Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

TERRY BOZZIO




Dilahirkan dengan nama Terry John Bozzio 27 Desember 1950 di San Fransisco, California, adalah drummer Amerika terkenal karena karyanya dengan Missing Persons dan Frank Zappa. Ia telah tampil di sembilan album solo atau kolaborasi, duapuluh enam album dengan Frank Zappa, dan tujuh album dengan Missing Persons. Dia telah menjadi pengiring produktif, bermain di berbagai rilisan oleh artis lain sejak pertengahan 1970-an. Dia dilantik ke Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 1997. Putrinya, Marina, juga merupakan drummer dan anggota dari band heavy metal Aldious.


Dia mulai pada usia 6 bermain dengan perangkat drum darurat. Pada usia 13 ia melihat The Beatles tampil perdana di The Ed Sullivan Show dan memohon pada ayahnya untuk pelajaran drum. Bozzio menyebut Mitch Mitchell dan Ginger Baker sebagai pengaruh utamanya di tahun-tahun remajanya. Selama tahun 1960, ia bermain di band garasi Blue Grass Radio, The Yarde, dan Tamalpais Jungle Mountain Boys. 

Pada tahun 1968 Bozzio bersekolah di Sir Francis Drake High School di San Anselmo, California, di mana ia menerima penghargaan beasiswa musik, dan kemudian melanjutkan ke College of Marin. Selama waktu ini ia belajar bersamaan dengan Chuck Brown pada perangkat drum dan Lloyd Davis dan Roland Kohloff pada perkusi dan beasiswa timpani. Dia juga memainkan ensemble ruang Bartok-Dahl-Cowell & Baroque dengan Marin dan Napa County Symphonies. 

Pada tahun 1972 Bozzio bermain di musikal rock Godspell dan Walking in My Time. Dia juga mulai bermain dalam kelompok jazz lokal dengan Mark Isham, Peter Maunu, Patrick O'Hearn, Mike Nock, Art Lande, Azteca, Eddie Henderson, Woody Shaw, Julian Priester, Eric Gravatt, Billy Higgins, Andy Narell, Hadley Calliman, Mel Graves, dan Mel Martin. Ia menjadi reguler di Monday Night Jim Dukey Big Band di Great American Music Hall di San Fransisico.


Dia merekam dan melakukan tur dengan Frank Zappa mulai pada tahun 1975, dan muncul, juga sebagai vokalis, pada sejumlah album paling sukses Zappa, termasuk Zoot Allures, Zappa in New York, Sheik Yerbouti dan Thing-Fish, dan dalam film konser Baby Snakes (termasuk dia sebagai penyanyi utama dari sebagian lagu "Punky's Whips"). Dia terkenal karena membawakan "The Black Page"-nya Zappa musik yang dirancang untuk menjadi "mimpi buruk musisi," halaman yang begitu padat dengan catatan hitam yang hampir solid. 


Pada tahun 1977 ia bergabung dengan The Brecker Brothers dengan teman lama San Francisco dan gitaris Barry Finnerty. Dengan The Brecker Brothers Bozzio tur dan merekam album "Heavy Metal Be-Bop." Tak lama setelah itu, ia diberhentikan oleh Zappa saat ia bergabung Group 87 dengan Mark Isham, Peter Maunu, Patrick O'Hearn dan Peter Wolf. Kelompok ini mengikuti audisi dan menandatangani kontrak rekaman dengan CBS; Bozzio menolak keanggotaan dalam grup dan kemudian mengikuti audisi yang gagal untuk Thin Lizzy.
 
Setelah kepergian Bill Bruford & Allan Holdsworth dari band UK di akhir tahun 1978, Bozzio bergabung dengan Eddie Jobson dan John Wetton untuk melanjutkan UK sebagai trio. Trio ini merekam Danger Money dan night After Night dan tur ke AS dua kali (mendukung band progressive rock populer Jethro Tull), dan di Eropa dan Jepang. 


Setelah UK bubar pada awal 1980, Bozzio, mantan gitaris Zappa Warren Cuccurullo dan calon istri dan vokalis Dale Bozzio mendirikan band Missing Persons. Missing Persons merilis album Spring Sessio M (yang bersertifikat Emas), Rhyme & Reason, dan Color in Your Life. Missing Persons juga melakukan tur AS & Eropa dan sering muncul di TV dan radio. 

