Laman

Minggu, 11 September 2016

BARRIEMORE BARLOW




Dilahirkan dengan nama Barrie Barlow pada 10 September 1949 di Birmingham, Inggris. Dia menjadi pemain drum untuk Jethro Tull dari Mei 1971 hingga Juni 1980. 

Barlow pertama bertemu dengan Ian dan John di Blackpool, dimana keduanya adalah anggota dari grup beat, The Blades. Pada saat itu, Barrie menjadi murid Plastic Mould Tool Fitter, tapi keluar di pertengahan ujian matematika untuk menjawab panggilan oleh Ian dan John untuk pergi ke Nottingham malam itu untuk pertunjukan yang diumumkan mendadak.

Dia tidak kembali untuk menyelesaikan ujian. Pemunculan umum besar pertamanya bukan sebagai seorang musisi, tapi sebagai seorang “extra” TV dalam seri “Coronation Street” dimana dia secara singkat muncul bersama pacar Ian, aktris Yvonne. Meninggalkan John Evan Band seperti the Blades yang kini dikenal. Barry kemudian bergabung dengan grup lokal lainnya “The All Jump Kangaroo Band” menampilkan dan dijalankan oleh Andy Truema (yang kemudian menjadi manajer produksi untuk Tull pada 1995).

Barlow adalah mantan rekan band dari frontman Jethro Tull Ian Anderson. Dia masuk ke Jethro Tull setelah kepergian Clive Bunker, pada 1971. Barlow bermain di EP “Life’s a Long Song”, sebelum memgikuti tur konser dengan band. Pada saat ini, anggota asli dari The Blades kembali bersama dengan penambahan dari Martin Barre, dan edisi yang relative lama dari barisan Jethro Tull menyusul (1971-1975).


Pertunjukan pertama Barlow dengan Tull adalah terlibat dalam sebuah episode tidak beruntung di Denver, Colorado saat polisi lokal memberi gas airmata para penonton dari helikopter, baik dari luar dan dalam the Red Rocks Amphitheatre. Dipercaya bahwa mereka akan ditangkap, band melarikan diri setelah pertunjukan dalam sebuah station wagon dimana, bersembunyi dibawah selimut di lantai belakang, Barrie bertanya pada Ian, “Akankah seperti ini setiap malam?” Anderson menjawab, “Pada aturan umum, hanya di hari selasa dan Kamis.” 

Bingung karena kematian bassis John Glascock, dimana mereka adalah teman akrab, Barlow meninggalkan Jethro Tull pada 1980 setelah menyelesaikan putaran terakhir tur Stormwatch.

Barlow melakukan beberapa macam proyek, antara lain bekerja dengan Robert Plant, John Miles, dan Jimmy Page, dan dia mulai membentuk bandnya sendiri dengan nama Storm. Dia bermain di album Rising Force milik Yngwie Malmsteen. Dia bermain di album Seeds of Change milik Kerry Livgren.

Barlow memiliki sebuah studio rekaman, The Doghouse, di rumahnya di Shiplake, Oxfordsfire, Inggris. Dia saat ini menjadi manajer sebuah band dari Henley on Thames bernama The Repertoires, dan juga dihubungkan dengan band lokal lainnya yang mengikuti sejarah musikyang terpengaruh folk, seperti Smokey Bastard dari Reading.

Barlow memainkan perkusi di “Artrocker”, lagu pembuka dari album yang mendapatkan pengakuan pada 2006 Get Your Mood On oleh band indie punk asal London, Dustin’s Bar Mitzvah.

Dalam sebuah wawancara pada edisi Desember 2007 dari majalah Drumhead, Barlow mengumumkan bahwa dia akan bermain dalam tur lagi.

Barlow dikenal sebagai seorang drummer yang teknikal dan kreatif. Permainan drumnya di album live, Bursting Out, adalah saksi dari bakat kreatifnya sebagai seorang drummer, terutama pada dolo drumnya dalam lagu “Conundrum”. Oleh John Bonham dia dipanggil dengan "the greatest rock drummer England ever produced”. Dalam sebuah komentar pada permainan drumnya untuk album-album Jethro Tull dia mengatakan; “Saya selalu mengagumi orang-orang yang membuat – dan pada level perkusi saya mengagumi pembuat ritem. Saya mencoba untuk menghindarinya dalam Tull, tapi kini saya memiliki kemampuan untuk menasehati para drummer dalam band yang saya manajeri untuk jangan bermain seperti yang biasa saya mainkan dalam Tull, karema hal itu sangat menyibukkan dan susah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...