Laman

Senin, 14 Desember 2015

DICK WAGNER




Richard Allen Wagner lahir di Oelwein, Iowa, pada 14 Desember 1942, dibesarkan di Saginaw, wilyah Michigan,dan lulus dari Waterford Township high school pada tahun 1961. Band pertamanya, bernama the Bossmen, adalah favorit di daerah Detroit dan memiliki hit di radio dengan komposisi  yang ditulis Wagner "Baby Boy", "You're The Girl For Me" dan lain-lain. Wagner membentuk band berikutnya, Frost, dengan Donny Hartman, Bobby Rigg dan Gordy Garris, pada akhir tahun 1960 dan memperoleh pengikut substansial dalam daerah Michigan. Band ini menampilkan Wagner dan Hartman pada gitar. Band ini merilis tiga album selama masa mereka bersama-sama di Vanguard Records: Frost Music dan Rock and Roll Music di tahun 1969, ditambah Through the Eyes of Love di tahun 1970. Wagner adalah penulis lagu, aranjer dan vokalis utama The Frost. Penampilan live mereka mendatangkan kerumunan besar penggemar muda di seluruh wilayah itu.


Pada tahun 1972, Wagner pindah ke New York dan membentuk kelompok yang berumur pendek "Ursa Major". Line-up aslinya termasuk Billy Joel pada kibord dan Rick Mangone pada drum. Saat Billy Joel harus meninggalkan band karena alasan pribadi, Wagner menggantikannya dengan mantan bassis Amboy Dukes Greg Arama. Mereka merilis satu album self-titled yang mendapat pengakuan sebagai trio. Band melakukan tur secara nasional dengan Jeff Beck dan kemudian dengan Alice Cooper.


Pada tahun 1973, Wagner direkrut oleh produser Bob Ezrin untuk band Lou Reed bersama dengan Steve Hunter. Wagner dan Hunter gitaris yang tampil pada album studio yang gelap dan kontroversial di tahun 1973 milik Lou Reed, Berlin. Segera setelah itu, Wagner dan Hunter bergabung dengan Prakash John, Pentti "Whitey" Glan dan Ray Colcord untuk Lou Rock 'n' Roll Animal Tour milik Lou Reed. Sebagai pemimpin band dan aranjer, Wagner mengambil lagu awal Lou Reed yang telah direkam oleh Velvet Underground dan mengaransir kembali mereka untuk panggung konser. Aransemen baru meletakkan kembali rasa yang telah ditetapkan oleh band Reed sebelumnya dan memenangkan Reed album emas pertamanya. Band melakukan tur internasional dengan Reed, yang berpuncak pada album Rock 'n' Roll Animal, direkam live di New York Academy of Music pada bulan Desember tahun 1973.
 
Itulah hari-hari Wagner dengan Frost saat ia pertama kali bertemu Alice Cooper. Produser Bob Ezrin membawa Wagner dan Steve Hunter ke studio untuk bermain gitar di album awal Alice Cooper. Wagner tampil di album band School's Out, terutama untuk bermain solo gitar pada lagu "My Stars" yang mudah diingat. Wagner terus bermain gitar (kadang-kadang 'uncredited') pada setiap album Alice Cooper Grup seterusnya, hingga pembuabaran dari kelompok asli.


Ketika para anggota asli kelompok Alice Cooper berpisah pada tahun 1974, Wagner resmi bekerja sama dengan Alice Cooper dan menjadi penulis lagu utama, gitaris dan direktur band. Bersama-sama mereka menulis album berkonsep pertama mereka, Welcome to My Nightmare. Diproduseri oleh Bob Ezrin, album ini dirilis pada tahun 1975. The Nightmare Tour menjadi tur pertunjukan rock yang terbesar dan terpanjang pada waktu itu. Pertunjukan ini juga menampilkan duel gitar utama dari Wagner dan Hunter dalam pertempuran gitar yang dibuat menjadi film dengan nama yang sama. Film ini menjadi istimewa bagi TV dan dirilis pada home video pada tahun 1976. Tur dunia mencakup lebih dari 120 kota selama periode delapan belas bulan. Wagner terus ikut menulis lagu dan bermain gitar di album Cooper lainnya, termasuk: Goes To Hell, The Alice Cooper Show, Lace and Whiskey, From the Inside (ditulis oleh tim dari Alice Cooper, Dick Wagner dan Bernie Taupin), Zipper Cathches Skin, DaDa dan Hey Stoopid.
 
