Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

JEFF "SKUNK" BAXTER



Dilahirkan di Washington, DC dengan nama lengkap Jeffrey Allen Baxter pada 13 Desember 1948.

Saat bekerja di Manny's Music Shop di Manhattan pada tahun 1966, Baxter bertemu gitaris Jimi Hendrix, yang baru saja memulai karirnya sebagai frontman. Untuk jangka waktu singkat selama tahun itu, Baxter adalah bassis di band yang dipimpin Hendrix bernama Jimmy James and the Blue Flames, bersama dengan sesama karyawan Manny's Randy California. Baxter juga bekerja sebagai teknisi gitar dan tukang memperbaiki amplifier di Jack's Drum Shop di Boylston Street di Boston.

Baxter lulus dari Taft School di Watertown, Connecticut dan terdaftar di School of Public Communication (sekarang College of Communication) di Boston University pada bulan September tahun 1967, di mana ia belajar jurnalisme sambil terus tampil dengan band-band lokal.

Baxter pertama kali dikenal khalayak luas musik rock pada tahun 1968 sebagai anggota band psychedeic rock Ultimate Spincah. Baxter bergabung dengan band untuk album ketiga dan terakhir mereka, berjudul III. Setelah meninggalkan band, ia bermain dengan Holy Modal Rounders dan mendukung penyanyi Buzzy Linhart.

Setelah pecahnya Ultimate Spinach, Baxter pindah ke Los Angeles, bekerja sebagai gitaris sesi. Pada tahun 1972 ia menjadi anggota pendiri band Steely Dan, bersama dengan gitaris Denny Dias, gitaris-bassis Walter Becker, kibordis Donald Fagen, drummer Jim Hodder dan vokalis David Palmer (dan pemain sesi Elliott Randall di berbagai trek). 

Baxter muncul dengan Steely Dan pada tiga album pertama mereka, Can't Buy a Thrill pada tahun 1972, Countdown to Ecstasy pada tahun 1973, dan Pretzel Logic pada tahun 1974.
 
Saat menyelesaikan album Pretzel Logic, Baxter menyadari niat Becker dan Fagen untuk pensiun dari tur Steely Dan, dan akan bekerja secara eksklusif dengan pemain sesi di masa depan. Dengan itu dalam pikiran, Baxter meninggalkan band pada tahun 1974 untuk bergabung The Doobie Brothers, yang pada saat itu sedang melakukan tur untuk mendukung album keempat mereka What Were Once Vices Are Now Habits. Sebagai seorang sesi, ia telah menyumbangkan permainan pedal steel guitar di Vices serta "South City Midnight Lady" pada album pendahulunya, The Captain and Me. Album pertama Baxter sebagai anggota penuh kelompok itu adalah Stampede di tahun 1975. Baxter berkontribusi gitar akustik berjudul "Precis," ternyata signifikan dengan slide dan pedal steel guitar, dan solo gitar untuk hit single "Take Me in Your Arms (Rock Me A Little While)".


Sambil mempersiapkan untuk tur dalam mendukung Stampede, pendiri Doobie Brothers Tom Johnston dirawat di rumah sakit karena penyakit perut. Untuk mengisi peran Johnston pada vokal, Baxter menyarankan membawa penyanyi-kibordis Michael McDonald, yang pernah bekerja dengan Baxter di Steely Dan. Dengan Johnston masih dalam masa penyembuhan, McDonald segera diundang untuk bergabung dengan band penuh waktu. Kontribusi vokal dan lagu McDonald, serta gaya gitar jazzy Baxter, menandai arah baru untuk band. Mereka melanjutkan kesuksesan dengan album Takin' It to th Streets-1976, Livin' on the Fault Line-1977, dan terutama Minute by Minute-1977, yang menghabiskan lima minggu sebagai album # 1 di Amerika Serikat dan melahirkan beberapa single hit; Karya Baxter di album ini antara lain penampilan kondang di akhir "How Do the Fools Survive?".
 
Pada awal 1979, Baxter dandan salah satu anggota pendiri, drummer John Hartman meninggalkan band.

