Laman

Senin, 26 September 2016

RON "BUMBLEFOOT" THAL


Dilahirkan dengan nama Ronald Jay Blumenthal pada 25 September 1969 di Brooklyn, New York, AS lebih dikenal dengan nama panggungnya Ron "Bumblefoot" Thal , adalah seorang gitaris, penulis lagu, artis rekaman dan produser Amerika. Dia mengadopsi nama panggilannya dari infeksi bakteri dengan nama yang sama, yang dia pelajari sambil membantu istrinya belajar untuk ujian kedokteran hewannya. Namanya berubah dari hanya nama album, menjadi nama label rekaman, menjadi nama band, hingga akhirnya namanya sebagai artis solo. Ia adalah salah satu dari dua gitaris utama di Guns N' Roses sejak 2006 hingga 2014 dan tampil di album keenam mereka, Chinese Democracy.

Sejak awal 90-an, ia telah merilis 10 CD dan DVD live. Dia telah tampil sebagai bintang tamu di album lain dan di banyak kompilasi CD. Ia telah tampil di sampul dari majalah GitarPlus di Indonesia dan telah ditampilkan di beberapa majalah gitar asing, serta subjek dari banyak wawancara media cetak, radio dan web. Selama dua puluh tahun terakhir, ia juga bekerja dengan banyak band dan seniman sebagai produser, engineer, penulis, aranjer, dan pemain. Dia juga menulis jingle TV, lagu tema, dan musik latar belakang.

Dibesarkan secara Yahudi, Thal dibesarkan di Brooklyn dan kemudian Staten Island, di lingkungan Bay Terrace. Thal terinspirasi oleh Kiss dan album mereka Alive! pada usia enam tahun, Thal mengklaim bahwa tujuan musiknya yang paling awal adalah untuk bisa bermain "seperti Gene Simmons jika seseorang memutuskan untuk melakukan versi Kiss dari Beatlemania". Pada saat tangannya terlalu kecil untuk bermain bass, jadi dia fokus pada gitar, sementara saudaranya, Jeff, bermain drum sebagai gantinya. Thal menyatakan bahwa dia menemukan rekaman multi-track dengan menggunakan beberapa perekam kaset pada usia enam tahun.

Pada saat Thal berusia tiga belas tahun, ia sedang memainkan lagu-lagu cover di klub, kemudian fokus pada menciptakan bahan asli di 8-track rumahnya. Pada usia enam belas tahun, Thal telah memulai teknik dan memproduksi musik. Ketika ia berusia delapan belas tahun, Thal memenangkan penghargaan pertamanya, memenangkan sebuah Sam Ash Guitar Solo Contest setelah memainkan sebuah solo spontan. Ia bermain di sebuah band yang berbasis di New York bernama 'Legend' pada akhir 1980-an. Thal juga bermain di sebuah band cover bernama Leonard Nimoy yang memainkan lagu-lagu oleh Guns N' Roses, AC/DC, KISS, dan Aerosmith.

Pada tahun 1989, Thal menyerahkan demo tape kepada Mike Varney dari Shrapnel Records, yang menyebabkan Varney menampilkan Thal di kolom Spotlight New Talent dalam edisi Agustus 1989 dari Guitar Player Magazine. Setelah mendengar demo, Varney berkomentar "demo tape [Thal] adalah salah satu yang paling mengesankan yang pernah saya terima. Ini berisi unsur-unsur klasik, blues, dan jazz, dan kadang-kadang mengingatkan saya pada Frank Zappa. Transkripsi-nya adalah paling mengesankan dan mendetail, jadi penggemar transkripsi yang panas mungkin tertarik melihat mahakarya musik ini di atas kertas. Dengan melodi yang cerdik, alur kontrapuntal, ritme yang rumit, dan bagian ensembel ultra-kompleks, musikalitas Ron pasti akan membuatnya mendapatkan banyak pujian." Pada tahun 1993, Guitar Network Magazine menggambarkan Thal bermain sebagai "Ridiculous ... in a good way".

