Laman

Rabu, 28 September 2016

MEAT LOAF




Dilahirkan dengan nama Marvin Lee Aday pada 27 September 1947 di Dallas, Texas. Putra dari Orvis Aday, seorang petugas polisi, dan istrinya, Wilma, Meat Loaf (tidak pernah dijelaskan bagaimana dia mendapatkan nama panggilan ini) memiliki masa kecil yang sulit. Ayahnya dikenal sebagai peminum berat, dan halite tidak umum bahwa perbuatannya ini membuat Wilma menempatkan putranya dalam perawatan ibunya.

Namun, masalah ini membawa sedikit akibat untuk meningkatkan ambisinya. Setelah SMA dia kemudian mendaftar di North Texas State University (kini dikenal dengan University of North Texas).

Mengabaikan keadaan dirinya (dia memiliki berat 60 pound dan gagal untuk ujian fisik), Meat Loaf meninggalkan Texas dan bersekolah pada 1967 untuk sebuah kehidupan baru di Los Angeles. Disana, dia menemukan pekerjaan sebagai sorang buruh dan memulai band pertamanya, Meat Loaf Soul.

Setelah beberapa perubahan barisan dan berganti-ganti nama, band dibubarkan. Kesuksesan yang lebih besar ditemukan dalam teater, dimana Meat Loaf mendapatkan sebuah bagian dalam sebuah musik panging berjudul Hair. Perannya dengan produksi ini akhirnya membawa dia ke Broadway dan namanya mulai dikenal.


Dari sana, Meat Loaf dengan sukses ikut audisi untuk peran dari Eddie dan Dr. Scott dalam produksi panggung The Rocky Horror Picture Show. Pada 1975 Meat Loaf mengikuti pertunjukan itu ke layar lebar dan ikut membintangi dengan Susan Sarandon, Tim Curry dan Barry Bostwick. Mengejutkan semua orang, film itu menjadi kesuksesan besar dan memperoleh penghasilan kotor lebih dari $112 juta dalam penjualan tiket pada lebih dari tiga dekade berikutnya.

Sekitar waktu Meat Loaf sedang memfilmkan The Rocky Horror Picture Show, dia juga kembali ke studio dan mulai merekam apa yang akan menjadi album lompatan besarnya, opera rock Bat Out of Hell (1977). Diproduseri oleh rocker terkenal Todd Rundgren, dan berkolaborasi dengan penulis lagu Jim Steinman, yang menulis semua lagu-lagu dalam album ini, Meat Loaf menerlurkan sebuah rekaman yang mencampurkan tema sakit hati (“Two Out of Three Ain’t Bad”) dan seksualitas remaja (“Paradise by the Dashboard Light”).

Album ini akhirnya terjual lebih dari 34 juta buah di seluruh dunia dan membuat Meat Loaf seorang bintang multi-platinum.

Tapi dengan kesuksesan datang masalah. Perselisihan antara Meat Loaf dan Steinman, dengan sang penulis lagu menyuarakan rasa frustrasinya akan kurangnya kredit dari kesuksesan album itu. Kemudian pada sebuah pertunjukan di Ottawa, Kanada, Meat menderita patah kaki, melakukan pertunjukan beriktunya di atas sebuah kursi roda. Steinman pergi sendiri dan merekam albumnya sendiri, Bad for Good (1981).

Situasi yang tidak jelas ini membuat Meat Loaf memiliki kebiasan berat memakai narkoba. Album kedua Meat Loaf, Dead Ringer (1981), terbukti sebagai sebuah kegagalan, makin menambah masalah yang dia miliki. Menghadapi tuntutan hukum, termasuk satu tuntutan hukum oleh Steinman, dan pengaturan uang yang salah, Meat Loaf menyatakan bangkrut pada 1983.

Untuk tujuh tahun berikutnya, Meat Loaf terus menghasilkan musik, termasuk album-album seperti Bad Attitude (1985) dan Blind Before I Stop (1986) dengan hasil yang beragam. Tapi dia tetap terus melakukan tur.

Pada 1993 Meat Loaf  membalikkan keadaan dengan Bat Out of Hell II, sebuah hit hebat yang merupakan hasil dari rekanan yang diperbarui dengan Jim Steinman. Diawali dengan single terkenal “I’d Do Anything for Love (But I Won’t Do That),” album ini terjual lebih dari 15 juta buah.

Tur-tur dan album-album berikut menyusul, termasuk Bat Out of Hell III (2006). Selain itu, Meat Loaf kembali menunjukkan bakatnya sebagai aktor, dengan pemunculan di Wayne’s World (1992) dan Fight Club (1999).

Meat loaf sudah pulih secara utuh. Pada 2010 dia merekam album studio kesebelasnya, Hang Cool Teddy Bear, diikuti pada 2011 oleh Hell in a Handbasket. Berkolaborasi dengan Steinman sekali lagi, dia merilis albumnya Brave and Crazy pada September 2016.

Pada 2003 Meat Loaf menderita masalah kesehatan saat  dia pingsan diatas panggung di London. Para dokter kemudian mendiagnosanya dengan Wolff-Parkinson-White syndrome, yang menyebabkan detak jantung tidak beraturan.

Pada Juni 2016 Meat Loaf  pingsan lagi diatas panggung, kali ini selama sebuah konser di Edmonton, Canada. Menurut juru bicaranya, dia sudah pulih dan pingsan itu disebabkan oleh dehidrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...