Pada tahun 1978, Wagner merilis sebuah album solo berjudul Richard Wagner, yang diproduseri oleh Bob Ezrin, dan dirilis oleh Atlantic Records. Judul album ini membuat bingung baik toko kaset mauoun disc jockey, yang memasukkan rekaman ini ke dala rekaman musik klasik, dengan asumsi itu adalah rekaman musik klasik yang disusun oleh komposer klasik abad ke-19 dengan nama yang sama.


Sebagai salah satu musisi andalan yang disewa oleh produser terkenal Bob Ezrin di tahun 1970an dan 1980an, Wagner meminjamkan bakat permainannya (terkadang penulisan lagu) untuk album seperti Destroyer dan Revenge milik Kiss, debut solo self-titled Peter Gabriel (1977), Air Supply, Get Your Wings milik Aerosmith, Along the Red Ledge milik Hall & Oates, Dream of a Child milik Burton Cummings. Wagner menjadi produser dan ikut menulis album solo debut Mark Farner dan sepasang album untuk bintang dari The Rocky Horror Picture Show, Tim Curry dan banyak lagi.

Salah satu lagu yang paling terkenal yang ditulis oleh Wagner adalah "Only Women Bleed". Ditulis pada masa Wagner dengan the Frost, Wagner awalnya tidak senang dengan liriknya dan tidak merilisnya. Setelah kolaborasinya dengan Alice Cooper mulai, Wagner memainkan lagu itu untuknya. Alice memiliki judul untuk lagu yang telah lama ingin ia tulis. Cooper dan Wagner menulis lirik baru dan merekamnya untuk album Cooper Welcome to My Nightmare. Lagu ini menyampaikan pesan tentang kekerasan dalam rumah tangga. Sejak rilis awal tahun 1975 "Only Women Bleed" telah dibawakan ulang oleh lebih dari 30 seniman, antara lain Tina Turner, Etta James, Guns N 'Roses, Lita Ford, Carmen McRae dan Tori Amos.

Menyusul "Only Women Bleed", Wagner ikut menulis serangkaian lagu hit balada dengan Alice Cooper, antara lain "I Never Cry", "You And Me" dan "How You Gonna See Me Now" (yang terakhir ditulis oleh Cooper, Wagner dan Bernie Taupin). Lagu-lagu lain yang ikut ditulis oleh Wagner membawanya mendapat pengakuan publik sebagai penulis lagu berbakat. Pertama "Shine Silently" dengan Nils Lofgren, yang awalnya tampil di album, Nils tahun 1979, kemudian sebagai bagian dari album pertama Ringo Starr & All-Starr Band tahun 1990. "Just As I Am", yang ditulis oleh Wagner dengan Rob Hegel, merupakan rekaman hit untuk Air Supply. Atas perintah produser Bob Ezrin, Wagner terbang ke Toronto dan merekam tujuh trek gitar pada rekaman Air Supply. Lagu balada lain, "I Might Be As Well Be on Mars", lagi dengan Alice Cooper, yang tampil di album Cooper, Hey Stoopid tahun 1991.


Salah satu lagu yang paling dibanggakan oleh Wagner adalah "Remember the Child ", yang ditulis mengenai masalah pelecehan anak. Ditulis dari sudut pandang seorang anak, lirik dan melodi lagunya menyampaikan pesan yang kuat dan tajam untuk orang dewasa bahwa seorang anak akan selamanya mengingat cinta atau pelecehana di masa kecil mereka. Penulis terlaris New York Times John Bradshaw yang memilih "Remember the Child" sebagai lagu tema untuk memenangkan penghargaan khusus televisi PBS, "Homecoming: Reclaiming and Healing Your Inner Child". Bradshaw mengundang Wagner untuk bergabung dengannya di tur nasional untuk membawakan lagu sebagai bagian musik katarsis dan penyembuhan untuk ribuan orang yang menghadiri ceramah dan seminar Bradshaw. Dianut oleh psikiater dan psikolog dalam praktik mereka, lagu tersebut telah digunakan sebagai alat untuk membangkitkan emosi dari pasien yang tidak mampu untuk mengungkapkan perasaan. Pada tahun 1996, Wagner diundang oleh Leo Najar, konduktor dari Saginaw Bay Symphony Orchestra untuk tampil selama dua setengah jam dalam konser untuk membawakan lagu-lagunya dengan simfoni. Wagner memberi judul konser ini, "Remember the Child Concert", mengumpulkan dana untuk lembaga korban pelecehan anak di pusat Michigan melalui "Remember The Child Foundation"-nya

Wagner pindah ke Phoenix, Arizona, pada tahun 2005 di mana ia menulis album baru dengan Alan Gordon (Happy Together, Celebrate). Pada tahun 2007 ia menjadi produser dan menulis lagu untuk artis Wensday di album Torch Rock, dirilis di label rekaman independennya Desert Dreams Records. Album debut-nya, yang diproduseri oleh Wagner, termasuk dalam pemilihan 50th Anniversary Grammy Awards tahun 2007.
 
