Laman

Kamis, 31 Desember 2015

BILL STEER




Dilahirkan dengan nama William Geoffrey Steer pada 3 Desember 1969 di Stockton-on-Tees , Inggris, adalah seorang gitaris berkebangsaan Inggris dan merupakan salah satu pendiri band extreme metal Carcass. Dia dianggap sebagai seorang pelopr dan kontributor penting bagi grindcore dan death metal karena keterlibatannya dengan Napalm Death dan Carcass, dua band paling penting dalam genre tersebut. 


Lahir dari ibu Skotlandia dan ayah Inggris, Steer menghabiskan tahun-tahun remajanya di Wirral. Menurut wawancara sebelumnya, itulah saat baginya mengenal hard rock dan heavy metal dengan band-band Motorhead, Deep Purple, Black Sabbath, UFO, Iron Maiden, Led Zeppelin, Jimi Hendrix dan lainnya, diikuti dengan artis-artis NWOBHM terkenal seperti Raven, tank dan Venom. Pada saat berusia 12 tahun, Steer mulai bermain gitar listrik dan juga menjadi salah satu pengedar rekaman awal di UK, melibatkan dirinya dalam embrio death metal bawah tanah. Selama waktu ini, sebuah inkarnasi awal Carcass lahir.


Dia adalah gitaris Napalm Death dari tahun 1987 - 1989, muncul di dua album pertama juga the BBC Radio One John Peel Sessions. Selama periode ini grup melakukan tur ke UK dan Eropa, hanya saja Steer dan vokalis Lee Dorian segera keluar setelah melaukan tur Jepang. Dia bermain di Carcass dari tahun 1985-1995, satu-satunya gitaris yang tampil di kelima album band dan tampil dalam keseluruhan karir mereka. 


Setelah pembubaran Carcass ia menetap di Sydney Australia dan ide tentang pembuatan band bernama Firebird mulai terbentuk, sebagai poin awal, ia memiliki keinginan besar untuk bermain musik seperti Johnny Winter, Cream dan Terry Reid , Steer menyelami dirinya dalam musik beraliran blues, ia kembali mempelajari Blind Lemon Jefferson, Charley Patton dan Junior Kimbrough, ia mulai belajar secara mandiri bermain slide guitar dan harmonika.  Firebird bubar pada akhir 2011. Steer kini bermain di band Gentlemans Pistols dan dengan veteran New Wave of British Heavy Metal, Angel With.


Bill pernah juga tampil bersama dengan Jeff Walker (bassis/vokalis Carcass) di sebuah episode dari komedi sains fiksi Red Dwarf, disitu ia tampil sebagai seorang drummer band Smeg and the Heads bernama Dobbin di seri 3 episode 5 "Timeslides". 


Untuk mengetahui sejumlah kemahirannya dalam memainkan gitar, Bill dikenal selalu menamai solo/ melodi gitarnya di album-album awal Carcass (contoh: "Maim to Please" by W.G. Steer dari Tools of the Trade).


Pada tahun 2008 Steer melakukan reuni dengan rekan sebandnya di Carcass (kecuali drumer Ken Owen, yang menderita tumor otak pada tahun 1999): Daniel Erlandsson diminta bermain drum untuk menggantikannya) untuk bermain di beberapa Festival Eropa seperti Wacken '08. Dalam sebuah wawancara, Steer menyebutkan bahwa album Carcass baru dapat saja dibuat. Jadwal pertunjukan reuni Carcass berlanjut hingga tahun 2010, bermain di festival-festival dan menjadi penampil utama di tur kecil AS pada tahun 2009. Pada 2010, Steer menjadi pembawa acara sebuah pertunjukan stasiun radio Internet, TotalRock. Sejak itu, disamping bermain di beberapa band, termasuk Angel Witch, dia terlibat di klub "Friday Night Powerhouse" di London.


Carcass mulai berlatih lagu pada Mei 2012, dan bermain di festival musik Maryland Deathfest XII pada Mei 2013. Di pertengahan tahun 2013, Carcass merilis Surgical Steel, dimana Steer memainkan gitar utama dan sebagain vokal latar.


Steer muncul di Guitar magazine's "Best Ten Guitarists You've Never Heard Of" pada tahun 1996, tampil di Metal Hammer's "Greatest Metal Guitar Players" dan ada di rangking No. 3 di Decibel's Magazine's "Top Twenty Death Metal Guitarists" juga di No. 92 dari 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time oleh Guitar World. Steer kini berdomisili di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...