Laman

Kamis, 31 Desember 2015

MATS LEVEN




Dilahirkan dengan nama Mats Göran Levén di Mölndal, Gothenburg, Swedia, pada 11 September 1964. Dia memulai karirnya pada 1986 dengan sebuah band kecil yang berisi teman-temannya, bernama Capricorn. Tiga tahun kemudian, dia bergabung dengan band pemuncak chart Swedish Erotica, merilis sebuah album dan beberapa single.

Tahun 1992, dia berkolaborasi dengan band Swedia lainnya, Treat dimana dia juga merilis sebuah album sebagai vokalis utama dan sebuah single. Pada pertengahan 1990-an di bekerja dengan Abstrakt Algebra (band proyek dari bassis Candlesmass dan composer Leif Edling) dan mengisi vocal latar untuk band Lion’s Share. Dia juga bergabung dengan band cover AC/DC, bernama AB/CD, dimana dia tetap tampil dengan mereka hingga saat ini. Pada 1997, dia bergabung dengan gitaris Swedia Yngwie Malmsteen, merekam album Facing the Animal dan melakukan tur dunia promosi untuk album itu, tur dunia itu dirilis pada 1998 pada album dan DVD Live!!, menampilkan rekaman dari tur tersebut. Pada 1998 dia juga berkolaborasi dengan band proyek Southpaw.



Pada 1999 dia melakukan kolaborasi lainnya, kali ini dengan Pontus Norgren. Setahun kemudian diikuti dengan band proyek lainnya bernama Dogface yang merilis 2 album. Pada 2002 dia bersatu lagi dengan Edling untuk proyek doom metal bernama Krux. Kolaborasi penting lainnya datang pada tahun berikutnya saat gitaris Jerman Olaf Lenk meminta Mats untuk bergabung dengan bandnya At Vance, sebagai vokalis utama. Dia merilis 2 buah album sukses dengan At Vance, The Evil in You (2003) dan Chained (2005). Dia juga memiliki waktu untuk merekam sebuah album dengan band proyek lain, Sabbtail. Sekitar akhir 2003, band symphonic metal Swedia Therion meminta Mats untuk bergabung dengan mereka untuk merekam album mereka Lemuria dan Sirius B dan juga mengikuti tur selama 1 setengah tahun. Berkaitan kolaborasi yang sukses antara dia dan Therion band memintanya untuk menjadi vokalis utama pada album mereka berikutnyas dan juga tur dunia.



Bulan pertama 2006 membawa perspektif baru baginya: tampil di 5 buah lagu di album Reflections of the Obscure oleh Essence of Sorrow (band proyek dari gitaris Jani Stefanovic dari Divinefire), vocal utama di proyek baru lainnya bernama Fatal Force (menampilkan gitaris Denmark Torben Enevoldsen dan drummer Daniel Flores) dan merilis album self-titles pada April 2006, dan vocal latar untuk band hard rock Swedia The Poodles pada lagu mereka “Night of Passion”, dimana mereka menempati posisi ke 4 di putaran kualifikasi final Swedia untuk kontes lagu Eurovision. Dia juga menyelesaikan rekaman untuk album Krux yang dirilis pada 18 Oktober 2006 dan album Therion, berjudul Gothic Kabbalah yang dirilis pada 12 Januari 2007. Pada 16 Juni 2007, Mats bergabung dengan Therion di sebuah konser special di Miskolc, Hungaria. Konser yang menampilkan orchestra dan kur penuh juga bintang musik klasik dari Eropa.



Mulai dari 2007, Mats berbagi vocal di Therion dengan Snowy Shaw dan dua orang vokalis wanita. Salah seorang dari mereka adalah Katarina Lilja yang juga telah mengisi vocal untuk album baru. Lainnya adalah Lori Lewis, vokalis untuk band Aesma Daeva. Setelah Graspop dan Hellfest di Juni 2007, Mats memutuskan kolaborasinya dengan Therion untuk fokus pada proyek barunya. Tempatnya di band diambil oleh Thomas Vikstorm. Mats merekam vocal latar untuk album Worlds Collide milik Apocalyptica. Dia juga muncul di kompilasi ulang tahun ke 20 Nuclear Blast Into The Light, menyanyikan Death is Alive. Saat ini Mats melibatkan dirinya di proyek-proyek lainnya: vocal utama untuk album trilogy berdasarkan Tanakh oleh band metal Israel Amaseffer san kolaborasi dengan proyek milik Carl Wetholm, Jupiter Society. Dia melakukan tur dengan band symphonic progressive metal Perancis Adagio di Maret dan April 2010 sebagai pengganti untuk penyanyi mereka sebelumnya, Christian Palin, yang dipecat pada Februari 2010.



Pada 2011, karena masalah keluarga yang menimpa penyanyi Firewind Apollo, Mats dipanggil sebagai pengganti untuk sisa tur di Eropa.



Pada Juni 2012 dia bergabung dengan Candlesmass sebagai penyanyi mereka untuk pertunjukan yang tersisa pada 2012 (Candlemass memecat Robert Lowe pada Juni 2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...