Thal akhirnya menandatangani kontrak dengan Shrapnel Records, dan album debutnya The Adventures of Bumblefoot dirilis pada tahun 1995. Thal merilis Hermit di Shrapnel pada Januari 1997, album terakhirnya pada label. Pada akhir 1997, Thal memulai sebuah perusahaan produksi bernama "Hermit, Inc.", kemudian sepenuhnya mengadopsi nama band Bumblefoot sambil merilis Hands pada Maret 1998. Bumblefoot adalah band yang menampilkan Thal dan saudaranya Jeff Thal, di antara musisi lainnya. Bumblefoot merilis versi awal dari album Uncool secara eksklusif di Perancis, tur di negara itu pada bulan Maret dan April 2001. Dia kemudian mulai mengerjakan album berikutnya Guitars Suck, tetapi setelah serangan 11 September, Thal memutuskan untuk memberi ulang judul album menjadi 9.11 dan merubah album menjadi CD penggalangan dana nirlaba, dengan semua hasil masuk ke American Red Cross. Pada akhir tahun 2001, di tengah kesulitan menjaga lineup tetap, Thal membubarkan Bumblefoot dan mengadopsinya sebagai nama panggung solo. Dia bekerja untuk menyelesaikan Uncool, yang dirilis pada Februari 2002. Thal melakukan tur Eropa sebagai sebuah aksi solo pada tahun 2002, menggunakan anggota dari band-band yang tur bersamanya, termasuk Sun Caged dan Plug-In. Drummer Sun Caged Dennis Leeflang kemudian berteman dengan Thal dan bekerja secara ekstensif dengannya dalam karir solonya. Thal merilis sebuah kompilasi dari lagu yang tidak selesai atau secara resmi dirilis pada April 2003, Forgotten Anthology. Thal merilis Normal pada tahun 2005. Thal menyatakan tentang album ini "album yang membawa Anda ke dunia musisi gila yang menjalani pengobatan dan mengalami bagaimana rasanya menjadi 'normal' untuk pertama kalinya. Satu-satunya masalah adalah bahwa obat membungkam kemampuannya untuk membuat musik. Akhirnya dia harus memilih kehidupan yang dia inginkan. Lagu-lagu di Normal mengikuti perjalanan kehidupan nyata, membuat Anda merenung, "Apa yang 'normal', sih?".

Pada tahun 2006, lagu Thal "Breaking", dari album Normal, disumbangkan untuk proyek album Artists for Charity - Guitarists 4 the Kids, sebuah badan amal yang membantu World Vision Canada dalam membantu anak-anak yang kurang mampu yang membutuhkan.

Pada tahun 2007, setelah 14 bulan rekaman dan tur dengan Guns N' Roses, Thal mulai merekam Abnormal, yang dirilis pada bulan Juli 2008. Selama waktu ini, Thal juga merekam dan mencampur audio pertunjukan langsung di acara TV Talking Metal On Fuse. Thal membawakan cover dari "Running Wild" oleh Judas Priest bersama dengan Frank Ferrer pada episode pilot. Dia juga tampil di episode terakhir dari acara, mendampingi Zakk Wylde dalam lagu asli "Til the End", ditulis langsung di acara itu. Pada Desember 2008 Thal merilis Barefoot - The Acoustic EP, yang terdiri dari versi akustik dari album-album sebelumnya.

Lagu Thal "Firebrand" digunakan sebagai lagu pembuka untuk acara TV MXC (Most Extreme Elimination Challenge), adaptasi Amerika dari Takeshi's Castle. Dia juga ikut menulis dan membawakan lagu tema untuk VH1 Classic's That Metal Show, mengedit lagunya "Day To Remember" di album Anthology Forgotten- nya. Thal telah melisensikan beberapa rekamannya ke acara televisi di MTV dan VH1 seperti Hogan Knows Best, The Real World, Made, The Osbournes, dan lain-lain. Thal juga menulis dan merekam musik untuk promo New York Islanders Hockey Team musim 2008–2009.

Pada bulan Februari 2009, Thal memproduksi sebuah CD kompilasi gitar metal instrumental semua yang berjudul Guitars That Ate My Brain. Ia mengawasi penulisan, perekaman dan mixing untuk setengah album (ikut menulis, engineer dan mixing serta gitar dan bass yang dimainkan oleh Jeremy Krull, drum oleh Dennis Leeflang), berkontribusi permainannya untuk lagu "Disengaged" dan membuat master album. Artis lain di album ini meliputi Devin Townsend, Chris Poland, Shane Gibson, Dave Martone, Paul Wagoner, dan James Murphy.

Pada Juni 2009, Thal melakukan tur ke AS dan Eropa bermain gitar untuk Lita Ford untuk 14 pertunjukan.

