Laman

Minggu, 04 September 2016

DOUG PINNICK




Dilahirkan pada 3 September 1950, di Braidwood, Illinois, AS dengan nama Douglas Theodore Pinnick, kadang-kadang ditulis dUg Pinncik atau secara singkat dUg.

Saat berusia 14 tahun, dia pindah ke Joliet, Illinois. Dia tumbuh di sebuah keluarga musikal. Dia dibesarkan oleh nenek buyutnya, seorang wanita religious, dan dekat dekat lingkungan Southern Baptist. Dia memiliki 17 saudara/saudari tiri, dari 3 orang ibu dan 2 orang ayah. Saat berada di sekolah, Doug berpartisipasi di sebuah kor dan bermain saksofon. Saat remaja, dia mendengarkan artis-artis R&B klasik dan Motown seperti Stevie Wonder, Little Richard, dan Aretha Franklin. Doug menjadi penyanyi saat di SMA, salah satunya bernama Stone Flower yang dia sebut sebagai “Chicago Transit Authority bertemu Sly & The Family Stone”. Saat bersekolah di Joliet Junior College pada 1969, Doug terinspirasi oleh band-band hard rock seperti Led Zeppelin dan Jimi Hendrix. Sekitar waktu ini, dia juga mulai mendengarkan apa yang menjadi pengaruh terbesarnya, Sly & The Familiy Stone. Impiannya adalah untuk membentuk sebuah band yang menggabungkan semua beragam pengaruh.

Setelah belajar di kampus selama sekitar enam bulan, Pinnick keluar dan bergabung dengan sebuah band gospel keliling bernama The Spurlows.

Pada suatu ketika pada awal 70an, Pinnick pindak ke komunitas Kristen di Florida. Disana, dia tetap terlibat dalam bisnis musik dengan mempromosikan sebuah pertunjukan kecil oleh band-band Christian rock. Dia kemudian mulai lelah dengan itu dan kembali ke Illinois.

Di pertengahan 70an, Pinnick membentuk sebuah band bernama Servant dengan kibordis Matt Spransy. Mereka digambarkan sebagai jenis band rock progresif, art rock bersama nama-nama seperti Yes dan Emerson, Lake & Palmer. Band bermain di seluruh wilayah Midwest dan membuat sebuah demo dari lagu-lagu asli. Secara kebetulan, ada sebuah band dari Canada yang juga bernama Servant yang sudah mendapatkan kontrak rekaman. Spransy bergabung dengan band lain di akhir 70an, dan merekam sebuah lagu untuk album 1981, Rockin’ Revival yang dia dan Pinnick sudah tulis bersama berjudul “I’m Gonna Live”. Pinnick juga menjadi bagian Alpha juga Doug Pinnick Band miliknya setelah Spransy bergabung dengan Servant asal Canada.

Pada 1979, Pinnick diundang  untuk masuk sebuah band yang dibentuk di Springfield, MO. dengan penyanyi Greg X. Volz dari band Petra. Dia menerima tawaran itu dan pindah lagi, hany untuk mendapati band dibubarkan dalam waktu satu bulan sejak kedatangannya. Dia kemudian diberi tawaran di band tur milik Phil Keaggy, bersama dengan drummer dari proyek yang gagal milik Volz, Jerry Gaskill. Pinnick memiliki sebuah kredit penulisan lagu bersama pada lagu “Just a Moment Away” dari album 1980 milik Keaggy, Ph’lip Side. Pinnick melakukan tur dengan Keaggy selama sekitar satu tahun sebelum kembali ke Springfield dan mulai mencari sebuah proyek musik baru.


Pinnick segera terlibat dengan gitaris Ty Tabor setelah melihatnya memainkan sebuah konser di Evangel College di Springfield. Jerry Gaskill kemudian disertakan dan band The Edge terlahir. Pada 1983, band merubah nama mereka menjadi Sneak Preview dan merilis sebuah LP self-title independen. Trio ini menjadi King’s X (dan pindah ke Houston, TX) beberapa tahun kemudian.

Sejak itu, Pinnick menjadi salah satu suara yang dihormati di musik rock oleh penggemar, kritikus, dan rekan sejawat. Dia sangat diinginkan oleh artis lainnya untuk pemunculan tamu dalam album, juga keanggotaan dalam beberapa band sampingan dan proyek rekaman.

Pada 1998, Pinnick menegaskan homoseksualnya, terungkap selama sebuah wawancara untuk Regeneration Quarterly. Diamante Music Group menunda distrinusi dari materi Kings X di toko pengecer musik Kristen setelah informasi ini menjadi diketahui oleh masyarakat umum. Di tahun berikutnya, Pinnick mengungkapkan bahwa dia kini menjadi seorang agnostic, berbeda dengan musik Kristen Kontemporernya di masa lalu.

Selain Kings X, Pinnick menjadi aktif dengan studio Hound Pound miliknya di Texas.


