Laman

Kamis, 15 September 2016

PAUL KOSSOFF




Dilahirkan dengan nama lengkap Paul Francis Kossoff pada 14 September 1950 di Hamstead, London, Inggris. Dia merupakan putra dari Margaret (Jenkins) dan aktor Inggris David Kosoff. Ayahnya adalaf keturunan Rusia-Yahudi. Paul mulai bermain gitar pada pertengahan 1960-an, diajar oleh gitaris sesi Colin Falconer, dan pada usia 15 tahun membantu membentuk band Black Cat Bones. Band ini bermain dengan pemain piano blues tur Champion Jack Dupree, banyak mendukung show untuk Fleetwood Mac dan pertunjukan lainnya dengan pendiri Fleetwood Mac, Peter Green. Paul bermain dan menghabiskan berjam-jam berdiskusi permainan dan para pemain blues. Teman seband Paul di Black Cat Bones adalah dramer Simon Kirke, dan keduanya bermain pada album Champion Jack Dupree rilisan 1968 When You Feel the Feeling You Was Feeling.

Pada April 1968 Paul dan Simon bergabung dengan Paul Rodgers (vokal) dan Andy Fraser (bass) untuk membentuk Free. Mereka bermain di daerah Transit selama 2 tahun dan merekam 2 album: Tons of Sobs (1968) dan Free (1969). Kedua album itu menunjukkan sound band yang terpengaruh blues dan soul, sebuah gaya yang kontras pada beberapa bagian musik mereka yang progressive dan lebih berat pada saat itu.

Sukses datang pada 1970 saat album ketiga mereka, Fire and Water (1970), menelurkan hit besar "All Right Now". Band ini bermain di Isle of Wight festival bagi penonton dan kritisi. Tur yang laris di UK, Eropa dan Jepang menyusul, tapi setelah perilisan album berikut, Highway (1970), band mulai diambang bubar. Album live, Free Live, direkam pada 1970, dirilis pada 1971 sebagai rekaman perpisahan. Saat Rodgers dan Fraser meniti proyek solo yang tidak sukses, Paul dan Simon bergabung dengan pemain kibord Texan John "Rabbit" Bundrick dan pemain bass asal Jepang Tetsu Yamauchi untuk merilis album Kossoff, Kirke, Tetsu and Rabbit pada 1971.

Free terbentuk lagi dan merilis album Free at Last (1972). Menyusul perilisan ini Fraser memutuskan untuk berhenti dan keluar untuk membentuk Sharks. Free menarik Tetsu dan Rabbit untuk album Heartbreaker (1973) setelah itu grup dibubarkan.

Rodgers dan Kirke membentuk Bad Company yang suskes sedanngkan Paul merilis sebuah album solo, Back Street Crawler (1973). Dia kemudian menemani John Martyn pada tur 1975 sebelum membentuk sebuah grup Back Street Crawler.

Back Street Crawler merilis 2 buah album: The Band Plays On di 1975 dan 2nd Street di 1976. Rekaman dari salah satu konser milik band di 1975 juga dirilis dengan judul Live at Craydon Fairfield Halls 15/6/75.

Saat Free mendukung Blind Faith di AS (1969), Eric Clapton sangat terkesan dan meminta Paul untuk mendemonstrasikan teknik vibratonya padanya. Permainan gitar Paul juga banyak diminta untuk kerja sesi dan dia berkontribusi solo pada beberapa album antara lain: Oh How We Danced (Jim Capaldi, 1972), Friends and Angels (Martha Velez, 1969), Mulgrave Street (Blondel, 1974), Old Hat (Uncle Dog, 1972), Gately's Cafe (Michael Gately, 1971) dan Bring It back Home (Mike Vernon, 1971).

Dia juga bermain pada 4 buah demo oleh Ken Hensley (yang kemudian dirilis pada album 1994 From Time to Time) dan 3 trek yang muncul di rilisan CD Live At Leeds milik John Martyn pada 1975.

Sebuah solo gitar yang tidak dirilis juga muncul pada 2006 pada trek album All One oleh David Elliot yang direkam dengan Paul Kossoff di 70-an.

Lagu "Seagull", dari album solo Jim Capaldi Short Cut Draw Blood, ditulis mengenai Paul Kossoff.

Sebuah album retrospective karir berisi 16 trek, Koss, diedarkan pada 1977.

Akhir 1990-an terjadi pembaruan untuk lagu-lagu Paul, dan album retrospective karir lainnya dirilis, 14 trek berjudul Blue Soul dirilis (sebenarnya sebuah rilisan vinyl ganda dari pertengahan 1980-an dengan nama sama), juga box set Free berisi 5 CD Songs of Yesterday, dan sebuah biografi Free berjudul Heavy Load: The Story of Free.

Ketidakbahagiaan Paul dengan akhir Free dan ketergantungannya dengan obat bius membawa penurunan drastis di kesehatan sang gitaris. Dalam sebuah penerbangan dari Los Angeles ke New York pada 19 Maret 1976, Paul tewas karena heroin dan juga masalah jantung. Sehari sebelumnya, dia melakukan jam session dengan pemain kibord Dennis Provisor. Dia dikremasi dan dimasukkan di Golders Green Crematorium. Batu nisannya tertulis "All Right Now".

Menyusul kematian Paul, ayahnya, aktor David Kossoff, mendirikan the Paul Kossoff Foundation yang membantu mengatasi ketergantungan obat bius bagi anak-anak. Ayah Paul menghabiskan sisa hidupnya mengkampanyekan anti obat bius, melakukan tur seorang diri tentang kematian Paul dan akibatnya pada keluarga.

Salah satu gitarnya, Fender Stratocaster 1957, setelah kematiannya dibeli oleh Dave Murray, gitaris Iron Maiden dan menggunakannya antara 1978 dan 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...