Laman

Senin, 21 Desember 2015

MICHAEL SCHENKER the "Blonde Bomber"




Dilahirkan dengan nama Michael Willy Schenker pada 10 Januari 1955 di Sarstedt, West Germany, adalah seorang gitaris rock Jerman, paling dikenal karena masa jabatannya di UFO, selain band solonya. Dijuluki "Blonde Bomber", ia pertama terkenal sebagai anggota awal Scorpions, kemudian mencapai ketenaran pada pertengahan 1970-an sebagai pemain gitar utama untuk UFO. Sejak meninggalkan UFO pada tahun 1978, ia memimpin Michael Schenker Group dalam berbagai inkarnasi. Dia bergabung dengan UFO tiga kali, menghasilkan sebuah album setiap kali. Dia adalah adik dari Rudolf Schenker, yang merupakan gitaris Scorpions. Karirnya memiliki banyak pasang dan surut, sebagian karena sejarah panjang kecanduan alkohol dan masalah pribadi; Schenker terus manggung dan rekaman. Dia disebut "a legendary figure in the history of metal guitar." 


Michael Schenker mulai bermain gitar pada usia dini, setelah saudaranya Rudolf mendapatkan gitar untuk ulang tahunnya, gitar Gibson Flying V, yang menangkap imajinasinya. Dia memainkan pertunjukan pertamanya saat ia berusia 11 tahun, dengan Rudolf dan Scorpions di sebuah klub malam. Schenker melaukan debutnya dengan Scorpions di album debut mereka Lonesome Crow ini pada usia 17 tahun.


Scorpions melanjutkan tur setelah merekam album pertama mereka, membuka untuk band Inggris mendatang UFO di Jerman. Schenker ditawari posisi pemain gitar untuk UFO (mengambil alih untuk Bernie Marsden, yang menjadi pengganti sementara untuk Mick Bolton) dan, dengan berkat dari saudaranya, menerimanya (Scorpions menggantinya dengan Uli Roth), bahkan meskipun ia tidak bisa berbicara bahasa Inggris. 

Schenker ikut menulis sebagian besar lagu di debut labum UFO di label mayor (Chrysalis Records) Phenomenon. Karirnya dengan UFO mengalami turbulensi, kadang-kadang berhenti di pertengahan lagu yang menyebabkan acara dibatalkan. Meskipun memiliki serangkaian album dan tur yang sukses, Schenker secara tegas berhenti dari UFO setelah pertunjukan mereka di Palo Alto, California, pada 29 Oktober 1978. Selama tur ini band telah merekam enam konser yang lagu-lagunya dipilih akan dimasukkan dalam album live mereka Strangers in the Night, yang dirilis setelah ia meninggalkan band. 


Schenker sementara kembali bergabung dengan Scorpions di akhir tahun 1978, ketika mereka sedang rekaman album Lovedrive (dia bermain gitar utama pada tiga lagu, "Another Piece of Meat", "Coast to Coast" dan "Lovedrive"). Pada tahun 1979 , Schenker secara singkat tur dengan band untuk mendukung album tersebut. Dia menyalahkan kebersamaannya yang sangat singkat dimana ia tidak menikmati memainkan lagu-lagu orang lain. Ia secara permanen digantikan oleh Matthias Jabs, yang awalnya bergabung dengan Scorpions sebelum kembalinya Schenker. 

Schenker adalah salah satu dari banyak gitaris untuk audisi untuk posisi gitar utama di The Rolling Stones di pertengahan 1970-an menyusul pemecatan Mick Taylor. Ia juga mengikuti audisi untuk Aerosmith pada tahun 1979 setelah Joe Perry pergi. Menurut Martin Huxley, Schenker bergegas keluar dari ruangan setelah produser Gary Lyons membuat beberapa lelucon tentang Nazi. Setelah kematian Randy Rhoads, panggilan pertama Ozzy Osbourne adalah untuk Schenker untuk menggantikan Rhoads, karena gitaris Jerman ini dan Flying V ikoniknya adalah pengaruh besar pada Rhoads. Namun, Osbourne mengklaim, Schenker membuat terlalu banyak tuntutan aneh (termasuk jet pribadi). Schenker sendiri, dalam sebuah wawancara dengan KNAC radio, mengklaim ia adalah orang yang mengatakan " tidak" pada Osbourne:" Jika saya bergabung dengan Ozzy Osbourne, aku akan mengacaukan hidupku aku hampir saja untuk melakukannya, dan sesuatu mengatakan kepada saya: JANGAN !!”.


