Laman

Rabu, 30 Desember 2015

JON ANDERSON




Dilahirkan dengan nama John Roy Anderson pada 25 Oktober 1944 di Accrington, Lancashire, Inggris, dari pasangan Albert dan Kathleen Anderson. Ayahnya berasal dari Skotlandia dan ibunya keturunan Irlandia. Anderson menghapus huruf ‘h’ dari nama pertamanya di tahun 1970.

Anderson bersekolah di John’s Infants School in Accrington. Disana dia mulai karir musiknya dengan “Little John’s Skiffle Group”, yang memainkan lagu-lagu milik Lonnie Donegan. Setelah meninggalkan sekolah pada usia 15 tahun dia mencoba sejumlah pekerjaan, antara lain berkebun, sopir lorry dan pengantar susu. Dia juga mencoba menjadi pemain sepak bola di Accrington Stanley F.C., tapi dengan tinggi 1,65 m dia tidak dapat ikut karena tidak memenuhi syarat. Dia tetap menjadi penggemar klub itu.

Di tahun 1962, Anderson ikut dengan The Warriors (juga dikenal sebagai The Electric Warriors), dimana dia dan kakaknya Tony berbagi peran sebagai vokalis utama. Dia keluar dari band ini di tahun 1967, merilis 2 buah single solo di tahun 1968 dibawah nama alias Hans Christian, salah satunya adalah lagu milik The Association berjudul “Never My Love”. Salah satu produser pertama Anderson di EMI adalah penulis lagu Paul Korda.

Di bulan Maret 1968, Anderson bertemu bassis Chris Squire dan ikut dia di sebuah grup bernama Mabel Greer’s Toyshop, yang sebelumnya sudah ada gitaris Peter Banks. Anderson menjadi vokalis band ini tapi pergi lagi sebelum musim panas berakhir. Dia menulis di websitenya bahwa masanya dia band ini berisi “too many drugs, not enough fun”.


Anderson, Squire dan Banks kemudian membentuk Yes dengan drummer Bill Bruford dan kibordis Tony Kaye. Album debut mereka dirilis di tahun 1969. Walaupun band ini tidak punya pemimpin resmi, Anderson bertindak sebagai motivator di awal pembentukan mereka, melakukan perencanaan untuk manggung dan menciptakan sebagian besar lagu. Dia juga memainkan peranan penting dalam menentukan ide artistik bangi band, bertindak sebagai pemicu utama untuk lagu-lagu Yes antara lain “Close to the Edge”, “Awaken” dan terutama versi musik dari War and Peace yang kemudian menjadi “The Gates of Delirium” di album Relayer, juga membawa filosofi yoga dibelakang Tales from Topographic Oceans. Walaupun secara pribadi dia kurang ahli dalam memainkan alat musik, Anderson sangat terlibat dalam memilih anggota Yes penerus untuk musikalitas mereka – gitaris Steve Howe (yang menggantikan Banks di tahun 1970), pengganti Kaye, Rick Wakeman dan Patric Moraz, dan drummer Alan White (yang menggantikan Bruford saat pergi untuk ikut King Crimson).

Anderson bertahan dengan Yes hingga ‘pembubaran pahit’ di tahun 1979, menyusul dia melakukan karir selama 4 tahun. Walaupun dia tidak muncul di album band rilisan 1980, Drama, dia masuk lagi ke Yes yang melakukan reuni di tahun 1983, bernyanyi di album sukses komersil mereka 90125 dan penerusnya Big Generator. Anderson akhirnya merasa disisihkan oleh pendekata band yang lebih pop di tahun 1980an (kreatifitas didominasi oleh gitaris Trevor Rabin, dan membidik sukses komersil dan siaran radio mainstream). Dia meninggalkan band lagi di tahun 1988, dan bersatu dengan mantan anggota Yes lainnya di tahun 1989 untuk membentuk grup Anderson, Bruford, Wakeman, Howe (ABWH) (didukung oleh bassis Tony Levin, yang bermain dengan drummer Bruford di King Crimson).