Setelah Missing Persons bubar pada tahun 1986, Bozzio bergabung band solo Andy Taylor mantan gitaris Duran Duran. Dia juga bermain sesi dengan Robbie Robertson, Gary Wright, Don Dokken, XYZ, Paul Hyde, Herbie Hancock, Dweezil Zappa, dan Richard Marx. Selama waktu ini ia mulai tur sebagai klinikus/drummer solo dan merekam Solo Drums, yang merupakan video pelajaran pertamanya untuk Warner Brothers. Bozzio bergabung dengan Mick Jagger dan Jeff Beck untuk video "Throwaway", dan bekerja sama dengan Beck dan kibordis Tony Hymas untuk menulis bersama/memproduksi dan tampil di album pemenang Grammy Award Jeff Beck's Guitar Shop yang dipromosikan di The Arsenio Hall Show, yang adalah pertama kalinya penampilan langsung Jeff Beck di TV Amerika. 


Dalam 1990-1995 Terry mengembangkan komposisi drum solo berbasis ostinato dan merekam video instruksional kedua Melodic Drumming and the Ostinato Volume 1, 2, dan 3, serta Solo Drum Music Volumes 1 & 2 di CD. Dia juga bergabung dengan Tony Hymas, Tony Coe, dan Hugh Burns untuk membentuk band Lonely Bears dan merekam The Lonely Bears, Injustice, dan The Bears Are Running, ketika tinggal di Paris, Perancis. Dia juga membentuk band Polytown dengan David Torn dan Mick Karn.
 
Dari 1995-2002 Bozzio melakukan tur AS, Australia, Kanada dan Eropa sebagai artis drum solo serta merekam dua CD solo: Drawing the Circle dan Chamberworks. Dia dilantik ke Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 1997. Dengan pemain Chapman Stick Tony Levin dan gitaris Steve Stevens, ia membentuk kelompok Bozzio Levin Stevens, yang merilis dua album: Black Light Syndrome pada tahun 1997, dan Situation dangerous pada tahun 2000.


Pada tahun 2001, ia bekerja sama dengan Chad Wackerman untuk menghasilkan video the Duets dan CD Alternatif Duets. Bozzio memenangkan penghargaan Clinician of the Year dua kali serta Drum Magazine's Drummer of the Year dan Best Clinician. Secara Internasional, ia menerima Slagwerkkrant Magazine's (Belanda) dan Player Magazine's (Jepang) Best Drummer Award. 

Bozzio dilantik ke dalam RockWalk Guitar Center di Hollywood pada 17 Januari 2007 bersama dengan ikon rock and roll Ronnie James Dio dan Slash. Bozzio juga bekerja dengan band nu metal band Korn pada album studio 8 mereka setelah kepergian drummer mereka David Silveria. Dia dijadwalkan untuk bermain di tur dengan band selama Family Family Tour, tapi ia pergi dan digantikan oleh Joey Jordison dari Slipknot dan kemudian Ray Luzier.


Sejak November 2008 Bozzio telah melakukan tur dengan gitaris Allan Holdsworth, bassis Tony Levin, dan drummer Pat Mastelotto sebagai supergrup eksperimen HoBoLeMa. Ia juga pembawa acara di Drum Channel.
 
Tanggal 14 Februari 2008 dia pindah ke LA untuk bekerja penuh waktu di www.drumchannel.com. 23/04 Wawancara untuk majalah Cover Story "Perangkap". 5/7 - Clinic West LA Music. 7/13 melalui 19 Pertunjukan Solo di PMT Drumfest di Inggris. 03/10 melalui 16 latihan konser Buddy Rich Memorial. 10/17 & 18 tampil dengan Efrain Toro di Buddy Rich Memorial Concert NYC, dengan Neil Peart, Chad Smith, John Blackwell, Tommy Igoe, Nick Rich, Will Lee (live streaming pertama untuk www.drumchannel.com, & difilmkan untuk DVD). 10/19 hingga 02/11 Sabian Clinic Tour US. 07/11 Pindah pertunjukan drum & perkusi dari Austin ke LA 11/16 hingga 29 Tamu Istimewa Tour Jepang dengan Billy Cobham, Tom Coster, Akira Jimbo, Tony Levin, Pat Mastelotto & Allan Holdsworth.
 
Bozzio mengatakan, tur ini adalah ketika saya jatuh cinta dengan Mayumi! Dalam beberapa hari saya tahu untuk pertama kalinya dalam hidupku aku ingin menikah dengannya! 

