Laman

Selasa, 27 September 2016

SHANNON HOON




Dilahirkan dengan nama lengkap Richard Shannon Hoon pada 26 September 1967 di Lafayette, Indiana, AS. Dia tumbuh di Dayton, Indiana dengan adik-adik tirinya, Ana dan Tim. Dia menggunakan nama tengahnya, Shannon, untuk menghindari kebingungan dengan ayahnya, yang juga bernama Richard. Di SMA, diabermain foorball, dan gulat. Pengaruh musical Shannon antara lain the Grateful Dead, The Beatles, John Lennon dan Bob Dylan. Setelah lilus dari McCutcheon High School di 1985, Hoon bergaung dengan sebuah band lokal bernama Styff Kytten, yang juga berisi gitaris Michael Kelsey. Dia berperan sebagai penyanyi utama untuk band itu. Di sekitar waktu inilah dia menulis algu pertamanya, dengan William Houston yang berjudul “Change”. Dia juga anggota dari band asal Lafayette Mank Rage, bersama dengan David Lank dan Darren Mickler.

Hoon meninggalkan Indiana menuju Los Angeles dimana dia bertemu dengan musisi Brad Smith dan Rogers Stevens di sebuah pesta. Smith dan Stevens melihat Hoon membawakan lagunya “Change” secara akustik dan mengundang Hoon untuk bermain dengan mereka. Christopher Thorn dan Glen Graham kemudian dibawa bergabung, dan kemudian kelima musisi itu memutuskan untuk membentuk Blin Melon. Nama band diambil dari istilah yang dipakai oleh ayah Smith untuk menggambarkan tetangganya yang pemadat; atau dari Blind Melon Chitlin, sebuah karakter dari album Cheech & Chong. Di 1991, mereka membuat sebuah demo berisi 4 buah lagu dan kemudian teken kontrak dengan Capitol Records senilai $500.000.

Di Los Angeles, Hoon berteman dengan teman SMA adiknya Anna, Axl Rose. Rose mengundang Hoon untuk bergabung dengannya di studio, dimana bandnya Guns N’ Roses sedang melakukan rekaman album mereka Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II. Hoon menyanyikan vocal latar pada beberapa trek, antara lain “The Garden” dan “Don’t Cry”. Rose juga mengundang Hoon untuk muncul di video “Don’t Cry”.


Pada 1992, Blind Melon merilis album debut self-title mereka yang diproduseri oleh produser Pearl Jam Rick Parashar. Blind Melon mulai melakukan tur untuk mempromosikan album itu, mendukung dan membuka untuk Ozzy Osbourne, Guns N’ Roses, dan Soundgarden selama 1992-1993. Di musim panas 1993, video untuk “No Rain” dirilis sebagai single. Video untuk “No Rain” berfokus pada tema “orang-orang “normal melawan orang terbuang penyendiri. Videonya menampilkan seorang gadis muda yang dimainkan oleh Heather DeLoach, dalam kostum lebah, melakukan tari tap untuk mendapatkan tanggapan khalayak, yang akhirnya menemukan sekumpulan orang yang berpakaian mirip menyambutnya. Video itu sering disebut sebagai ‘Bee Girl’. Blind Melon mendapatkan multi-platinum.

Hoon dan Blind Melon melakukan tur selama 2 tahun. Di 1993, Hoon ditangkap untuk insiden yang terjadi setelah dia mengencingi seorang penggemar pada sebuah show di Vancouver. Setelah melakukan hiatus dari tur, Blind Melon kemabli ke studio untuk merekam album Soup di New Orleans. Soup dirilis di 1995.

Pada Juli 1995, Hoon dan pacarnya, Lisa Crouse, mendapatkan seorang putrid bernama Nico Blue. Sebelum kelahiran putrinya, Hoon masuk rehabilitasi lagi. Di Agustus, Blind Melon berencana untuk melakukan tur untuk mendukung album mereka Soup, maka Hoon membawa seorang penasehat obat-obatan untuk menemaninay di jalan. Penasehat itu, tidak bisa mencegah Hoon dari kecanduan, yang pergi sebelum kematian Hoon.

Setelah sebuah penampilan yang mengecewakan di Houston pada 20 Oktober 1995, Hoon menceburkan dirinya ke pesta obat-obatan semalam suntuk. Hari berikutnya, Blind Melon dijdwalkan untuk manggung di New Orleans di Tipitina’s. Penata suara band, Lyle Eaves, pergi tur dengan bus untuk membangunkan Hoon untuk tes suara tapi tidak bisa membangunkannya lagi. Sebuah ambulance tiba, dan Hoon diumumkan meninggal di tempat, pada usia 28 tahun. Sebab kematian disebabkan oleh kelebihan dosis kokain.


Hoon dikuburkan di Dayton, Indiana. Kuburannya ditulis dengan kalimat dari lagu Blind Melon “Change,” lagu pertama yang dia tulis: “ I know we can’t all stay here forever So I want to write my words on the face of today and they’ll paint it  “.

Pada12 Desember 1996, Blind Melon merilis album final mereka yang menampilkan Hoon, Nico, sebagai penghormatan untuknya dengan semua pemasukan yang diperoleh untuk putrinya dan untuk program membantu para musisi yang berhubungan dengan masalah obat-obatan. Band juga merilis sebuh video berjudul Letters From A Porcupine yang dinominasikan untuk ‘Best Long Form Music Video’ di Grammy Awards pada 25 Februari 1998.

Pada 17 September 2008, buku A Devil on One Shoulder and an Angel on the Other: The Story of Shannon Hoon and Blind Melon oleh Greg Prato dipublikasikan. Di 2003, Pearl Jam merilis sebuah lagu yang direkam di 1993 berjudul “Bee Girl,” ditulis oleh vokalis Eddie Vedder tentang gadis di video “No Rain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...