selama acara band di Springfield, Gaskill diminta oleh anggota band pembuka jika ia akan meminjamkan mereka drumnya. Orang itu kebetulan Ty Tabor yang mengisi untuk drummer yang telah keluar dari band malam sebelumnya. 

Pada satu titik, Gaskill terlibat dalam sebuah proyek demo untuk Tracy Zinn Band yang memiliki Tabor sebagai anggota. Keduanya bermain dan kemudian terlibat dalam proyek-proyek lain bersama-sama.
Setelah pekerjaan Keaggy, Gaskill dan Pinnick (yang juga telah manggung dengan Tabor) memutuskan untuk mencoba mendirikan band mereka sendiri bersama-sama. Kelompok ini dimantapkan oleh Tabor dan gitaris Dan McCollam. Mereka menyebut diri mereka The Edge yang akhirnya berubah menjadi King’s X beberapa tahun kemudian. 

Gaskill telah menikmati karir yang panjang dan bertingkat dengan King’s X dan berlanjut dengan mereka hingga hari ini. Album Gretchen Goes to Nebraska didasarkan sebagian pada cerita yang ia tulis. Dia telah muncul sebagai vokalis di 3 lagu King’s X dan merupakan bagian integral dari bagian harmoni vokal mereka bertiga yang terkenal. 

Gaskill menderita serangan jantung pada tanggal 25 Februari 2012, dan dilarikan ke rumah sakit di mana ia menjalani operasi darurat. Setelah keluar dari rumah sakit ia membuat pesan video di Facebook, berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dia melalui penyakitnya dan kemudian menikah dengan pasangan jangka panjangnya, Julie, di Las Vegas. Pada bulan Oktober tahun yang sama, rumah Gaskill di New Jersey hancur oleh Superstorm Sandy. Sebuah kampanye internet, melalui GiveForward.com, untuk menghasilkan $ 25.000 segera diluncurkan. 

Menurut laman Facebook King’s X, Gaskill menderita serangan jantung saat memulihkan dari "prosedur minor yang terjadwal" pada tanggal 12 September 2014 dan dijadwalkan untuk mendapatkan operasi bypass ganda dalam waktu 72 jam. King’s X membatalkan semua pertunjukan mendatang sampai pemberitahuan lebih lanjut.  

Selain King’s X, Gaskill telah tampil pada album Let It Go oleh Galactic Cowboys, Redline oleh gitaris blues Jay Hooks, solo album Ty Tabor, Safety, album debut Black Sugar Transmission tahun 2007 (dipimpin oleh Andee Blacksugar, yang juga bermain gitar di band solo Jerry pada tahun 2005) dan album Doug Pinnick, Poundhound dan proyek Supershine. 

Gaskill merilis album solo, Come Somewhere, pada bulan April 2004. Dia menyanyikan semua vokal serta memainkan semua trek Drum, gitar akustik, dan sebagian gitar listrik. Album ini diproduseri oleh dan menampilkan rekannya di Kings X, Ty Tabor, dan direkam di Alien Beans Studios milik Tabor. 

Gaskill merilis album solo kedua, Love and Scars, pada tanggal 30 Oktober 2015, dan diproduseri oleh DA Karkos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...