25/01 Drum Magazine Festival Jepang, Penampilan Solo. 25/04 Penampilan Duo w / pianis Febian Resa Pana di STB-139 Tokyo, Jepang. 26/04 hingga 02/05 Penampilan Tur Solo, Jepang. 6/8 Menikahi Mayumi Bozzio, di Ventura, CA. Perilisan Buddy Rich Memorial DVD & DVD Evoloution dari Tony Royster Jr (dengan Pertunjukan oleh Terry Bozzio & Dennis Chambers). 16/06 Mulai membawakan acara sendiri: "The Art of Drumming" (streaming live show di www.drumchanel.com, Selasa @ 06:00 PST) dengan satu-satu wawancara tamu & bermain. 16/08 Penampilan Solo, Zappanale Festival, Bad Doberan, Jerman. 8/19 Penampilan Solo, Paradiso, Amsterdam. Merilis The Drummers dari Frank Zappa DVD (Roundtable Discussion & Jam w / Ruth Underwood, Chester Thompson, Ralph Humphrey, Chad Wackerman & Terry Bozzio. 9/19 Penampilan Solo, Explorer's Percussion Anniversary, w / Danny Carey & Alok Dutta. 9 / 26 Penampilan Solo & Trio @ Drum Summit, Bonn, Jerman Penampilan solo pertama dengan Michael Reissler & Vincent Courtois di Opole, Polandia. 10/20 Clinic Drummer's Choice, Toronto 11/6 hingga 11/21 Japan Tour w / Efrain Toro & Chad Wackerman. 12 / Penampilan Chad Smith w / Kenny Arnoff. 12/28 Art of Drumming w / Peter Erskin.
 
West Coast Tour - w / Tony Levin, Pat Mastelotto & Allan Holdsworth. Penampilan NAMM Sabian Live w / Tony Levin, Pat Mastelotto & David Torn European Tour Bozzio / Holdsworth / Levin / Mastelotto (HoBoLeMa). Bozzio Merayakan Ulang Tahun ke-60. 

Reuni Trio w / Alex Machacek, Doug Lunn & Terry Bozzio di Baked Potato 24 & 25 Maret. Mick Mars @ DC, bekerja di kemungkinan album solo Mick di masa depan. Terry Bozzio w / Mark Isham, Jeff Babko & Doug Lunn @ South Pasadena Eclectic Music Fest. Mei 7. Trio itu tampil di Iridium di NYC konser 3 malam & Regatta Bar di Boston. Penampil utama DRUM Mag'd DRUM NIGHT FESTIVAL, San Jose CA.

Terry Menerima Penghargaan "Drum Legends" Guitar Center dengan Peter Criss-nya Kiss & tampil dengan outTrio di Club Nokia LA Penampilan Solo Klub Citta, Kawasaki, Jepang. Alex Acuna / Terry Bozzio Percussion Duo di Baked Potato. Jepang Tour: Osaka, Nagoya & Rhythm & Drums Festival di Tokyo Euro Tour & 2 pertunjukan Tony Levin Stickmen @ Frankfurt Jazz & Opole Drum Festival Week, Polandia. UK direformasi dengan John Wetton, Eddie Jobson dan Terry Bozzio untuk tur dunia pada tahun 2012. 

Melakukan tur  Mid West dengan Tom Shelley pada perkusi. (Tom juga kepala Universal Percussion yang membuat ATTACK TB Signature Drum Heads). Cruise tur dengan UK (Bozzio / Wetton / Jobson / Machacek) , Miami & Panama. Penampilan  solo di Sweathwater fest bermain dengan Billy Sheehan. Tur solo Eropa kedua yang laris. 

HUT ke-50 dari pelajaran drum pertama 1964/07/15 pertunjukan Solo @ stb139, Tokyo, Jepang. Scenefour art & proyek sketsa www.terrybozzioart.com. The Brecker Brothers Heavy Metal BeBop Band Reunion Tour Eropa. 1st Public North American Solo Tour (41concerts) & West Japan Solo Tour. The Brecker Brothers Heavy Metal BeBop Band Reunion Japan Tour di Club Citta, Kawasaki Jazz Fest. (3 hari) dan rekaman. 

Bozzio menandatangani kontrak rekaman dengan perusahaan Rekaman Jepang: Ward Records, untuk merilis "Terry Bozzio Composer Series". Tur klinik dengan perkusionis/pemilik Universal Percussion Tom Shelley. Penampilan Solo di Catalina Jazz di Hollywood pada 22 Agustus dan * Jepang & Eropa Solo Tours.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...