Laman

Senin, 14 Desember 2015

CLIFF WILLIAMS




Clifford Williams lahir pada tanggal 14 Desember 1949 di Romford, Essex, di pinggiran London. Keluarga Williams pindah ke Hoylake, dekat Liverpool, pada tahun 1961, di mana ia dipengaruhi oleh gerakan Merseybeat lokal dan memutuskan untuk menjadi musisi rock. Pada usia 13 tahun, ia dan beberapa teman membentuk sebuah band. Williams menyatakan bahwa The Rolling Stones, The Kinks dan musisi blues seperti Bo Diddley sebagai pengaruh untuk gaya permainannya. Dia kebanyakan belajar bermain gitar bass dengan cara "mendengarkan rekaman dan mempelajari notasinya", dengan pelatihan formal terbatas pada pelajaran dari bassis profesional Liverpool. Williams meninggalkan sekolah ketika ia berusia 16 tahun, menjadi seorang insinyur di siang hari dan musisi malam. 



Pada tahun 1966, Williams menjadi musisi profesional dan pindah kembali ke London, di mana ia bekerja di sebuah situs pembongkaran dan di supermarket, dan bermain di band yang berumur pendek. Williams bertemu gitaris Laurie Wisefield (kemudian anggota dari Wishbone Ash), dan keduanya menjadi anggota band, Sugar, yang kemudian bubar.


Pada tahun 1970, Williams dan Wisefield bergabung dengan penyanyi Mick Stubbs, kibordis Clive John dan drummer Mick Cook untuk membentuk grup rock progresif Home. Band ini menandatangani kontrak rekaman dengan Epic Records dan mengeluarkan LP debut mereka, Pause for a Hoarse Horse, pada tahun 1971. Home menjadi aksi pebndukung untuk Jeff Beck, Mott the Hoople, The Faces dan Led Zeppelin. Pada tahun 1972, Jim Anderson menggantikan John pada kibord dan Home merilis album self-titled, menampilkan single hit mereka satu-satunya, "Dreamer", yang mencapai No 41 di tangga album Inggris. Album mereka berikutnya, The Alchemist, menyusul pada tahun 1973, tetapi tidak mendapatkan keberhasilan di tangga lagu. Ketika penyanyi-penulis folk asal Inggris Al Stewart menyarankan bahwa Home menjadi pendukungnya di tur pertama Amerika pada bulan Maret 1974, Mick Stubbs meninggalkan grup. Sisa anggota grup menjadi Al Stewart Band, tapi berpisah setelah tur. 


Williams sempat bermain dengan band asal Amerika, Stars sebelum membentuk Bandit pada tahun 1974. Lineup Bandit line-up adalah vokalis Jim Diamond dan drummer Graham Broad (kemudian bermain di Bucks Fizz dan bandnya Roger Waters). Kelompok ini menandatangani kontrak dengan Arista Records dan merilis album self-titled pada tahun 1977. Bandit juga tampil sebagai band pendukung sebagai Alexis Korner pada The Lost Album di tahun 1977 sebelum bubar akhir tahun itu. 

Pada tahun 1977, Williams dianggap pensiun dari musik ketika Bandit dibubarkan, tapi salah satu gitaris grup, Jimmy Litherland, meyakinkannya untuk ikut audisi untuk heavy rockers asal Australia AC/DC. Mereka mencari bassis saat Mark Evans dipecat tak lama setelah rekaman album studio Let There Be Rock di tahun 1977. AC/DC telah terbentuk di Australia pada tahun 1973 dan pada pertengahan 1977 line-up band adalah Malcolm Young pada gitar ritem dan vokal latar bersama adiknya Angus Young pada gitar utama, Phil Rudd pada drum dan Bon Scott pada vokal. Williams mengatakan tak lama setelah diberitahu tentang audisi AC/DC, ia melihat band di Top of the Pops dan bereaksi positif, menggambarkan mereka sebagai "sangat hebat". 

Untuk audisi, Williams memainkan sesi selama 4 kali dengan band, dan pada tanggal 27 Mei 1977, ia diminta untuk bergabung dengan AC/DC. Angus menyatakan dia termotivasi sebagian karena dia pikir ketampanan sang bassis akan menarik lebih banyak perempuan untuk melihat konser mereka. Mengingat Williams menggantikan musisi Australia, ia awalnya mengalami kesulitan mendapatkan izin kerja untuk memasuki negara itu. Pertunjukan pertamanya dengan AC/DC berada di tur untuk pendukung Let There Be Rock, dengan dua pertunjukan rahasia di Sydney's Lifesaver. Album Powerage (1978), yang diproduseri oleh Vanda & Young, menandai debut studio Williams. Williams tetap di AC/DC sejak itu, dengan hanya kepergian sementara pada tahun 1991 saat ia menderita infeksi ginjal, di mana Paulus Greg harus bermain bass untuk beberapa konser di Amerika Utara di the Razor's Edge World Tour. Satu-satunya anggota band sudah lama bersama dengan band adalah Angus Young. Selain bermain bass, Williams juga menyanyikan vokal latar. Album favoritnya dengan band adalah Powerage dan Back in Black.


