Laman

Rabu, 14 September 2016

CHLOE ALPER




Dilahirkan pada 13 September 1981 di Reading, Inggris. Mulai usia 13 tahun, Alper memimpin band punk Riot grrrl Periode Pains, berbasis di Reading. Band terbentuk pada 1995 dengan Alper pada vokal, Felicity Aldridge pada gitar, Laura Warwick pada bass dan Laura Viney pada drum. Viney kemudian digantikan oleh Magdalena (Magda) Przybylski.

Single anti-Spice Girls 1997 mereka, "Spice Girls (Who Do You Think You Are?)", dirilis melalui Damaged Goods. Lagu ini menerima siaran dari John Peel untuk siapa mereka melakukan rekaman sesi kemudian dirilis sebagai sebuah EP. Band ini sangat disorot oleh John Peel di Festive 50 miliknya untuk 1997. Band ini diliput oleh para penerbit termasuk The Daily Mail dan Just 17 tapi hanya memainkan sedikit pertunjukan, terutama membuka di tenda Dr Martens untuk Reading Festival 1997.


Alper kemudian bergabung dengan band asal Reading The Sunset Sound, yang kemudian menjadi Pure Reason Revolution, berkontribusi vokal, memainkan gitar bass kemudian setelah bassis terdahulu pergi. Alper memainkan kibord, termasuk sebuah kibord midi selama penampilan panggung. Di pertunjukan pada 2010 dan 2011 dia juga memainkan sebuah gitar Epiphone SG pada lagu tertentu.

Band bersepakat dengan label Poptones milik Alan McGee untuk satu rilisan dari "Apprentice of the Universe", yang mencapai nomor 12 di indie chart. Bersepakat dengan SonyBMG pada musim gugur 2004, tahun selanjutnya terlihat Pure Reason Revolution merilis dua single dan satu album mini, diikuti oleh debut penuh The Dark Third pada 2006, dengan produser Paul Northfield. Selama periode ini, PRR mendukung Mew, Hope of the States, Porcupine Tree, Secret Machines dan Oceansize, juga menjadi penampil utama dari pertunjukan mereka, dan merekam sesi untuk acara BBC Radio 2 milik Mark Radcliffe dan XFM.


Album kedua band Amor Vincit Omnia dirilis pada Maret 2009 di Superball Music, dan diikuti oleh sebuah tur padat di Inggris dan Eropa. Lagu band ini ada di mingguan Kerrang! Radio dan lagu harian Classic Rock Magazine. Musik baru mereka lebih gelap dan lebih elektronik dibandingkan album terdahulu, kualitas yang mereka pertahankan untuk album studio ketiga pada 2010, Hammer and Anvil, juga dirilis melalui Superball. Hammer and Anvil dibuka dengan lagu yang dinyanyikan secara eksklusif oleh Alper, Fight Fire, yang menerima siaran lebih lama di XFM dan stasiun radio lainnya.


Pure Reason Revolution bubar secara baik-baik pada November 2011, dengan para anggota memilih untuk melakukan proyek lainnya. Sebuah seri konser terakhir di UK terlihat album Dark Third dimainkan secara penuh untuk pertama kalinya. Sebuah EP terakhir berjudul Valour juga dirilis hanya sebagai unduhan bersamaan dengan pembubaran band, dengan keuntungan disumbangkan untuk amal.

Pada 2013, Alper mulai mengerjakan sebuah proyek solo dimana dia merekam lagu dalam kolaborasi dengan Tom Bellamy (dari The Cooper Temple Clause dan Losers), yang bekerja di album terakhir Pure Reason Revolution, Hammer and Anvil, dan Robin Coudert (dari Phoenix). "Juno", ditulis oleh Alper dan Coudert, tampil di soundtrack film Maniac pada 2013.


Pada 2015 Alper mengumumkan dia membentuk sebuah band baru - Tiny Giant - dengan rekan penulisnya, multi-instrumentalis nominator Grammy dan MOBO Mat Collis. Single pertama mereka "Joely" dirilis pada 9 Mei 2016. Sebuah lagu dari album menjadi soundtrack seri "Playhouse Presents" milik Vanity Fair untuk Sky Arts.

Alper juga seorang perancang dan artis. Dia merancang sampul untuk single Pure Reason Revolution berjudul "Victorious Cupid" yang diedarkan pada tur 2006 dan 2007 untuk mengakomodasi unduhan Myspace gratis, yang sudah menjadi buruan para kolektor. Dia juga merancang tata sampul dari rilisan EP "Victorious Cupid" resmi di ORG Records pada 2008. Dia juga merancang tata sampul untuk kolaborasi 2007 drumer Porcupine Tree Gavin Harrison dengan 05Ric, Drop. Alper juga merancang tata sampul album untuk rilisan 2009 milik Pure Reason Revolution, Amor Vincit Omnia. Tata sampul itu berisi buklet 16 halaman yang menampilkan 12 buah karyanya. Beberapa cetakan dengan jumlah terbatas tersedia di situsnya pada awal 2009.

Alper sering tampil dibawah nama alias 'Chloe Ramone' sebagai seorang DJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...