Laman

Senin, 14 Desember 2015

PAUL SIMONON




Dilahirkan dengan nama Paul Simonon Gustave pada 15 Desember 1955

di Thornton Heath, South London, Inggris , adalah seorang musisi dan artis asal Inggris yang dikenal sebagai bassis untuk band punk rock The Clash. Karya terbarunya termasuk keterlibatannya dalam proyek The Good, the Bad & the Queen pada tahun 2007 dengan Damon Albarn, Simon Tong dan Tony Allen dan album Gorillaz, Plastic Beach pada 2010, yang bersama dengan Albarn dia bergabung kembali dengan Mick Jones.



Simonon lahir di Thornton Heath, London Selatan. Ayahnya, Gustave, adalah seorang seniman amatir dan ibunya, Elaine, adalah pustakawan. Ia dibesarkan di wilayah Selatan London Brixton dan Ladbroke Grove di London Barat, menghabiskan sekitar setahun di Siena dan Roma, Italia dengan ibu dan ayah tirinya. Sebelum bergabung dengan the Clash, ia telah merencanakan untuk menjadi seorang seniman dan masuk ke Byam Shaw School of Art, kemudian berbasis di Campden St, Kensington. 


Pada tahun 1976, ia bertemu Mick Jones dan enam bulan kemudian the Clash terbentuk ketika Joe Strummer bergabung, dengan Jones pada lead guitar. Simonon mempelajari bagian bass-nya dengan menghafal dari Jones di hari-hari awal the Clash dan masih tidak tahu cara bermain bass ketika kelompok ini pertama kali rekaman. Dia dikreditkan sebagai pemberi nama band dan terutama bertanggung jawab untuk aspek visual seperti pakaian dan latar belakang panggung. Ia juga diabadikan di sampul depan band album ganda London Calling: gambar dari Pennie Smith dengan dirinya menghancurkan bass-nya telah menjadi salah satu gambar ikon era punk.


Simonon bermain bass di hampir semua lagu the Clash. Rekaman dimana dia tidak bermain meliputi: "The Magnificent Seven" dan "Lightning Strikes (Not Once But Twice)" pada Sandinista! (dimainkan oleh Norman Watt-Roy), "Rock the Casbah" pada Combat Rock (dimainkan oleh Topper Headon ), dan 10 dari 12 lagu di Cut the Crap (dimainkan oleh Norman Watt-Roy). Sandinista! Menampilkan bass yang dimainkan oleh Jones atau Strummer, beberapa tapi mungkin tidak semua yang kemudian direkam ulang oleh Simonon setelah ia bergabung kembali dengan sesi setelah syuting Ladies and Gentlemen, The Fabulous Stains.

Alur bass Simonon yang terpengaruh kontrapungtal reggae/ska membuatnya berbeda dari sebagian besar bassis punk rock lainnya dari era kompleksitas dan peran gitar bass dalam band.

Setelah the Clash bubar pada tahun 1986, Simonon memulai sebuah band bernama Havana 3am. Mereka merekam satu album di Jepang sebelum bubar. Dia juga berpartisipasi dalam sesi Bob Dylan bersama dengan Steve Jones-nya the Sex Pistols yang menjadi bagian dari album Dylan Down in the Groove. Juga, Simonon bekerja sebagai seorang seniman - gairah pertamanya sebelum bergabung dengan the Clash. Dia memiliki beberapa pertunjukan galeri, dan merancang sampul album Tighten Up, Vol. 88, milik Big Audio Dynamite serta sampul untuk "Herculean" dari album The Good, the Bad dan the Queen, sebuah proyek dengan Damon Albarn dimana Simonon memainkan bass. Paul reuni dengan Damon Albarn dan Mick Jones pada album Gorillaz, Plastic Beach, dan juga bassis dari band live Gorillaz mendukung Plastic Beach, bersama dengan Mick Jones pada gitar. Band ini menjadi penampil utama 2010 Coachella Festival, dan bertempat tinggal di bangsal Camden selama dua malam pada akhir April 2010.


Pada tahun 2011, Simonon menghabiskan waktu di atas kapal Greenpeace kapal Esperanza melakukan penyamaran dengan kedok "Paul the assistant cook" dalam menanggapi pengeboran minyak Arktik di Greenland oleh Cairn oil. Dia bergabung degan aktivis Greenpeace lainnya naik salah satu rig minyak Cairn oil secara ilegal; tindakan yang membuatnya masuk penjara selama dua minggu di penjara Greenland. Identitasnya terungkap kepada awak lain setelah pelayaran, dan ia bergabung dengan Damon Albarn dan anggota lain dari the Good, the Bad, and the Queen untuk sebuah penampilan di London merayakan ulang tahun ke-40 Greenpeace.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...