Laman

Minggu, 25 September 2016

SHAWN CRAHAN "#6," "Clown"




Dilahirkan dengan nama Michael Shawn Crahan pada 24 September 1969 di Des Moines, Iowa, AS, yang lebih dikenal dengan nama panggung “Clown”. Dia terkenal sebagai salah satu perkusionis dan pendiri dari band metal pemenang Grammy Slipknot. Saat tampil dengan Slipknot, dia juga dikenal dengan nomor 6. Crahan adalah satu-satunya anggota pendiri Slipknot yang tersisa.

Pada Usia 46 tahun, Crahan adalah anggota tertua dari Slipknot, dan mempunyai tanggung jawab besar bagi kesuksesan band dengan keterlibatannya yang ekstensif si produksi media bagi Slipknot. Diluar Slipknot, Crahan mempunyai 2 band proyek sampingan bernama To My Surprise dan Dirty Little Rabbits, yang keduanya telah bubar.


Band pertama Crahan adalah “Modifidius”, yang juga berisi mantan anggota Slipknot Joey Jordison. Dia juga pernah tampil dengan band-band seperti Heads on the Wall dan One Cup of Fat sebelum membentuk The Pale Ones, yang kemudian terkenal dengan nama Slipknot. Crahan menikah dengan istrinya Chantel pada Juni 1992, di Des Moines, Iowa. Kini mereka mempunyai orang anak; Alexandria, Gage, gabrielle, dan Simon. Crahan juga seorang filmografer dan fotografer, telah mem[ublikasikan album foto Slipknot “The Apocalyptic Nightmare” pada 2012. Pada 2012, dia juga membuat debut akting di filem “The Devil’s Carnival”. Dia adalah seorang perokok dan selalu melanggar aturan dan merokok di dalam gedung pertunjukan dengan anggota lain dari Slipknot. Dia juga seorang kolektor kartu baseball.


Pada Juli 2013 Crahan membuat debut penyutradaraannya dengan sebuah novel grafis Officer Downe, ditulis oleh Joe Casey dan Chris Burnham. Casey menulis naskah dan Skip Williamson dan Mark Neveldine menjadi produser film. Crahan juga menyutradarai video musik untuk lagu A-M-E-R-I-C-A, oleh Motionless In White dan We Are oleh Hollywood Undead.


Pada 1993, Crahan membentuk sebuah band metal yang dikenal sebagai “The Pale Ones” dengan sesama musisi Paul Gray, yang terdiri dari dirinya sebagai drummer band. Ingin mengembangkan seksi perkusi dari band, Crahan membawa Joey Jordison untuk berperan sebagai drummer sedangkan Crahan berfokus pada perkusi custom, memberikan band suara yang berbeda. Pada 1996, mereka merilis sebuah lagu yang dikenal sebagai Slipknot, dan melalui saran Jordison, band merubah nama mereka menjadi Slipknot dan merilis album resmi pertama mereka. Album ini kemudian dikenal untuk band sebagai demo mereka. Crahan merasa bahwa vokalis asli untuk Slipknot terlalu menggeram, dan adalah alasan utama untuk ketidakmampuan Slipknot untuk mendapatkan kesepakatan rekaman. dia membawa Corey Taylor dari band lokal lainnya bernama Stone Sour, yang memiliki vokal lebih melodik. Dalam sebuah wawancara 2012 dengan Loudwire, Crahan menjelaskan bagaiman nomor untuk band diberlakukan. Saat nomor diberlakukan untuk setiap anggota band, Crahan berkeras bahwa dia tidak akan mentoleransi nomor lain selain enam. Jika seseorag ingin berkelahi dengan dia, dia akan melawannya sampai mati, tapi tidak seorangpun menginginkannya. Dengan demikian, dia juga dikenal sebagai (#6). Namun, tiga tahun kemudian dalam wawancara Loudwire lainnya, dia mengklaim bahwa pernyataan ini adalah salah. Slipknot mendapatkan kontrak rekaman dua tahun kemudian dan merilis album resmi pertama mereka pada 1999. Slipknot mendapatkan paparan besar pada tahun yang sama dengan melakukan tur dengan Ozzfest. Dalam tahun-tahun awal Slipknot, Crahan membawa beberapa kepala sapi mati keatas panggung.


Selain memberikan bakat perkusinya pada band, Crahan juga mengisi vokal latar pada sejumlah lagu Slipknot baik yang sudah direkam dan saat tampil langsung. Dia juga menulis draft asli dari “Tattered & Torn”, yang aslinya muncul di album pertama band, Mate.Feed.Kill.Repeat. yang menampilkan penyanyi asli Slipknot sebelum Corey Taylor dibawa masuk sebagai pengganti. Album ini dianggap sebagai demo oleh band, dan album self-title 1999 mereka kini dianggap sebagai album actual pertama mereka. Versi kedua dari Tattered & Torn dirilis di album self-title merekam dan adalah versi yang paling dikenal orang.

Diluar Slipknot, Crahan mendirikan Big Orange Clown Records, sebuah label cabang dalam Sanctuary Records, yang sejauh ini sudah mengontrak band metalcore Gizmachi. Dia juga bertindak sebagai sutradara, dan menyusun DVD 2005 milik Slipknot, Voliminal: Inside the Nine, saat band menjalani hiatus singkat.


Dia juga tampil dengan To My Surprise, merekam gitar dan vokal untuk album debut self-title milik band. Band mendapatkan sedikit perhatian karena album mereka dirilis bersamaan dengan kesuksesan dari proyek sampingan para anggota Slipknot Corey Taylor, James Root dan Joey Jordison, masing-masing Stone Sour dan Murderdolls. To My Surprise kemudian dicoret oleh Roadrunner Records. Pada 2007, Crahan mulai bertindak sebagai drummer untuk Dirty Little Rabbits. Band ini adalah band pendukung untuk Stone Sour selama tur Amerika Utara mereka di musim panas 2007, dan sudah merilis sebuah EP, berjudul Breeding. Mereka sudah teken kontrak dengan The End Records pada November 2008.


Pada 2009 dia berkontribusi pada album remix milik Bring Me the Horizon, Suicide Season: Cut Up!, dengan mencampur ulang lagu “Sleep With One Eye Open”. Juga pada 2009 Shawn menncampur ulang sebuah lagu Suicide Silence di EP Wake Up mereka berjudul “Wake Up (Clown of Slipknot Remix)”. Pada 2010, dia berkontribusi pada edisi mewah This War Is Ours milik Escape the Fate, dengan mencampur ulang lagu “This War Is Ours (The Guillotine Part II)” dan pada 2011 dia mencampur ulang “Angels of Clarity” untuk Dead by April di album kompilasi mereka “Stronger”. Crahan menegaskan formasi dari sebuah proyek sampingan baru bernama The Black Dots of Death yang merilis album studio debut mereka Ever Since We Were Children pada 28 Maret 2011. Dia adalah sutradara dari banyak video, DVD musik Slipknot dan proyek artis lainnya. Dia juga menyutradarai videoclip ‘We Are’ dari band Hollywood Undead.

Crahan secara umum memakai topeng bergaya badut saat tampil dengan Slipknot, namun pada suatu ketika, saat menampilkan lagu milik band “Vermilion”, semua anggota band malahan memakai topeng kamatian milik mereka.

Dia juga tampil sebagai “Tamer” dalam The Devil’s Carnival, sebuah film pendek yang disutradarai oleh Darren Lynn Bousman yang ditayangkan pada tur yang dimulai pada April 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...