Laman

Minggu, 04 September 2016

DON BREWER




Lahir di Flint, Michigan, AS, pada 3 September 1948, dengan nama lengkap Donald George Brewer. Dia adalah penyanyi utama dan pemain drum untuk Grand Funk Railroad. Don adalah lukusan dari Swartz Creek High School.

Don memulai band pertamanya, bernama The Red Devils, pada usia 12 tahun. Setelah meninggalkan The Red Devils, Don bergabung dengan band lain bernama ‘Jazzmasters’ dimana dia menjadi vokalis dan drumer. Pada 1964, Don bergabung dengan mantan DJ Terry Knight juga bassis Hermn Jackson, gitaris Curt Johnson, dan kibordis Bobby Caldwell dan membentuk band Terry Knight and the Pack. Pada 1967, Don bersua dengan gitaris Mark Farner yang bergabung dengan band setelah Johnson pergi.


Pada 1968, Don meninggalkan Terry Knight and the Pack bersama dengan rekan seband Mark Farner dan merekrut Mel Schacher, bassis untuk band terkenal ? and the Mysterians, dan membentuk Grand Funk Railroad. Mereka mempekerjakan Terry Knight sebagai manajer mereka. Pada 1973, Grand Funk merilis album We’re An American Band, menampilkan lagu hit “We’re an American Band”. Lagu ini, ditulis dan dinyanyikan oleh Brewer, adalah single #1 milik band. Masih terkenal, lagu ini sudah direkam oleh para artis lain. Selain memainkan drum untuk Grand Funk, Brewer juga mengisi vokal utama untuk sejumlah lagu. Ini dibuktikan oleh bait pertama dan ketiga dari lagu “Some Kind of Wonderful” (1974). Don merupakan penyanyi utama baritone sedangkan Mark Farner sebagai penyanyi utama tenor untuk grup ini.


Pada 1977, menyusul pembubaran pertama Grand Funk Railroad, Don bersama mantan rekan seband Mel Schacher dan Craig Frost membentuk sebuah band baru bernama Flint. Flint merilis sebuah album self-title pada 1978 sebelum bubar. Dia juga melanjutkan karir musiknya, termasuk memproduseri untuk band The Godz (dari Columbus, Ohio) pada album debut self-title mereka The Gods pada 1978.


Pada 1981, Don dan Farner mendirikan kembali Grand Funk Railroad untuk sebuah album Grand Funk Lives yang menembus Billboard. Dua tahun kemudian, mereka bubar lagi dan Don bergabung dengan Bob Seger's Silver Bullet Band. Pada 1996, Don, Schacher, dan Farner melakukan reuni sebagai Grand Funk, dan kemudian disebut sebagai salah satu band papan atas dalam Pollstar 1998. Farner memutuskan untuk meninggalkan band pada akhir 1998 untuk merintis karir solo. Pada 2000, Don Brewer dan Schacher menambahkan vokalis Max Carl, mantan gitaris Kiss Bruce Kulick dan kibordis Tim Cashion ke dalam lineup. Band ini melakukan tur AS dan Canada selama 16 tahun memainkan sekitar 40 pertunjukan per tahun. Mereka terus membuat penuh gedung pertunjukan dan menerima tanggapan hebat diamanapun mereka tampil.


Brewer memainkan bongo pada lagu milik Frank Zappa “Let Me Take You to the Beach” dari album Studio Tan, dirilis pada 1978. Brewer tampil di DVD Classic Rock Drum Solos (2007), menampilkan sebuah solo saat dia dan Grand Funk Railroad membuat penuh Shea Stadium. Pada 2000, Don tampil sebagai pengajar tamu di festival drum tahunan yang diadakan oleh majalah Modern Drummer, dimana dia diberi penghormatan sebagai salah seorang drumer berpengaruh dalam sejarah rock. Pada 2006 Brewer bergabung kembali dengan Bob Seger & The Silver Bullet Band untuk tur 2006-07 mereka; itu adalah penampilan pertamanya dengan band sejak dia bermain untuk mereka pada tur 1983 mereka. Dia juga bermain dengan mereka pada tur 2011 milik Seger. Dia juga bermain drum selama tur konser Ride Out 2014-2015 milik Bob Seger yang menempuh AS.


Brewer tinggal di Jupiter, Florida dengan istrinya Sunny Quinn, yang merupakan veteran radio selama 23 tahun dari South Florida. Mereka memiliki 2 putri dan empat cucu. Juga menjadi orangtua dari empat ekor kucing dan seekor kuda, Don dan Sunny juga pecinta hewan dan sudah melakukan pekerjaan untuk penyelematan hewan di Jupiter. Mereka juga memiliki sebuah rumah di North Carolina dan menghabiskan musim panas di pegunungan disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...