Laman

Minggu, 20 Desember 2015

KLAUS MEINE




Lahir di Hannover, pada tanggal 25 Mei 1948, adalah vokalis utama grup musik rock Scorpions. Dia pernah menjadi anggota grup musik Mushrooms dan Copernicus sebelum bergabung ke Scorpions bersama dengan Michael Schenker pada tahun 1971. Sejak itu, dia awet sebagai vokalis utama grup Scorpions sampai sekarang. Dia dan gitaris Rudolph Schenker adalah dua anggota grup yang muncul di setiap album. Meine ditempatkan di No. 22 pada daftar Top Heavy Metal Vocalists of All Time oleh Hit Parader pada tahun 2006.


Meine dikenal dengan suara tenornya yang unik dan perubahan yang lembut berkisar dari nada tinggi ke balada yang lembut. Meine terpengaruh oleh gaya vokal dari Ian Gillan, Mick Jagger, Steve Marriott, Marc Bolan dan Roger Daltrey.


Meine menulis sebagian besar lirik untuk lagu-lagu Scorpions. Dia juga berbagi penulisan beberapa lirik dengan Herman Rarebell (mantan drumer Scorpions) pada beberapa lagu seperti hit besar "Rock You Like a Hurricane". Meine menggubah beberapa lagu seorang diri seperti "Wind of Change", "You and I", But the Best For You", "Does Anyone Know", "A Moment in a Million Years", "Moment of Glory", "I Wanted to Cry", "Back to You", "My City, My Town", "Follow Your Heart", "Rock'n' Roll Band", "The World We Used To Know" dan "Who We Are".


Pada 1981, setelah tur dunia dan ketika dalam proses pembuatan album Blackout, Meiene kehilangan suaranya dimana dia tidak bisa berbicara secara layak. Meine diberi nasihat oleh dokternya untuk menjalani profesi lain karena masalah suaranya. Namun, Scorpions tetap bersatu, dan setelah menjalani terapi serta dua pembedahan pada pita suaranya. Sejak itu, suaranya menjadi lebih merdu dan nyaring sehingga media menyatakan, "Klaus diberi pita suara khas dan ia lebih baik daripada sebelumnya."


Pada 1990, Klaus tampil di pembawaan ulang "Live in Berlin" dari "The Wall" oleh Roger Waters. Klaus adalah penyanyi yang menjadi sorotan selama penampilan itu. Pada tahun 2000, dia diberi anugerah plakat kota Hannover dan the Cross of Merit First Class (Verdienstkreuz 1. Klasse) dari the Lower saxony Order of Merit. Pada 2008, Domenget merilis sebuah Klaus Meine signature guitar yang diberikan padanya pada ulang tahunnya yang ke 60. Di the Humanity World Tour dan the Get Your Sting and Blackout World Tour, Klaus menggunakan gitar ini saat tampil.


Disamping Scorpions, dia telah berkolaborasi di lagu "Bridge to Heaven" dengan Uli Jon Roth; "Send Me an Angel," "Bigger Than Life," "Keep the World Child" dan "Jerusalem of Gold" dengan penyanyi Israel Liel Kolet; di lagu Bis wohin reicht mein Leben" dari Rilke Projeckt; "Wind of Change" dengan penyanyi tenor Jose Carreras, "Doctor Doctor" di album Rock Never Die dari MSG dengan Gary Barden (vokalis MSG), Rudolph Schenker juga ikut serta dan lagu "Dying for an Angel" dari album "The Wicked Symphony" dari Avantasia, juga video klip promosinya. 


Klaus Meine banyak mempengaruhi vokalis lain antara lain: Sebastian Bach, Timo Kotipelto (Stratovarius), Ray Alder (Fates Warning), Henning Basse, Billy Corgan, Tony Kakko (Sonata Arctica), Rick Mythiason (Steel Prophet), Tobias Sammet (Edguy), dan masih banyak lagi.

1 komentar:

  1. Scorpions band yang menciptakan lagu lagu kelas dunia ..mantap hidup terus musik rock dunia

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...