Setelah sukses pertama album ABWH, sejumlah kesepakatan bisnis menyebabkan ABWH melakukan reuni dengan anggota Yes yang ada, yang terkuak menjadi sorotan publik saat mencari seorang penyanyi utama baru. Menghasilkan 8 orang menggunakan nama Yes, dan album Union (1991) dikumpulkan dari lagu yang dalam penyelesaian untuk album kedua ABWH, dan juga rekaman milik Yes yang dikerjakan tanpa Anderson. Sebuah tur yang sukses dilakukan, tapi lineup 8 orang Yes tidak pernah merekam album utuh bersama sebelum pecah di tahun 1992: Anderson bertahan dengan versi band berikutnya, yang reuni dengan lineup 90125. Lineup 90125 merekam sebuah album lagi di tahun 1994 berjudul ‘Talk’. “Walls”, yang ditulis olah Rabin dan Roger Hodgson, penulis lagu dan pendiri grup rock Supertramp, menjadi hit radio rock bagi band dan mencapai No. 24 di Billboard’s Hot Mainstream Rock Tracks chart. Ini juga single kedua dan terakhir yang masuk chart milik Yes. Banyak terjadi perubahan personel (termasuk reuni anggota penuh atau sebagian), semuanya dengan Andserson hingga tahun 2004, saat masalah kesehatan mulai mempengaruhi kemampuannya untuk manggung. Sebuah tur Yes yang direncakana untuk msusim panas 2008 ditunda karena Anderson menderita penyakit pernafasan parah, yang membuat posisinya di band digantikan oleh Benoit David, vokalis utama di band tribute Yes, Close to the Edge. (dan kini, oleh vokalis Glass Hammer, Jon Davison).

Pada pertengahan 2011, Anderson berkolaborasi dengan 2 alumni Yes lainnya – Trevor Rabin dan Rick Wakeman – di sebuah album baru, saat itu dimaksudkan untuk diselesaikan pada akhir 2011 tapi hingga 2015 tak album yang dihasilkan. Saat tur, grup ini membawakan lagu-lagu Yes dan musik baru. Grup ini tidak berhasil untuk merekrut Bill Bruford untuk album ini.


Di tahun 1970, Anderson muncul sebagai penyanyi tamu dengan King Crimson pada trek “Prince Rupert Awakes” pada album mereka Lizard. Di bulan September 1975 dia muncul di album Heaven and Hell milik Vangelis dan tahun berikutnya merilis album solo pertamanya Olias of Sunhillow. Di tahun 1979, saat Yes hiatus, Anderson mulai rekaman lagi dengan Vangelis; menghasilkan album Jon & Vangelis pertama, Short Stories (1980).

Menyusul kepergiannya dari Yes di bulan Maret 1980, dia mulai mengerjakan album solo keduanya, Song of Seven, yang muncul di bulan Nopember. Di tahun 1981dia muncul di album konsep milik Rick Wakeman 1984. Dia juga merilis album dengan Vangelis di bulan Juli 1981 berjudul The Friends of Mr. Cairo. Di tahun 1982, dia merilis album Animation dan di tahun 1983 dia muncul di lagu “In High Places” milik Mike Oldfield dari album Crises dan lagu lain berjudul “Shine”. Di tahun yang sama dia muncul dengan Bela Fleck and the Flecktones.

Di tahun 1984, Anderson muncul di lagu “Cage of Freedom” dari soundtrack rilisan 1981 untuk film rilisan ulang fil Metropolis milik Fritz Lang. Di tahun 1985, lagunya “This Time It Was Really Right” tampil di soundtrack film St. Elmo’s Fire. Dia juga menyanyi “Silven Train” dan “Christie” di soundtrack film Scream for Help. Bersama Tangerine Dream, dia muncul pada lagu “Loved by the Sun” untuk film Legend tahun 1985 disutradari oleh Ridley Scott. Anderson merilis album solo bertema natal, 3 Ships, pada akhir tahun 1985.


