Laman

Sabtu, 19 Desember 2015

GLENN HUGHES "The Voice of Rock"


Vocalis/bass gitaris/penulis lagu Glenn Hughes adalah musisi sejati. Tidak ada musisi rock yang telah mengukirkan gaya yang berbeda dengan mencampurkan elemen-elemen terbaik hard rock, soul dan funk. Suaranya yang hebat itu menjadi andalannya. Dia dikenal sebagai penyanyinya para penyanyi. Stevie Wonder pernah menyebut Glenn Hughes sebagai penyanyi kulit putih favoritnya.

Glen Hughes, berasal dari dan lahir di Cannock, Inggris, pada 21 Agustus 1951, menyerap semua jenis pengaruh, antara lain British hard rock, the Beatles dan, yang paling penting, musik soul dan R&B Amerika. Musik Motown dari Detroit dan sound Memphis juga menjadi ciri khasnya.


Band penting pertama bagi Hughes adalah menjadi anggota band, Trapeze, yang mencapai kesuksesan menjulang. Album-album milik band pada awal 70-an tersebut adalah Medusa, Trapeze dan You Are The Music... We're Just The Band.

Pada 1973, Hughes bergabung dengan Deep Purple. Band legendaris itu mengalami kekosongan setelah keluarnya vokalis Ian Gillan dan bass gitaris Roger Glover, tapi gitaris Ritchie Blackmore, kibordis Jon Lord dan drumer Ian Paice melanjutkan dengan menambahkan Hughes dan David Coverdale. Rasa skeptis yang timbul dipadamkan dengan rilisan album Burn pada 1974 yang telah dirilis versi 30th anniversary-nya. Album luar biasa ini mebuat band segar kembali dan menjadi salah 1 album terhebat milik Deep Purple.


Beberapa saat kemudian, Deep Purple menjadi penampil utama di California Jam yang terkanl pada 1974 di hadapan 250.000 orang. Tur dunia itu memakai pesawat jet pribadi milik Deep Purple, "The Starship" dan setelah merilis dua album studio lagi (Hughes memberi pengaruh pada Stormbringer dan Come Taste the Band), Deep Purple akhirnya bubar pada 1976.



Setelah berdomisili di Los Angeles, album solo Glenn, Play Me Out, dirilis pada 1977. Dia bergabung dengan mantan gitaris Pat Travers, Pat Thrall, untuk membentuk Hughes/Thrall, dan merilis album yang mendapat pujian pada 1982. Selama masa 80-an dan 90-an, Hughes banyak menjadi bintang tamu (baik ditulis maupun tidak ditulis) sebagai vokalis, bass gitaris atau penulis lagu pada album-album artis lainnya.


Yang paling dikenal sebagai sukses komersil adalah saat KLF menberi julukan Glenn Hughes sebagai "The Voice of Rock, dengan bangga menampilkannya pada singe hit yang terkenal & laris secara internasional milik mereka, America-What Time is Love?

Sejak 1992, Hughes telah melakukan tur secara ekstensif di Eropa, Jepang dan Amerika Selatan untuk mendukung album-album solonya seperti Blues, From Now On..., Burning Japan Live, Feel, Addiction, The Way It Is, Return of Crystal Karma, Building the Machine, Songs in the Key of Rock dan Soul Mover.


Salah satu kolaborasi paling penting dalam karir Hughes terjadi 2 dekade lalu saat dia mulai bekerja dengan Tony Iommi-nya Black Sabbath pada album solo pertama sang gitaris legendaris itu. Hasilnya, Seventh Star pada 1986, yang secara resmi ditulis sebagai 'Black Sabbath Featuring Tony Iommi' untuk memuaskan hasrat pemasaran perusahaan rekaman. (Secara teknis hal ini membuat Hughes sebagai seorang mantan anggota Black Sabbath juga.) Hughes dan Iommi tetap berteman dan, pada 1996, mereka mulai menulis lagu dan merekam bersama lagi. Rekaman tesebut tidak diedarkan, tapi mereka diselesaikan dan dirilis pada 2004 sebagai The 1996 DEP Sessions.

Pada 2005 dirilis 2 album yang disambut sengan kesuksesan secara komersil dan kritik; Fused dengan Tony Iommi, dan solo album lainnya Soul Mover.

Soul Mover adalah kelanjutan persekutuan kreatif yang sukses dengan pemain drum Red Hot Chili Peppers Chad Smith yang dimulai dari DVD live milik Glenn, Soulfully Live in the City of Angels (2004). Soul Mover dipilih berada di no. 12 album terbaik tahun ini oleh majalah berpengaruh CLASSIC ROCK.


Album Glenn berikutnya - Music For The Divine - adalah penggabungan dari soul, funk dan rock, yang selalu menjadi pengaruh dalam musikalitasnya. Kembali, menampilkan Chad Smith pada drums, (dan rekan Red Hot Chili Peppers lainnya John Frusciante pada gitar untuk pembawaan ulang yang hebat dari lagu klasik 'Night In White Satin'). Album yang diterima secara komersil dan kritik, dan album ini kembali menjadi top 20 album of the year di majalah Classic Rock.


Setelah kesuksesan tur Eropa Music For the Divine pada 2006, pada 2007 Glenn membuat tur yang sukses di Rusia, Amerika Selatan, Italia, Norwegia dan Spanyol, bersama dengan jadwal di London - di Spepherds Bish Empire yang bergengsi - Bulgaria dan Yunani.