Sebuah film tentang karya Dick Wagner dan Steve Hunter, berjudul "Rock and Roll Animals", di produksi pada tahun 2007 oleh Noble Savage Productions. Dalam wawancara yang difilmkan, Alice Cooper berbicara tentang mempekerjakan Dick Wagner, menulis dengan dia dan mempekerjakan pemain gitar terbesar dalam band-nya. Fred Mandel, kibordis dengan Alice Cooper Band juga diwawancarai. Film ini tidak pernah selesai, tapi klipnya ada di YouTube.
 
Pada tahun 2006, Wagner bekerja sama dengan penyanyi rock Italia Chris Catena di rekaman versi cover "Theme for an Imaginary Western," lagu rock terkenal oleh Jack Bruce dan Pete Brown, yang akan dirilis di album ketiga penyanyi Italia itu sekitar tahun 2015.
 
Pada tahun 2007, Wagner mengalami serangan jantung dan stroke. Setelah tiba DOA di sebuah rumah sakit Scottsdale, ia mengalami keadaan koma selama dua minggu, bangun dengan lengan kiri lumpuh. Sambil memulihkan diri dari serangan jantung, Wagner terus menulis lagu dan mulai menulis memoarnya, yang akhirnya menjadi bukunya, Not Only Women Bleed.
 
Saat ia perlahan-lahan pulih dari serangan jantung dan stroke, Wagner menunjukkan gejala yang tidak biasa, termasuk kesulitan berjalan dan berkonsentrasi, kehilangan keseimbangan, dan gejala demensia, mengancam karir musik dan hidupnya. Pada tahun 2011, Wagner didiagnosis dengan hidrosefalus tekanan normal (NPH), jenis demensia yang mempengaruhi, antara lain, keterampilan motorik halus dan gerakan. Pada akhir 2011, setelah operasi yang sukses di Barrow Neurological Hospital di Phoenix, Arizona, Wagner mampu pulih secara signifikan, mendapatkan kembali hampir semua ketangkasan yang telah hilang selama mendapatkan gangguan ini. 

Mantan band Dick Wagner Frost terpilih ke the Michigan Rock and Roll Legends online Hall of Fame pada tahun 2008. Rekaman kelompok dari "Mystery Man", sebuah komposisi Wagner, terpilih sebagai a Legendary Michigan Song pada tahun 2009. Ia terus pulih dari serangan jantung fatal ini dan rekaman dengan kolaborator lama Steve Hunter pada sebuah single tanpa judul untuk Wensday.
 
Wagner merilis CD baru pada bulan Oktober 2009, yang berjudul Full Meltdown pada Desert Dreams Records. Album ini berisi 15 lagu hilang dan baru ditemukan dan direkam oleh Wagner antara tahun 1979 dan 1995. Dia juga menjadi produser band Warsawa Pact dan artis independen Brandon Bullard yang keduanya dirilis pada awal 2010. Wagner membuat rekaman dengan Alice Cooper dan band funk rock asal Inggris Velvet Hearts untuk soundtrack film horor Indie Silas Gore, A Film Trilogy. Mirip dengan karya aslinya pada album solo pertama Alice Cooper, Welcome to My Nightmare , Dick juga memberikan kontribusi gitra utama untuk lagu terakhir, "The Underture", dari album Welcome 2 My Nightmare. Ini merupakan versi instrumental dari beberapa lagu dari setiap album.
 
Pada tahun 2010, Gibson.com memberikan kehormatan pada tandem gitar dari Dick Wagner dan Steve Hunter dengan dua tempat di Top 50 solo gitar Sepanjang Masa - # 25 untuk "Intro to Sweet Jane" (Lou Reed), dan juga # 41 "Train Kept A Rollin (Aerosmith). Pada tahun 2012, Gibson menerbitkan Riff This Way: Aerosmith Top 10 Riff-Heavy Tracks, menempatkan Dick Wagner dengan dua pemenang solo gitar: # The 1 Best Aerosmith Giutar Solo pada "Same Old Song and Dance ", dan juga # 4, menghormati penampilannya sebagai gitaris dengan Steve Hunter pada" Train Kept A Rollin '". Wagner memenangkan sejumlah penghargaan penulisan lagu BMI dan penghargaan musik internasional lainnya dan karyanya telah ditampilkan di album dengan penghasilan lebih dari 35 rekaman emas dan platinum.
 
