Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

MICK JONES




Dilahirkan dengan nama Michael Leslie Jones pada 27 Desember 1944 di Somerton, Somerset, Inggris. Ia memulai karir musiknya di awal 1960-an sebagai anggota band Nero and the Gladiator, yang mencetak dua hit single minor Inggris pada tahun 1961. Setelah bubarnya band, Jones bekerja sebagai penulis lagu dan musisi sesi di Perancis untuk artis seperti Sylvie Vartan dan Johnny Hallyday ("The French Elvis"), untuk siapa ia menulis banyak lagu, antara lain "Je suis né dans la rue" dan "À tout casser" (yang menampilkan Jimmy Page pada gitar). Ketika The Beatles melakukan tur ke Perancis pada tahun 1964, mereka berteman dengan Mick ketika Hallyday bermain pada pertunjukan yang sama seperti yang mereka lakukan. 


Setelah meninggalkan Prancis untuk kembali ke negara asalnya, Jones bergabung dengan Gary Wright, mantan band Spooky Tooth, untuk membentuk Wonderwheel pada tahun 1971. Pada tahun 1972 Jones dan Wright mreformasi Spooky Tooth, dan setelah ini Jones adalah anggota dari Leslie West Band. Dia juga bermain gitar di album Wind of Change (1972) untuk Peter Frampton, dan Dark Horse (1974) untuk George Harrison.


Pada tahun 1976 ia membentuk Foreigner dengan Ian McDonald dan merekrut vokalis Lou Gramm. Jones ikut memproduksi semua album grup dan ikut menulis sebagian besar lagu-lagu mereka dengan Gramm. Jones menulis single band paling sukses, "I Want to Know Love Is". Ketegangan berkembang dalam band selama akhir 1980-an dan terkait dengan perbedaan dalam selera musik antara Gramm, yang lebih menyukai musik yang lebih hard rock, berlawanan dengan ketertarikan Jones di synthesizer. Gramm meninggalkan band pada tahun 1990 namun kembali pada tahun 1992. Pada tahun 1989, Jones merilis album solo satu-satunya berjudul Mick Jones pada label Atlantic Records. Jones adalah satu-satunya personel yang bermain di setiap album Foreigner. 

Di antara komitmen Foreigner-nya, Jones juga memulai karir sampingan sebagai produser untuk album seperti 5150-nya Van Halen (tahun 1986) dan Storm Front-nya Billy Joel (1989). 


Ia menulis bersama dengan Eric Clapton lagu "Bad Love" pada album Clapton Journeyman, dan pada tahun 2002 ikut menulis lagu "On Her Mind" dengan Duncan Sheik. Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, ia bermain dengan Bill Wyman’s Rhythm Kings.


Dia menikah dengan sosialita/penulis Ann Dexter-Jones, ibu dari Mark, Samantha dan Charlotte Ronson. Ann dan Mick memiliki dua anak, Annabelle dan Alexander Dexter-Jones. Menikah selama hampir 25 tahun, pada tahun 2007 Jones dan Dexter-Jones bercerai. Dia juga memiliki dua anak laki-laki, dari hubungan sebelumnya, Roman dan Christopher Jones.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...