Baxter telah terus bekerja sebagai gitaris sesi untuk berbagai kelompok seniman, antara lain Willy DeVille, Bryan Adams, Hoyt Axton, Eric Clapton, Gene Clark, Sheryl Crow, Freddie Hubbard, Tim Weisberg, Joni Mitchell, Ricky Nelson, Dolly Parton, Carly Simon, Ringo Starr, Gene Simmons, Rod Stewart, Barbra Streisand, dan Donna Summer. Dia telah bekerja sebagai musisi tur untuk Elton John, Linda Ronstadt, dan Billy Vera dan the Beaters.
 
Pada tahun 1986 Baxter bergabung James Brown dan Maceo Parker pada gitar selama beberapa jadwal tur di Amerika Utara.

Pada tahun 1990, Baxter bergabung dengan John Entwistle, Joe Walsh, Keith Emerson dan Simon Phillips dalam supergrup bernama The Best. Kelompok ini merilis video penampilan langsung di Jepang sebelum bubar. Ia juga menjadi produser dua album untuk band hard rock Nazareth, Carl Wilson, dan Livingston Taylor, The Ventures, dan Nils Lofgren. Dia juga muncul dalam film Blues Brothers 2000 dan dapat didengar di album pemeran. Dia produser di album Bob Welch pada tahun 1982, "Eye Contact". Pada tahun 1994 Baxter tampil di video game Tuneland. Pada tahun 1991 Baxter juga menjadi produser video dokumenter berjudul 'Guitar' (Warner Brothers VHS dan LaserDisc) di mana ia melakukan perjalanan dunia dan mewawancarai para gitaris terhormat yang dia kagumi.


Dia terus menerima pekerjaan studio; seperti album tribute terbaru untuk Pink Floyd dan Aerosmith. Pada tahun 2012, ia muncul di album kibordis Brian Auger Langauge to the Heart, dan That's Why God Made the Radio-nya The Beach Boys. Dia juga kadang-kadang bermain di The Coalition of the Willing, band yang terdiri dari Andras Simonyi, Duta Besar Hungaria di Amerika Serikat; Alexander Vershbow, Duta Besar AS untuk Korea Selatan; Daniel B. Poneman, mantan Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat dan sekarang Wakil Sekretaris Administrasi Energi Obama; dan Lincoln Bloomfield, mantan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik-Militer AS. Pada tanggal 19 Juni 2007, Baxter bermain dengan band mantan Sekretaris Pers Gedung Putih Tony Snow, Beats Workin' di piknik Kongres yang diadakan di South Lawn Gedung Putih.
 
Peter Chaikin dari JBL mewawancarai CJ Vanston tentang kolaborasinya dengan Jeff Baxter di album terbaru mereka, "Skunk." 

Bekerja di King of the Hill (serial TV) pada tahun 1997 menyusun lagu selama 3 episode. "Peggy the Boggle Champ", "Hank's Unmentionables Problem", dan "Square Peg". Juga pada tahun 1997 dia bekerja pada dua orang lainnya sebagai komposer, "The Blues Brothers Animated Series" (serial TV), dan "The Curse of Inferno" (serial TV). Ia bekerja untuk "Shelley Duvall 's Bedtime Stories" (serial TV) "Bootsie Barker Bites / Ruby yang Copycat" pada tahun 1993. Menciptakan lagu untuk Pee-Wee's Playhouse (serial TV) "Tons of Fun" 1987. Beverly Hills, 90210 ( serial TV) "The Green Room" (1990) Dikreditkan untuk soundtrack "Roxanne" 1987 penulis dan produser untuk lagu "Party Tonight", "Can This Be Love". "Class of 1984", "You Better Not Step Out of Line", 1982, / penampil di "Suburbanite".
 