Proyek solo pertama milik Pinnick, Poundhound, merilis dua album, Massive Grooves dan Pineappleskunk, dengan rekan band King’s X Jerry Gaskill pada drum di beberapa lagu dari album pertama dan semua lagu di album kedua. Doug meninggalkan nama Poundhound untuk album solo ketiganya, Emotional Animal, malahan menulis dirinya sebagai “dUg Pinnick.” Album ini dirilis oleh Magna Carta Records, menampilkan putra Gaskill, Joey, pada drum. Dia merilis album solo keempatnya, Strum Sum Up pada Nopember 2007 melalui Magna Carta.


Pinnick juga anggota dari band panggung singkat Supershine, bersama dengan gitaris lama Trouble, Bruce Franklin dan drummer Trouble, Jeff Olson. Supershine merilis sebuah album self-title satu-satunya pada 2000 melalui Metal Blade Records. Dia menyanyikan vokal utama di album debut band oleh mantan gitaris Winger, Reb Beach, The Mob, dirilis pada 2005. Dia juga menjadi pengganti sementara untuk penyanyi utama Corey Glover di tur Eropa milik Living Colour pada Agustus 2006 saat Glover membintangi sebagai Judas Iscariot dalam sebuah tur Jesus Christ Superstar.


Penampilan vokal lainnya oleh Pinnick termasuk “Lines In the Sand” milik Dream Theater (vokal tamu di chorus) dari album Falling into Infinity, “Welcome to the Mchine” dari album An All Star Lineup Performing the Songs of Pink Floyd, “Parasite” di all-star stribue Kiss berjudul Spin the Bottle, juga “Taxman” di sebuah album penghormatan Beatles berjudul Butchering the Beatles.


Pinnick muncul di album liburan 2008 We Wish You A Metal Xmas…, sebuah album kompilasi yang menampilkan banyak musisi hard rock berkolaborasi di lagu-lagu Natal. Pinnick muncul di lagu “Little Drummer Boy”. Dia menampilkan vokal tamu di lagu Black Sugar Transmission “Runnin’ Like a Dog”, yang dirilis di EP milik band USE IT pada 2009. Dia juga tampil dengan rekan Kings X Ty Tabor, bersama dengan para mantan anggota Galactic Cowboys Wally Farkas dan Alan Doss, sebagai sebuah grup bernama The Jibbs. Mereka memiliki sebuah lagu, “Burns In The Rain”, tersedia via unduhan untuk membantu korban Hurricane Ike.


Dug menyanyikan semua vokal utama di rekaman debut milik Razr 13 (Austin, TX) “Reflections” dirilis pada 2009. Pegulat profesional, Vinnie Vineyard (Funkmaster V) menggunakan sebuah versi remix dari “Coming Over” milik Pinnick sebagai musik masuk ke arena. Hal Sparks menggunakan lagu dari CD Strum Sum Up milik Pinnick sebagai musik pengiring selama penampilan pertunjukan sulapnya di Celebracadabra di VH1 yang mengudara pada 2008.


Proyek sampingan Pinnick, Tres Mts., dengan Jeff Ament dari Pearl Jam dan Richard Stuverud dari Fastbacks, merilis album mereka, Three Mountains, melalui Monkeywrench Records pada 8 Maret 2011. Dia juga menyanyikan vokal latar di lagu milik Pearl Jam “W.M.A.” delama konser 3 April 1994 milik Pearl Jam, yang dibuka oleh King’s X.


Pada 12 Februari 2013, Magna Carta merilis Pinnick Gales Pridgen yang diproduseri oleh Mike Varney, menampilkan Eric Gales pada gitar dan vokal, Pinnick pada bass dan vokal, Thomas Pridgen (mantan The Mars Volta) pada drum. Album berisi 13 lagu ini menampilkan satu lagu cover, “Sunshine of Your Love”, aslinya oleh Cream, satu instrumental singkat berdasarkan “Fur Elise” milik Ludwig van Beethoven, dan lagu-lagu lainnya ditulis oleh kombinasi dari Pinnick, Gales, Pridgen dan Varney. Album tidak lanjut, berjudul PGP 2, dirilis pada 8 Juli 2014.


Pada 2013, Pinnick berkolaborasi dengan temannya Robbi Robb dari Tribe after Tribe untuk membentuk sebuah band berbasis Mojave, CA, 3rd Ear Experience. Mereka merilis dua album, Peacock Black dan Boi, Boi kemudian diedarkan melalui Megaforce Records, hanya dalam waktu satu bulan berselang. Album ketiga, Incredible Good Fortune, menyusul pada 2014 Pinnick tidak muncul di album itu.


Pada 11 Maret 2014, Doug menjadi salah satu anggota proyek sampingan superstar KXM, yang terdiri dari mantan gitaris Dokken George Lynch dan drumer Korn Ray Luzier, merilis album debut mereka melalui Rat Pak Records. Pada Mei 2014, proyek sampingan Doug, Grinder Blues dengan pemenang Grammy Bihlman Brothers teken kontrak dengan Megaforce Records dan merilis album debut mereka pada 19 Agustus 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...