Album debut Thal tahun 1995, The Adventures of Bumblefoot, setelah tidak dicetak selama bertahun-tahun, dirilis ulang pada bulan Agustus 2010 sebagai CD Edisi Ulang Tahun 15 Tahun. Thal menulis buku transkripsi sepanjang 200 halaman dari rekaman ini. Pada bulan Oktober 2010, Thal mengambil waktu ketika melakukan tur dengan Guns N' Roses untuk memberikan saran dan tampil dengan siswa dari The Witchwood School Of Rock di Witney, Inggris bersama dengan drummer Guns N' Roses, Frank Ferrer. Selama acara, mereka memainkan beberapa lagu Guns N' Roses klasik, meliputi "Paradise City" dan "Sweet Child O' Mine" dengan anggota dari band penghormatan Guns 2 Roses. Pada tanggal 3 Desember 2010, Thal membuat penampilan di Sydney sebagai gitaris tamu dengan band heavy metal Fozzy.

Lagu-lagunya "Guitars Suck", "Real", "Turn Around", dan "Dash" tersedia pada tahun 2012 sebagai konten tambahan yang dapat diunduh untuk videogame Rock Band 3 melalui Rock Band Network yang digerakkan masyarakat. Ia juga menulis untuk video game Sega CD berjudul "Wild Woody".

Dari Januari 2011 hingga Desember 2011, Thal merilis serangkaian single yang tersedia sebagai unduhan digital, lima cover dan empat lagu asli. Single pertama milik Thal adalah sebuah cover dari hit Motown 1967 "Bernadette" oleh The Four Tops. Single berikutnya adalah cover lain, kali ini "Strawberry Fields Forever" dari The Beatles. Thal merilis single ketiganya, sebuah lagu asli yang berjudul "Invisible" pada Maret 2011. Thal mengklaim bahwa ia menulis musik lagu tersebut pada pertengahan 1990-an, dan selesai menambahkan lirik pada tahun 2010. Pada bulan April 2011, Thal merilis cover dari "Goodbye Yellow Brick Road" milik Elton John. Thal merilis lagu asli lain pada Mei 2011 berjudul "Father", sebuah lagu yang didedikasikan untuk ayahnya yang menderita penyakit Alzheimer.

Thal merilis single keenamnya, sebuah lagu asli berjudul "Cat Fight", pada bulan Juni 2011 menampilkan Mark Tornillo dari band Accept pada vokal. Pada bulan Juli 2011, Thal merilis cover dari lagu Herman’s Hermits "There a Kind Hush", single ketujuhnya yang dirilis pada tahun 2011. Pada bulan September 2011, Thal merilis single kedelapan, sebuah lagu asli "Let Your Voice Be Heard ". Pada bulan Desember 2011, Thal merilis single kesembilan dan terakhir dalam seri, sebuah cover dari "The Pink Panther Theme" oleh Henry Mancini.

Pada 3 Oktober 2012, Thal tampil sebagai seorang tamu istimewa di konser untuk band rock asal Dubai, Point of View di Hard Rock Cafe Dubai. Pada Desember 2013, Thal berkolaborasi dengan situs pendidikan online JamPlay.com untuk mengumpulkan serangkaian pelajaran bagi para gitaris yang bercita-cita tinggi.

Album solo terbaru milik Thal Little Brother Is Watching dirilis pada 24 Februari 2015. Single pertama, "Little Brother Is Watching" memulai debutnya di Yahoo! c pada 28 Januari 2015. Album ini dikomposisikan, diproduseri, direkam, dicampur dan master sepenuhnya oleh Bumblefoot sendiri di studio di rumahnya, dan menampilkan Dennis Leeflang pada drum.

Thal memproduseri album mendatang oleh DMC Generation Kill, sebuah supergrup yang terdiri dari Darryl "D.M.C." McDaniels & anggota dari band Generation Kill.

Thal telah berakting di & membuat soundtrack untuk beberapa film horor independen. Dia memerankan Thunder di The Meat Puppet pada tahun 2012, juga berkontribusi pada soundtrack. Pada tahun 2013, Thal memerankan Mitch Casell di Gravedigger, serta mengerjakan soundtrack. Thal mengerjakan soundtrack dan memerankan Jack Hayes dalam film Clean Cut yang dirilis pada 2016. 
 