Baxter telah muncul dalam sejumlah film, acara TV dan video termasuk "The O'Reilly Factor" (14 Juli 2008), "Jimmy Kimmel Live" (2003), Dokumenter TV "Jan & Dean The Other Beach Boys" (2002 ), Dokumenter TV "The History Roll Rock 'N', Vol. 7 dan 8" (1995), film TV "American Bandstand 's 40th Anniversary Special" (1995), serial TV "What's Happeing !!" Doobie or Not Doobie: Parts 1 and 2 with The Doobie Brothers (1978), "Emerson" Pictures of an Exhibitionist (film) (2013), Dokumenter "Turn It Up!" (2013), Dokumenter "Amazing Journey: The Story of The Who" (2007), Dokumenter "Overnight" (2003), Video dokumenter "The Doobie Brothers: Let the Music Play" (2012), Video dokumenter pendek "The Making of 'Blues Brothers 2000"(1998), Video dokumenter" Guitar "(1991). 

Baxter jatuh ke profesi kedua hampir kebetulan. Pada pertengahan 1980-an, minat Baxter dalam teknologi rekaman musik membuatnya bertanya-tanya tentang hardware dan software yang pada awalnya dikembangkan untuk penggunaan militer, yaitu algoritma kompresi data dan perangkat penyimpanan berkapasitas besar. Sebagaimana yang terjadi, tetangga sebelahnya adalah seorang insinyur pensiunan yang telah bekerja pada program rudal Sidewinder. Tetangga ini membelikan langganan majalah Aviation Week untuk Baxter, memprovokasi mintanya di publikasi militer berorientasi tambahan dan sistem pertahanan rudal pada khususnya. Ia menjadi otodidak di bidang ini, dan pada satu titik ia menulis sebuah makalah lima halaman yang mengusulkan mengubah anti-pesawat berbasis kapal rudal Aegis ke dalam sistem pertahanan rudal yang belum sempurna. Dia memberikan makalah itu anggota kongres partai Republik di California Dana Rohrabacher, dan karirnya sebagai konsultan pertahanan mulai.
 
Didukung oleh beberapa anggota parlemen berpengaruh Capitol Hill, Baxter menerima serangkaian izin keamanan sehingga ia bisa bekerja dengan informasi rahasia. Pada tahun 1995, Anggota kongres partai Republik asal Pennsylvania Curt Weldon, yang kemudian menjadi ketua DPR Sub-komite Penelitian dan Pengembangan Militer, menominasikan Baxter ke kursi Dewan Penasehat Sipil untuk Pertahanan Rudal Balistik.
 
Karya Baxter dengan panel itu membawanya mendapatkan kontrak konsultasi dengan Badan Pertahanan Rudal Pentagon (MDA) dan Natioanl Geospatial-Intelligence Agency. Dia sekarang menjadi konsultan Departemen Pertahanan AS dan komunitas intelijen AS, serta bagi produsen pertahanan berorientasi termasuk Science Applications International Corporation ("SAIC"), Northrop Grumman Corp, General Dynamics, dan Atomics Aeronautical Systems Inc. General. Dia mengatakan pendekatan konvensional yang berpikir tentang terorisme, terkait dengan minatnya di bidang teknologi, adalah alasan utama ia dicari oleh pemerintah.
 
Baxter juga muncul dalam debat publik dan sebagai tamu di CNN dan Fox News Channel memberi masukan tentang pertahanan rudal. Ia menjabat sebagai juru bicara nasional untuk Amerika untuk Pertahanan Rudal, sebuah koalisi organisasi yang ditujukan untuk masalah ini.
 
Pada tahun 2000, Baxter dianggap menantang Rep. Brad Sherman dengan pasal 24th Congressional District di California sebelum memutuskan untuk tidak menghiraukannya.

Pada bulan April 2005, ia bergabung dengan NASA Exploration Systems Advisory Committee (ESAC).
 
Baxter adalah anggota dari sebuah kelompok studi independen yang menghasilkan "Civil Applications Committee Blue Ribbbn Study" merekomendasikan peran domestik harus meningkat untuk mata-mata AS satelit di September 2005. Penelitian ini pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal pada tanggal 15 Agustus, 2007.

Baxter terdaftar sebagai "Senior Thinker and Raconteur" di Florida Institute for Human Machine and Cognition. 

Baxter adalah Senior Fellow dan Anggota Dewan Tinggi di Potomac Institute for Policy Studies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...