Laman

Senin, 12 September 2016

MICKEY HART




Dilahirkan dengan nama Michael Steven Hartman pada 11 September 1943 di Brooklyn, New York, AS. Dia tumbuh di Long Island bersekolah di Lawrence High School sebelum keluar dan pergi ke Eropa. 

Dia dikenal sebagai salah seorang dari 2 pemain drum band rock Grateful Dead. Dia menjadi anggota Grateful Dead dari September 1967 hingga Februari 1971 dan dari Oktober 1974 hingga Agustus 1995. Dia dan sesama pemain drum Grateful Dead Bill Kreutzmann mendapat julukan “the rhythm devils”.


Dia tertarik dengan perkusi saat masih sekolah. Beberapa bulan setelah keluar dari SMA di bekerja dengan drummer Nigeria Babatunde Olatunji. Olatunji kemudian mengajarkan permain drum kepada Hart dan berkolaborasi dengan Hart dan Grateful Dead secara rutin.

Sebelum bergabung dengan Grateful Dead, Hart dan ayahnya, Leonard Hart, memiliki dan mengoperasikan Hart Music, menjual drum dan alat-alat musik di San Carlos, California.
Pada 1991, Hart memproduksi album Planet Drum, yang bertahan menjadi No. 1 di Billboard World Music chart selama 26 minggu, dan menerima Grammy Award pertama untuk Best World Music Album.


Pada 1994, Mickey Hart dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota dari Grateful Dead.

Setelah kematian Jerry Garcia dan pembubaran Grateful Dead pada 1995, Hart melanjutkan bermain musik dengan berbagai grup termasuk dengan anggota-anggota Grateful Dead. Pada Furthur Festival 1996, Mickey Hart’s Mystery Box bermain, demikian pula band milik Bob Weir Ratdog.


Pada Juni dan Juli 2008, Hart memimpin Mickey Hart Band di tur konser AS. Band ini terdiri dari Hart, Steve Kimock pada gitar dan pedal steel guitar, George Porter, Jr. pada bass, Kyle Hollingsworth pada kibord, Sikiru Adepoju pada talking drum, Walfredo Reyes, Jr. pada drum dan Jen Durkin pada vokal.

Dia menikah sejak 1990 dengan seorang pengacara, aktifis lingkungan dan administrator taman Caryl Hart, dengan siapa dia memiliki dua anak Reya dan Taro. Taro memiliki detak jantung yang direkam saat masih dalam kandungan dan digunakan sebagai basis untuk album Music to Be Born By. Adiknya, Jerry Hart, adalah pembawa acara radio dan konsultan bisnis media di San Fransisico. Hart adalah satu-satunya mantan anggota the Grateful Dead yang Yahudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...