Pada 2007 Glenn juga menjadi penampil utama di festival-festival di Perancis dan Norwegia. Glenn juga ambil bagian di Rock and Roll Fantasy Camp di New York, yang sangat sukses dan dia juga muncul sebagai pembawa acara tamu di Classic Rock Awards pada 2006 dan 2007. Tahun-tahun hebat dan penuh warna bagi karirnya adalah sebuah pertunjukan yang sangat sukses di bar yang sangat terkenal Whiskey di Los Angeles dan BB King's di New York.


Pada 2008 Glenn kembali mengadakan tur yang ekstensif di Eropa, termasuk tur panjang selama 1 bulan di Rusia, tampil di festival-festival, dan show pertamanya di Belarusia, Estonia dan Rumania. Sorotan lainnya adalah tampil di London pada Children Charity concert pada Maret 2008 dimana dia membawakan sejumlah lagu klasik Deep Purple dengan drumer Deep Purple, Ian Paice. Suatu hal yang menyedihkan karena ini adalah kali pertama keduanya bermain bersama sejak masa-masa Deep Purple. Ironisnya, pada Juni 2008, Glenn bermain di Liverpool, Inggris untuk pertama kalinya dalam 30 tahun; pulang kampung yang sangat emosional ke kota dimana Deep Purple Mark IV memainkan konser terakhir mereka sebelum bubar pada 1976.


Sorotan lainnya pada 2008 adalah Glenn tampil langsung di acara radio AS, Rockline, dan tampil pertama kali di Selandia Baru sejak 1975 dengan Deep Purple, saat Glenn tampil di G-Taranaki Festival pada bulan Juli.

Album studio milik Glenn berikutnya, dirilis pada 2008 First Underground Nuclear Kitchen adalah bab terakhir dalam evolusi karirnya yang luar biasa. Chad Smith kembali memainkan drum, dan Glenn membuat sound yang sangat inspiratif, menulis lagu dan bernyanyi dengan penuh hasrat. Untuk mendukung album ini Glenn melakukan tur pada 2009 yang mengunjungi Eropa, Rusia, Amerika Selatan dan mengadakan show di LA dan NYC.


Pada 2010 adalah salah 1 tahun yang sangat menyenangkan dan produktif dalam karir Glenn saat dia melakukan rekaman dan tur dengan proyek supergrup, Black Country Communion dengan gitaris bintang Joe Bonamassa, pemain keybord Derek Sherinian (Dream Theater) dan drumer Jason Bonham, putra mendiang legenda Led Zeppelin John Bonham. Band ini merilis album debut mereka pada 20 September 2010. Album ini mencapai no. 13 di Official UK Album Chart dan no. 1 fi Official UK Rock Album Chart. Diproduksi dan di-mix oleh Kevin Shirley (Aerosmith, Iron Maiden, Black Crowes, Page and Plant, Journey, dll).

Pada Nopember 2010, Hughes diberi penghargaan ChildLine Award di Classic Rock's Roll of Honour.


Glenn dan Black Country Communion merilis album kedua mereka, "2", pada 2011, diikuti dengan tur debut mereka yang melintasi AS, UK dan Eropa. Rilisan ketiga mereka, "Live Over Europe", direkam secara live saat putaran tur debut mereka di Eropa, mencapai top 5 dan dirilis dalam bentuk DVD, CD, Blu-ray dan Vinyl.

Glenn mempublikasikan otobiografinya pada 2011, dalam edisi hard dan soft cover. Menjadi otobigrafi yang sukses secara penjualan.

Pada Nopember 2011, Black Country Communion memenangkan penghargaan bergengsi Classic Rock Breakthrough Artist of the Year di Classic Rock Awards di London, dengan Glenn menyabet sejumlah penghargaan pribadi.


Pada 2012 Glenn melakukan tur ke Rusia sebagai artis solo dan juga Amerika Selatan sebagai anggota Kings Of Chaos, yang menampilkan teman-teman baiknya antara lain Gene Simmons, Matt Sorum, dan Joe Elliot. Glenn juga melakukan show tunggal dan menjadi bintang tamu di UK, Israel, Polandia, Bulgaria, Hungaria, Rusia, Ukraina, Cina dan Armenia dan fokus utamanya pada 2012 adalah menulis, merekam dan promosi untuk album ketiga Black Country Communion, "Afterglow". Dirilis secara luas pada akhir Oktober 2012, dan kembali diproduseri oleh Kevin Shirley, album ini kembali menjadi album sukses bagi band, dimana sebagian besar lagu ditulis oleh Glenn.

Pada 2013 dia membentuk sebuah band bernama California Breed dengan drumer Jason Bonham dan gitaris Andrew Watt dan pada Mei 2014, band ini merilis album debut mereka, diikuti dengan tur di musim semi di AS (dengan Alter Bridge), Rusia, Eropa dan UK (dengan Slash).


Selama 2015 Hughes melakukan tur dunia solo, menampilkan gitaris Doug Aldrich dan drumer Pontus Engborg.

Pada Oktober 2015, Glenn mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Alison Booth dari Metak Shock Finland, bahwa dia akan memainkan sebuah pertunjukan yang sangat khusus di Jakarta, Indonesia pada 4 Desember untuk menghormati almarhum bodyguard Deep Purple, Patsy Collins, yang tewas 40 tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...