Pada tahun 2004, setelah rekomendasi oleh gitar virtuoso Joe Satriani, Thal mulai berbicara dengan keyboardist Guns N' Roses Chris Pitman dan mengirimkan rekaman musiknya. Segera setelah itu, Thal mengklaim di situs webnya dia telah diminta untuk bergabung dengan band tetapi kemudian menambahkan "itu tidak pasti terjadi, kami hanya merasakannya". Sebagai tanggapan, Guns N' Roses merilis pernyataan yang mengatakan "Untuk mengerjakan rekeman langsung, tidak ada yang diundang untuk bergabung dengan band". Dalam Wawancara 2015, Thal mengklaim dia awalnya menolak bergabung dengan band pada tahun 2004, mengutip komitmen untuk mengajar paruh waktu dan pekerjaan solonya.

Setelah pertemuan pertama band dan bermain dengan mereka pada tahun 2006, Thal resmi bergabung, mengisi posisi yang dikosongkan oleh gitaris Buckethead. Thal membuat debutnya langsung dengan band di Ballroom Hammerstein di New York City pada 12 Mei 2006 dan dia juga tampil di album studio keenam studio milik band, Chinese Democracy, yang dirilis pada tahun 2008. Thal muncul di rilisan video Guns N' Roses, Appetite for Democracy 3D, termasuk tempat solo dari lagunya "Objectify" dari Abnormal. Thal telah membawakan lagu solo seperti "Objectify," "Abnormal," "Glad to Be Here," dan cover dari The Pink Panther Theme selama konser Guns N' Roses.

Pada bulan November 2008, Thal menjadi tuan rumah pesta mendengarkan resmi untuk album Chinese Democracy yang baru saja dirilis di New York City. Pada Desember 2009, Thal memulai tur dengan Guns N' Roses di Chinese Democracy World Tour. Thal juga muncul di tur selanjutnya Up Close and Personal Tour dan Appetite for Democracy.

Dalam sebuah wawancara 2013, Thal menyebutkan bahwa ketika dia pertama kali bergabung dengan band, dia tidak disambut oleh anggota lain yang tidak menginginkan gitaris ketiga di band. Dia mengklaim bahwa dia harus "sedikit kejam" untuk mendapatkan respek anggota lain. Thal kemudian mengklarifikasi pada bulan-bulan pertamanya di band, menyatakan dalam wawancara 2015 "itu bukan sambutan terhangat. Saya harus mendapatkan itu. Saya pikir itu hanya lebih dari situasi seperti anggota keluarga baru dibawa pulang tanpa persetujuan saudara kandung lainnya." Pada akhir 2014, Thal mengumumkan bahwa dia 'fokus pada karir solonya'. Dalam sebuah wawancara yang mempromosikan album solonya, ketika ditanya tentang Guns N' Roses, dia mengatakan dia "menghindari seluruh subjek [saat ini]". Pada Februari 2015, Thal menyatakan bahwa dia "menghormati permintaan untuk tidak membuat pernyataan publik" tentang statusnya dengan Guns N' Roses. hal menjelaskan lebih lanjut dengan, "Biarkan orang tahu saya tidak dipaksa ... Ini pada saya, saya sudah mencoba untuk menyenangkan kedua belah pihak pada saat yang sama yang memiliki pendekatan yang berbeda terhadap segalanya, dan semua orang kehilangan sedikit dalam proses - itu pada saya, bukan mereka [manajemen Guns N' Roses]." 
 

Pada 31 Juli 2015, wartawan Gary Graff melaporkan bahwa 'sumber yang dikonfirmasi dalam band' mengatakan kepadanya bahwa Thal tidak lagi di Guns N' Roses dan pergi setelah tur tahun 2014, meskipun tidak ada pengumuman resmi dari Thal atau band tersebut yang dibuat saat itu. Thal membahas meninggalkan band untuk pertama kalinya dalam wawancara Juli 2016, menyatakan "Yang bisa saya katakan adalah Anda mencapai saatnya ketika Anda benar-benar tahu saatnya untuk melanjutkan". 
 

Pada tahun 2011, Thal membentuk band dengan John Moyer dari Disturbed, Jon Votta & Vince Votta bernama Art of Anarchy. Band ini secara resmi terungkap pada bulan Januari 2015 dengan rencana album untuk Musim Semi 2015. Scott Weiland menyediakan vokal untuk album debutnya, tetapi kemudian menjauhkan dirinya dari proyek, menyatakan dia 'tidak pernah di band'. Weiland mengklaim "Saya [hanya] bernyanyi di atas trek stereo ini dan kemudian mengirim [mereka] kembali." Mantan penyanyi Creed Scott Stapp bergabung dengan band sebagai penyanyi utama pada tahun 2016. Album studio kedua, berjudul The Madness dirilis pada 24 Maret 2017. 
 