Pada tahun 1979, Schenker memulai karir solo dengan mendirikan Michael Schenker Group (MSG). Sejarah MSG penuh dengan konflik dan insiden pribadi. Pada tahun 1982, penyanyi asli Gary Barden, yang menyanyikan dua album studio pertama dan sebuah album live, dipecat untuk mendukung Graham Bonnet. Bonnet menghasilkan satu album (Assault Attack) dan pertunjukan tunggal, di Sheffield University, di mana ia mabuk mengekspos dirinya dan kemudian dipecat dari band. Barden bergabung kembali dengan MSG untuk sisa tur. Dia juga muncul di album studio tahun 1983 (Built to Destroy) dan album live kedua band (Rock Will Never Die).
 
Setelah kepergian kedua Barden, Schenker merombak band yang berisi dirinya dan penyanyi baru Robin McAuley dan menamainya McAuley Schenker Group. Inkarnasi baru dari MSG itu diarahkan ke musik hard rock yang lebih komersial. Setelah tiga album, Schenker dan McAuley berpisah. Sementara itu, ia sempat menggantikan Robbin Crosby di Ratt, muncul di penampilan MTV Unplugged mereka di tahun 1990


Pada tahun 1990 - 1993 Schenker membentuk supergrup berumur singkat bernama Contraband, yang terdiri dari Schenker, gitaris Tracii Guns (L.A. Guns), vokalis Richard Black (Shark Island), bassis Share Pedersen (Vixen) dan drumer Bobby Blotzer (Ratt). Grup ini merilis sebuah album self-title pada 1991.

Pada tahun 1993, Schenker bergabung lagi dengan UFO. Dia ikut menulis (dengan Phil Mogg) hampir seluruh album reuni mereka, Walk on Water ('95), dan tur dengan mereka sebentar. 


Dia kemudian membangkitkan Michael Schenker Group dengan semua anggota baru dan merekam tiga album lagi, Written in the Sand, The Unforgiven, dan Be Aware of Scorpions sebelum bergabung kembali dengan UFO selama dua rilisan lebih lanjut, Kovenan dan Sharks.
 
Schenker mengalami masa-masa sulit di awal 2000-an, meskipun bergabung kembali dengan UFO-nya tahun itu. Ia bangkit dan kembali untuk membuat dan memainkan musik, merekam album Arachnophobiac dan mendukungnya dengan dua tahun tur. Pada tahun 2004, pengakuan datang dari Dean Guitars, yang mulai memproduksi signature Schenker Dean V (dengan perbedaan halus dari Gibson, namun dengan pemisahan merek dagang hitam dan putih akhir dari Schenker). 


Selama tahun 2000an juga Schenker berkolaborasi dengan Davey Pattison (vokalis Gamma) dengan nama duo Schenker Pattison Summit. Duo ini menghasilkan dua album: The Endless Jam (2004) dan The Endless Jam Continues (2005).

Tahun 2005 adalah ulang tahun ke 25 dari Michael Schenker Group. Schenker membuat album baru lagu yang berjudul Tales of Rock'n'Roll untuk merayakan ulang tahun dan menyertakan penyanyi dari setiap formasi dari band untuk menyanyi di album ini. Namun, di tahun yang sama koleksi Heavy Hitter, satu set lagi cover menampilkan Schenker dan sekelompok heavy metal all-stars, dipasarkan sebagai album Michael Schenker Group, dengan hasil bahwa Schenker hanya menerima pembayaran tetap.

Setelah tur Amerika Utara dan Eropa yang hampir mendapatkan bencana pada tahun 2007, termasuk membatalkan pertunjukan dan kurangnya penampil dengan status bintang yang disebabkan oleh mabuk berat, Schenker tenang kembali dan melakukan tur di Inggris sebagai Michael Schenker & Friends pada tahun 2008. Awal 2008, Schenker bekerja dengan Gary Barden, Don Airey, Simon Phillips, dan Neil Murray pada album baru MSG In the Midst of Beauty, yang dirilis pada Mei 2008, diikuti oleh tur. 