Pada tahun 2012, memoar Wagner, Not Only Women Bleed, Vignettes from the Heart of a Rock Musician, yang dirilis untuk mendapatkan pujian yang luar biasa, menghabiskan lebih dari dua minggu di No 1 di Amazon.com Hot New Release in Biography & Memoirs of Entertainers. Bukunya telah memenangkan lima penghargaan buku internasional.
 
Pada tahun yang sama, Wagner bergabung dengan the Mugshots - satu-satunya band Eropa yang pernah diproduseri oleh musisi ini - dan menghabiskan dua minggu di Italia untuk menghasilkan rilisan mereka yang mendapat pengakuan "Love, Lust And Revenge" (GCM Musik / Alka Records / Black Widow Records), di mana dia tampil sebagai gitaris juga. Susan Michelson tampil sebagai produser asosiasi, wanita Inggris yang pernah menjadi vokalis latar Never The Bride, aktris Amerika Suzi Lorraine tampil di sampulnya. Rekaman itu kemudian melakukan mixing di Phoenix oleh Otto D'Agnolo di Chaton Studios, dan mastering oleh teman dan kolaborator lama Wagner, Gil Markle. The Mugshots - "kombinasi megah rock klasik dan cerita gelap dari musisi Euro-Amerika" menurut versi mereka - dikenal sebagai satu-satunya band telah merekam versi cover "Pass The Gun Around", yang ditulis oleh Dick Wagner pada tahun 1983 untuk album Alice Cooper, DaDa.
 
Pada 2013 dan 2014, setelah menderita lebih dari enam tahun kesehatan ekstrim: dua serangan jantung, stroke, lengan kiri lumpuh, diagnosis hidrosefalus (NPH) dua operasi otak, alat pacu jantung dan lainnya, fasilitas bermain gitar Wagner telah kembali, dan ia sepenuhnya kembali melakukan, tur, menulis lagu dan memproduksi musik. Tur bukunya untuk Not Only Women Bleed membawanya ke lebih dari 40 negara. Dengan penampilan pribadi dalam film dokumenter dan menulis film penting, Wagner memiliki tiga lagu yang ditampilkan dalam memenangkan penghargaan multi dokumenter "Louder than Love" (termasuk lagu pembuka dan penutupan kredit lagu). Menjelang kematiannya, proyek Wagner termasuk memproduksi dan menulis untuk bintang rock Denmark, Maryann Cotton, di album konsep dan proyek TV mengingatkan sejarah rock shock Wagner, sebuah penampilan di album solo ketiga dari rocker Italia Chris Catena, berjudul Return of the Freak.
 
Pada tanggal 30 Juli, 2014, Wagner meninggal karena gagal pernapasan pada usia 71 tahun.

Pada November 2013, Wagner merilis lagu dan video penghormatannya, "If I Had the Time (I Could Change the World)", di berbagai situs download digital untuk mengumpulkan uang untuk Rumah Sakit Penelitian St Jude Children. Wagner mengumpulkan lebih dari 50 musisi untuk merekam di Sunset Sound Studios di Los Angeles, termasuk Mark Farner pada vokal, Danny Seraphine pada drum, Lee Sklar; Fred Mandel pada piano, Elliot Easton, Jennifer Batten, Merilee Rush; dan Trini Lopez dan Laurie Beebe Lewis pada vokal.
 
Pada bulan November 2011 Wagner, bersama dengan musisi Detroit Ray Goodman, Dennis Burr, Prakash John, Jim McCarty, Johnny Bee Badanjek, Jimmie Bones, Ty Stone, Robert Wagner, Muruga dan Pat Lewis, merekam Motor City Music di Harmonie Park Studios Studios di Detroit untuk mendukung "Bicycle Ministry" milik biksu Fransiskan, Brother Al Mascia. Mascia menjajakan keranjang sepeda di jalan-jalan pusat kota Detroit, memberikan minuman panas, makanan dan pakaian hangat untuk para tunawisma. Hasil yang disumbangkan memungkinkan Brother Al untuk membeli pasokan tambahan.
 
Wagner juga merupakan the First Artist Ambassador untuk Guitars for Vets.

Mampu pulih dari hydrocephalus, Wagner menjadi Juru Bicara Nasional untuk Hydrocephalus.org. 

Untuk mendukung kesadaran kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, Wagner dan perusahaan produksinya, Desert Dreams Productions, menciptakan sebuah video yang menampilkan artis Desert Dreams, Wensday, versi gospel dari lagu "Only Women Bleed," di Christmas Pudding Show milik Alice Cooper di Phoenix, Arizona. Cuplikan dari penampilannya, menampilkan Dick Wagner pada gitar, diselingi dengan data penelitian pelecehan di antara berbagai kelompok usia dan budaya, bersama dengan memberdayakan foto perempuan dari seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...