Film Biggles: Adventures in Times tahun 1986 berisi lagu yang dinyanyikan oleh Anderson. Selama waktu ini, dia merekam trek demo. Dia dan Vangelis juga mulai menulis lagu baru. Walaupun albumnya belum dibuat, mereka manggung bersama pada 6 Nopember 1986.

Tiga tahun terakhir di 1980an dia bernyanyi di lagu “Moonlight Desires” di album Great Dirty World milik Gowan di tahun 1987. Dia merekam album In the City of Angels dan bernyanyi di lagu “Stop Loving You” di album Toto The Seventh One di tahun 1988, dan di tahun 1989 dia merekam album yang dirilis dengan judul The Lost Tapes of Opio. Dia juga menyanyi di lagu “Within the Lost World” dan “Far Far Cry” untuk album Jonathan Elias Requiem for the Americas.

Album ke 4 Jon and Vangelis, Page of Life, dirilis di tahun 1991. Di tahun 1992 Anderson muncul di album Dream milik Kitaro, menambahkan lirik dan vokal pada tiga lagu: “Lady of Dreams”, “Island of Life” dan “Agreement”. Dia berencana merilis album The Power of Silence di tahun 1993, tapi tidak dirilis karena ada masalah dengan Geffen Records. Dia muncul di lagu “Along The Amazon” yang ikut dia tulis untuk album violinis Charlie Bisharat dengan judul yang sama. Dia juga merekam album solo orchestra berjudul Change We Must di tahun 1993; yang dirilis tahun berikutnya.

Di tahun 1994, Anderson merilis album solo yang terinspirasi musik latin berjudul Deseo. Di tahun 1996, The Power of Silence dirilis dengan judul Toltec. Tahun 1997 Anderson merekam dan merilis album solo yang terpengaruh musik Celtic berjudul The Promise Ring, bersamaan dia menikah dengan Jane Luttenberger. Saat bulan madu mereka, Earthmotherearth direkam dan kemudian dirilis, diikuti di tahun 1998 dengan album berjudul The More You Know yang direkam oleh Jon dan Jane di Paris, Perancis dengan Francis Jocky. Anderson muncul di lagu “The Only Thing I Need” oleh 4Him di tahun 1999. Album pengormatan Steve Howe Portraits of Bob Dylan juga berisi lagu-lagu milik Bob Dylan, “Sad Eyes Lady of the Lowlands”, dengan vokal Jon. Dia juga merekam dengan band bernama The Fellowship pada album In Elven Lands, terinspirasi oleh karya. J.R.R. Tolkien.

Di tahun 2000, Anderson dan kibordis Igor Koroshev mengerjakan album berjudul True You, True Me. Di tahun 2004, dia muncul dengan Contemporary Youth Orchestra dari Cleveland.

Di tahun 2007, Anderson menyumbangkan vokalnya di album Culture of Ascent oleh grup rock asal Amerika Glass Hammer; dan muncul sebagai bagian dari ensemble vokal pada trek Repentance” dari album Systematic Chaos milik Dream Theater.

Di bulan Oktober 2010, sebagai Anderson/Wakeman, Jon Anderson dan Rick Wakeman merilis sebuah album berjudul The Living Tree. Di bulan Juni 2011, dia merilis albumnya yang ke 14, Survival & Other Stories.


Pada 25 Juli 2014, Jon mengumumkan formasi baru, Anderson Ponty Band, dengan violinis dan composer jazz asal Perancis Jean-Luc Ponty dan merekam sebuah album. Lineup band ini adalah Jamie Dunlop pada gitar, Wally Minko pada kibor, Baron Browne pada bass dan Rayford Griffin pada drum & perkusi. Lineup awal dengan Michael Lewis pada gitar dibatalkan.


Pada 13 Agustus 2015, APB mengkonfirmasikan album live debut mereka yang dijadwalkan akan dirilis pada 25 September 2015 dengan judul Better Late Than Never. Album live ini adalah rekaman live mereka saat tampil debut di muka umum pada 20 September 2014 di Wheeler Opera House di Aspen, Colorado.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...