Sejak perkenalan Williams dengan band, AC/DC telah dilantik ke Australian Recording Industry Association's Hall of Fame (1988), dan Rock and Roll Hall of Fame (2003). Di tahun 1982, pembaca Kerrang! memilih dia sebagai Best Bassist of the Year.


Istri Williams, Georganne, adalah dari negara bagian Colorado. Setelah mereka menikah pada tahun 1980, ia pindah secara permanen ke Amerika Serikat. Awalnya pasangan ini tinggal di Hawaii, tetapi Williams menemukan pulau ini terlalu terisolasi dan sistem sekolah yang kurang. Pada tahun 1986, mereka pindah ke Fort Myers, Florida, mengikuti saran dari rekan seband di AC/DC Brian Johnson (pengganti Bon Scott), yang tinggal di dekat Sarasota. Pasangan ini memiliki dua anak: Erin (lahir 1985) yang merupakan model-aktris dengan nama Erin Lucas, dan Lukas (lahir 1986). Hobinya memancing dan penerbang amatir. 


Pada tahun 1984, Williams bermain bass dan vokal latar pada lagu milik Adam Bomb "I Want My Heavy Metal", untuk album Fatal Attraction. Selama hiatus AC / DC di tahun 2000-an, Williams bergabung dengan band musisi asal Bosnia Emir Bukovica, Emir & Frozen Camels. Kelompok ini merekam album San tahun 2002 dan bermain di beberapa klub Eropa. Pada tahun 2005, Williams dan penyanyi AC/DC Johnson bermain dalam acara untuk menolong korban badai di Florida, yang dipromotori oleh John Entwistle Foundation. Disana Williams bertemu drummer Steve Luongo, presiden yayasan itu dan mantan anggota band John Entwistle. Luongo kemudian mengajak Williams, Johnson, dan gitaris Mark Hitt untuk proyek amal the Classic Rock Cares. Kuartet itu membuat dan merekam sepuluh lagu di studio pada tahun 2007, dan dengan tur untuk mengumpulkan dana bagi yayasan. Pada tahun 2011, Williams bermain pada konser amal yang diselenggarakan oleh Mark Farner. Williams mengatakan ia juga sesekali bermain dengan band rhythm and blues asal Fort Myers bernama The Juice.

"Ini bukan alur yang penting. Ini adalah tentang rasa. Lagu favorit AC/DC saya untuk dimainkan adalah 'Down Payment Blues', karena begitu sederhana. Saya bermain empat not sepanjang lagu, tapi aku mendapatkan semuanya- bukan aku mengada-ada. " -Williams pada permainannya.

Peran Williams di AC / DC adalah untuk menyediakan alur bass yang stabil yang mengikuti gitar ritem dari Malcolm Young, sebagian besar terdiri dari delapan not. Alur bassnya kadang-kadang ditulis oleh Malcolm dan Angus Young selama pembuatan komposisi, dan di lain waktu Williams mengembangkan mereka berdasarkan pada trek instrumental lainnya. Williams mengatakan ia memainkan "hal yang sama di setiap lagu, untuk sebagian besar. Dalam musik AC / DC, lagunya lebih penting daripada bit setiap individu di dalamnya". Ia menambahkan bahwa" alur (bass) kompleks tidak akan menambahkan sesuatu untuk sebuah band yang berorientasi gitar seperti kami, jadi saya mencoba untuk membuat lapisan bawah yang mendorong apa yang orang-orang kami lakukan di bagian atas. Williams tidak memiliki kesulitan menjaga kerendahan hatinya dalam band, menyatakan bahwa "Saya tidak memiliki masalah melakukan hal ini, karena saya hanya menikmati permainan. Aku tidak pernah merasa marah atau sebagai seorang tahanan." Teknik permainannya sebagian besar berpusat di sekitar 'downpicking', dengan penggunaan sesekali membetor untuk mematikan string, dimana dia berkata "tambahkan definisi yang lebih dan kencangkan notnya, dan berikan sound dengan 'sustain' yang kurang".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...