Pada tahun 2009 Schenker tur secara ekstensif meliputi Rusia, Inggris dan Amerika Serikat dengan MSG yang menyertakan anggota asli Gary Barden dan Chris Glenn. 


Pada bulan November 2010, Schenker diberi penghargaan Marshall "11" di London bersama legenda rock lainnya meliputi Ron Wood dan Slash. Penghargaan ini dipersembahkan untuk Schenker oleh Alice Cooper, dengan Jimmy Page, Tony Iommi dan John Paul Jones juga hadir. Penghargaan ini diberikan kepada "those artists and musicians who represent rock 'n' roll excess and livin' on the edge.”

Pada tahun 2011 Schenker merilis album baru, Temple of Rock. Album ini didukung dengan tur Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. Di Eropa line-up meliputi Herman Rarebell pada drum dan Francis Buchholz pada bass, keduanya mantan anggota Scorpions (Rarebell juga bergabung dengan band untuk jadwal di Jepang) dan Doogie White, sebelumnya penyanyi untuk Rainbow dan Yngwie Malmsteen. Dengan line-up ini dia merekam album Bridge the Gap yang dirilis pada tahun 2013. 


Pada Agustus 2012 Schenker menerima Lifetime Achievement in Rock and Roll Award dari majalah "Vegas Rocks!". Penghargaan ini disampaikan oleh David Coverdale dari Whitesnake. Selama upacara penghargaan, Schenker tampil dengan Sammy Hagar dari Chickenfoot, Montrose dan Van Halen.
 
Gitar utama Schenker untuk sebagian besar karirnya adalah Gibson Flying V, yang biasanya dimainkan melalui pedal wah-wah (digunakan sebagai equalizer parametrik untuk memperkuat "sweet spot" dan Marshall amplifier. “Unmistakable midrange tone”nya ditekankan oleh wah yang sebagian terlibat, seperti yang dicontohkan pada lagu "RockBottom" dari album UFO Strangers in the Night, terdaftar di antara 50 greatest tones of all time oleh majalah Guitar Player. Dalam beberapa tahun terakhir Schenker telah beralih menggunakan model signature Dean V.
 
Pada tahun 2007 Dean Guitars, setelah menghasilkan signature Schenker Dean V, juga membuat dua model akustik dengan rancangan “V” hitam dan putih.
Penghargaan dan pengakuan
  • Ditempatkan pada daftar majalah Guitar World ‘100 Greatest Heavy Metal Gitaris’.
  • Pada 2010 Schenker diberi penghargaan Marshall "11".
  • Michael Schenker menerima penghargaan "ROCK GUITAR LEGEND"-nya di Vegas Rocks! Magazine Music Awards 2012
  • Pada tanggal 16 Juni, 2014. Michael Schenker diberi kehormatan Golden God Icon Award di Metal Hammer Golden God Awards di IndiO2 di London yang dipersembahkan kepadanya oleh Joe Perry dari Aerosmith
Schenker telah muncul di sampul berbagai majalah gitar dan telah mempengaruhi banyak pemain gitar terkenal, meliputi Kirk Hammett dan James Hetfield (Metallica), Dave Mustaine (Megadeth dan juga mantan anggota Metallica), Dimebag Darrell (Pantera dan Damageplan), Eric Peterson (Testament), Gary Holt (Exodus dan Slayer), Randy Rhoads (Quiet Riot, Ozzy Osbourne) dan Rob Cavestany (Death Angel).

Michael Schenker memiliki 10 album yang berorientasi gitar yang menjadi pilihannya:

1.    The Jeff Beck Group – Truth (1968)
2.    Jeff Beck – Blow by Blow (1975)
3.    Black Sabbath – Paranoid (1970)
4.    Cream – Wheels of Fire (1968)
5.    Deep Purple – In Rock (1970)
6.    Led Zeppelin – Led Zeppelin III (1970)
7.    Mountain – Climbing! (1970)
8.    Taste – On The Boards (1970)
9.    Van Halen – Van Halen (1978)
10. Johnny Winter – Johnny Winter And (1970)

1 komentar:

  1. Scorpions - Rock You Like A Hurricane Orchestra
    https://www.youtube.com/watch?v=qgsXvafCIn8

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...