Laman

Senin, 14 Desember 2015

DAVE CLARK




Dilahirkan dengan nama David Clark pada 15 Desember 1942 di Tottenham, North London, Inggris adalah seorang musisi, penulis lagu, produser rekaman dan pengusaha asal Inggris. Dia adalah pemimpin, drummer dan manajer dari beat group tahun 1960-an The Dave Clark Five, band British Invasion pertama yang mengikuti The Beatles ke Amerika pada tahun 1964. Clark dan Lenny Davidson adalah anggota yang masih terakhir yang masih dari The Dave Clark Five. Pada tahun 2008 Clark dan bandnya dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.


Lahir di Tottenham, London Utara, Clark meninggalkan sekolah tanpa kualifikasi pada usia 15 dan menjadi seorang film stuntman, tampil di lebih dari 40 film. Pada akhir 1950-an Clark membeli sendiri satu set drum, belajar sendiri cara memainkan mereka, dan membentuk skiffle band untuk mengumpulkan dana sehingga tim sepak bolanya bisa melakukan perjalanan ke Belanda.


Skiffle band tumbuh kedalam Dave Clark Five dengan Clark sebagai pemimpin, co-penulis lagu, manajer dan produser mereka. 

Dave Clark Five tumbuh dalam popularitas di Inggris. Mereka menumbangkan "I Wanna Hold Your Hand"-nya The Beatles dari yang nomor satu di tangga single Inggris pada Januari 1964 dengan "Glad All Over". Segera pers Inggris menyebut mereka "ancaman paling serius" The Beatles. The Dave Clark Five adalah band British Invasion pertama untuk mengikuti Beatles ke Amerika pada tahun 1964, di mana mereka memiliki 15 lagu yang berturut-turut masuk Top 20 hits. Mereka juga sering muncul di The Ed Sullivan Show dari kelompok bahasa Inggris lainnya. Dave Clark menjadi nama populer untuk band baru di tahun 1960-an. 


Andrew Loog Oldham, mantan manajer Rolling Stones, mengatakan keberhasilan awal band ini sebagai saingan untuk The Beatles: 

Jika Beatles melihat lurus, itu bukan Stones yang mereka melihat. Mereka melihat Dave Clark 5 atau Herman’s Hermits.
 
Band ini bubar pada tahun 1970 dan pada tahun 1972, Clark berhenti bermain drum setelah empat buku-buku jarinya patah karena kecelakaan. 

Dia kemudian menulis sebuah fiksi ilmiah panggung musik, Time, yang memulai debutnya pada tahun 1986. Ini dimainkan selama dua tahun di London’s West End, dibintangi Cliff Richard (digantikan kemudian oleh David Cassidy). Hal ini juga meluncurkan album konsep yang berjudul Time yang menampilkan Richard, Freddie Mercury, Leo Sayer, Stevie Wonder dan Dionne Warwick, menjual dua juta kopi dan memberikan beberapa hit single.

Clark adalah seorang pengusaha sukses dan multi-jutawan. Ia memiliki sebuah rumah seharga £ 12 juta di London Barat. Dari awal, Clark memiliki hak untuk semua master musik Dave Clark Five dan pada tahun 1993 ia merilis versi remaster dari semua single mereka pada CD, Glad All Over Again. Pada akhir 1960-an, selain mengelola band-nya, Clark mulai menjadi sutradara dan produser untuk televisi. Pada tahun 1968 ia menjadi produser tv"sangat sukses" , Hold On, It’s the Dave Clark Five.
 
Pada 1980-an ia memperoleh hak untuk acara musik Inggris tahun 1960an Ready Steady Go!.

Pada perilisan album hit Inggris (DC5) di pertengahan 70-an, Clark tinggal di AS selama satu tahun sehingga menghindari membayar pajak Inggris di Inggris untuk hasil rilisan itu. Pemerintah Inggris menantang ini namun kalah di pengadilan. 

Clark adalah teman dekat dari vokalis Queen Freddie Mercury yang telah dikenalnya sejak tahun 1975. Clark mengambil alih berjaga di samping tempat tidur Mercury ketika ia meninggal pada bulan November 1991 dan memberitahu orang tua Mercury tentang kematiannya. 

Pada tahun 2008, menandai peringatan 50 tahun berdirinya band, Dave Clark Five dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, dan Clark, membuat penampilan publik yang jarang, dan dua anggota band lainnya yang masih hidup menerima penghargaan itu atas nama kelompok.

Pada 2015 Clark muncul dan mempresentasikan film dokumenter berdurasi 115 menit The Dave Clark Five and Beyond: Glad All Over Again.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...