Laman

Kamis, 15 September 2016

STEVE GAINES




Dilahrikan pada 14 September 1949 di Seneca, Missouri, AS dengan nama Steven Earl Gaines. Dia terkenal sebagai seorang gitaris dan penulis lagu untuk band southern rock Lynyrd Skynyrd, dan adik dari Cassie Gaines, yang merupakan vokalis latar untuk band saat manggung.

Dia tumbuh di Miami, Oklahoma. Saat berusia 15 tahun, dia melihat The Beatles manggung di Kansas City. Setelah pulang ke rumah dari konser itu, dia meminta pada ayahnya untuk membelikannya gitar pertamanya. Bandnya, Manalive, melakukan rekaman di Sun Records Studio di Memphis yang terkenal di Memphis, Tennessee. Pada 1970an Steve bermain dengan band Rio Smokehouse, Detriot dengan Rusty Day (sebuah band sampingan The Detroit Wheels) dan Crawdad (sebuah band yang dimulai Steve sekitar 1974). Pada 1975, dia merekam beberapa lagu dengan Crawdad di Capricorn studios di Macon, Georgia yang dirilis oleh MCA pada 1988 dengan judul One in the Sun (saat Lynyrd Skynyrd mulai melakukan tur) dan terdaftar sebagai album solo resmi satu-satunya miliknya. Steve memiliki dua album lain, yang diketahui sebagai CD yang sangat langka dari janda Steve, Teresa: I Know a Little (sebuah koleksi dari rekaman live dengan Crawdad juga Manalive) dan Okie Special (sebuah koleksi dari rekaman live dengan Crawdad juga Detroit). Hanya 100 buah dari kedua CD itu yang dibuat.


Pada Desember 1975, kakak perempuan Steve, Cassie, menjadi anggota dari penyanyi latar wanita Lynyrd Skynyrd, The Honkettes. Selama waktu ini, band tengah mencari seorang gitaris untuk menggantikan Ed King, yang meninggalkan band di pertengahan 1975. Cassie merekomendasikan adiknya, dan setelah penolakan awal, band memperbolehkan Steve untuk ikut dengan mereka di panggung untuk sebuah pertunjukan di Hoch Auditorium (University of Kansas) di Lawrence, Kansas pada 11 Mei 1976. Walaupun band sendiri tidak bisa mendengar permainan Steve diatas panggung, penata suara Kevin Elson yang mendengarkan melalui sebuah headphone dan mengatakan pada band bahwa Steve adalah seorang pemain hebat. Mereka bermain dengan Steve secara tidak resmi dua kali lagi, kemudian mengundangnya masuk ke band bertepatan untuk perekaman album live milik Skynyrd, One More from the Road. Yang pertama dari tiga pertunjukan yang direkam untuk album adalah pertunjukan ketiga Gaines dengan band. Ed King dan Steve Gaines sama-sama kelahiran 14 September 1949.

Keterampilan gitar dan penulisan lagunya adalah anuherah besar untuk band, seperti yang dibuktikan di album studio satu-satunya, Street Survivors pada 1977. Secara umum dan secara pribadi, Ronnie Van zant memuji keterampilan vokal dan alat musik dari anggota terbaru Skynyrd, mengklaim bahwa band akan "all be in his shadow one day". Kontribusi Steve termasuk vokal utama bersamanya dengan Ronnie pada lagu yang ditulis bersama "You Got That Right" (sebuah single hit hebat yang dirilis setelah kecelakaan pesawat) dan gaya gitar boogie "I Know a Little" yang dia tulis sebelum dia masuk Lynyrd Skynyrd. Maka yang menjadi percaya diri adalah pimpinan Skynyrd dari kemampuan Steve bahwa album (dan beberapa konser) yang menampilkan Steve yang mempersembahkan lagu blues yang ditulis sendiri "Ain't No Good Life"- satu dari sedikit lagu di katalog sebelum kecelakaan pesawat yang menampilkan vokal utama selaian Ronnie Van Zant.

Pada 20 Oktober 1977, 3 hari setelah album Street Survivors dirilis (dan 5 buah jadwal untuk tur tersukses bagi band), sebuah pesawat yang membawa band antara show dari Greenville, South Carolina ke baton Rouge, Louisiana, jatuh diluar Gillsburg, Mississippi. Pesawat mendarat di daerah rawa dan menabrak pohon. Gaines tewas karena trauma yang menimpa kepala; saat itu dia berusia 28 tahun dan tewas seketika. Bencana itu juga menewaskan Ronnie Van Zant, kakak Steve, Cassie Gaines, asisten manajer tur Dean Kilpatrick, pilot Walter McCreary dan co-pilot William Gray.

Steve Gaines dikremasi dan dikubur di Orange Park, Florida di 1977, tapi dipindahkan ke sebuah lokasi rahasia setelah ada yang membongkar kuburannya dan rekan sebandnya Ronnie Van Zant pada 29 Juni 2000. Tempat pemakaman menjadi kenangan untuk dikunjungi bagi para penggemar.

Dia adalah subyek dari lagu 2001 "Casie's Brother" oleh band rock Drive-By Truckers.

Kurang dari dua tahun setelah kecelakaan pesawaat, ibu Gaines, Cassie LaRue Gaines, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil dekat makam dimana Steve dan Cassie dimakamkam. Dia dimakamkan dekat dengan anak-anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...