Pada bulan Agustus 2017, ia bergabung dengan supergrup metal progresif bernama Sons of Apollo dengan bassis Billy Sheehan, keyboardist Derek Sherinian, vokalis Jeff Scott Soto dan drummer Mike Portnoy. Sampai saat ini, mereka telah merilis satu album, berjudul Psychotic Symphony.

Thal adalah orang Yahudi. Thal menikahi istrinya, seorang dokter hewan bernama Jennifer, pada 4 Mei 1996. Ayah Thal, yang menderita penyakit Alzheimer, meninggal pada 3 Desember 2013.

Thal terlibat dengan banyak badan amal, termasuk berada di dewan direksi dari MS Research Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mengumpulkan uang untuk riset Multiple Sclerosis. Thal juga bekerja sama dengan CaJohns Fiery Foods untuk merilis merek saus pedas, dengan hasil yang diberikan ke organisasi kesehatan wanita. Badan amal lain yang melibatkan Thal antara lain Wildlife Trust of India dan Operation Smile.

Pada tahun 1993, untuk menambah penghasilannya, Thal mengajarkan fotografi dan musik paruh waktu di sekolah. Pada tahun 2002, Thal adalah asisten profesor paruh waktu di SUNY Purchase College, mengajar produksi musik sampai tahun 2004.

Pada tahun 2005, Thal mulai bekerja setelah dia menyadari kesehatannya memburuk karena terlalu banyak bekerja, kehilangan 80 pound. Pada Juni 2011, Thal terlibat dalam kecelakaan mobil yang menghancurkan mobilnya. Thal mengalami luka parah, menyatakan dalam wawancara tahun 2012 "Saya mengalamai kerusakan otak selama sekitar satu bulan, saya tidak bisa berbicara dengan benar, saya tidak bisa mengangkat tangan saya. Saya pergi ke terapi fisik" dan bahwa "Saya belum pulih, dan saya mungkin tidak akan pernah." Dalam rasa sakit yang konstan dari luka-lukanya, Thal harus menggabungkan obat bebas dan pembunuh rasa sakit dengan alkohol dan steroid untuk melakukan tur. Pada akhir 2011, Thal memilih untuk tur daripada mengambil cuti untuk menyembuhkan agar "tetap menghidupkan Guns N' Roses", kemudian menyatakan keputusan itu mengakibatkan dia mengalami kerusakan saraf di kedua lengan di samping rasa sakit kronis 'untuk sisa [nya] hidup'. Dalam sebuah wawancara tahun 2013, Thal menyebutkan upaya bunuh diri dengan meminum sebanyak-banyaknya sampai mati saat tur pada tahun 2011, menyatakan "ketika Anda menyiksa diri sendiri selama satu tahun - mengeluarkan berita tentang stres traumatis adalah hal yang nyata, dan telah benar-benar terpisahkan dan menjadi sangat ceroboh dan merusak - melewati itu adalah waktu yang sangat sulit ". Thal mengubah dietnya untuk mengatasi rasa sakit kronis, menyatakan "Makanan melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh obat. Dan saya menyadari bahwa makanan adalah obat terbaik. Ketika Anda makan hal yang tepat untuk tubuh Anda, itu akan membuat lebih banyak perbedaan daripada apa pun yang pernah dilakukan obat."

Thal mengungkapkan pada akhir 2014 bahwa ia memiliki tumor kanker yang ditemukan dan dibuang melalui pembedahan pada Januari 2014.

Thal mencantumkan artis musik favoritnya seperti Kiss, The Beatles, Queen, Led Zeppelin, Stevie Wonder, Four Tops, Engelbert Humperdinck, Nirvana, Tom Jones, Frédéric Chopin, Pyotr Ilyich Tchaikovsky, Iron Maiden, Busta Rhymes, Thank You Scientist & Tom Jobim, bersama dengan genre musik Lounge. Thal juga mencatat Bowie, Iron Maiden, Stevie Wonder, Guns N' Roses, George Harrison dan Manowar sebagai pengaruh pada materi solonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...