Laman

Sabtu, 10 September 2016

DAVID A. STEWART




Dilahirkan dengan nama lengkap David Allan Stewart pada 9 September 1952 di Sunderland, Inggris. 

Dia bersekolah di Bede Grammar School for Boys. Saat masih remaja, dia mendapat kesepakatan kontrak sebagai bagian dari band folk-rock Longdancer. Meskipun dikontrak oleh label rekaman milik Elton John, The Rocket Record Company, mereka tidak mendapatkan sukses komersil. Dia juga berkolaborasi dengan Brian Harrison untuk memproduksi sebuah EP di label Sunderland Multicord (dengan kode MULT-SH-1, produser ken McKenzie, merekam dua buah lagu (“Girl” dan “Green She Said”) dari produksi musical sekolah yang ditulis oleh guru Dick Bradshaw, sebuah nomor tradisional (“A Blacksmith Courted Me”) dan sebuah lagu yang ditulis oleh Dave dan Brian (“Deep December”). Setelah meninggalkan Wearside Stewart kemudian menghabiskan beberapa tahun tinggal di squats di London. Pada akhir 1976, dia diperkenalkan kepada Annie Lennox oleh Paul Jacobs. Kemudian, Stewart dan Lennox terlibat secara romantik. Pada 1977, pasangan itu telah bergabung dengan musisi asal Sunderland Peet Coombes, merilis  sebuah single di Logo Records sebagai The Catch. Band itu kemudian menjadi The Tourists yang menikmati kesuksesan, termasuk sebuah hit pada 1979 dengan sebuah lagu cover hit milik Dusty Springfield “I Only Want to Be with You”.


The Tourists berpisah pada 1980, demikian juga Stewart dan Lennox, walaupun pasangan itu tetap melanjutkan kerja sama. Mereka membentuk sebuah proyek musik bernama Eurythmics. Setelah serangkaian hit singles dan album, duo itu berpisah pada 1990, tapi reuni pada 1999 untuk album Peace dan tur dunia lagi. Lennox dan Stewart bekerja sama lagi pada 2005, merekam 2 trek baru untuk paket greatest hits Ultimate Collection, dirilis bersamaan dengan ulang tahun Eurythmics yang ke 25.

Stewart memproduseri atau ikut memproduseri semua album Eurythmics dan, saat band sudah berhasil, dia juga menjadi produser untuk artis lain. Pada 1985, selain memproduseri album hit milik Eurythmics, Be Yourself Tonight, Stewart juga ikut memproduseri album Southern Accents untuk Tom Petty and the Heartbreakers, juga ikut menulis beberapa lagu untuk album itu termasuk hit “Don’t Come Around Here No More”. Tahun yang sama, Stewart juga memproduseri album debut solo oleh Feargal Sharkey, yang menampilkan hit nomor satu UK “A Good Heart”. Karena pekerjaan ini, Stewart memenangkan “Best Producer” di BRIT Awards di London pada 1986.

Stewart kemudian menulis dan memproduseri untuk berbagai artis lain selama bertahun-tahun. Pada 1986, dia berkolaborasi dengan Bob Geldof pada lagu untuk album solo debutnya Deep in the Heart of Nowhere. Bekerja bersma, duo ini menamakan diri mereka “The Brothers of Doom”.

Stewart juga ikut menulis dan ikut memproduseri beberapa lagu untuk album rilisan 1987 milik Mick Jagger, Primitive Cool.

Pada 1989, Stewart memproduseri album debut oleh penyanyi-penulis lagu Boris Grebenshchikov, Radio Silence.

Bersama dengan Marcella Detroit dan istrinya, Siobhan Fahey, dia ikut menulis single hit Shakespeare Sister “Stay” (dibawah nama samara “Jean Guiot”), juga beberapa lagu lainnya untuk album kedua dan ketiga mereka.

Saat Eurythmics dibubarkan pada 1990, Stewart pindah ke Perancis dan segera merilis sebuah album dengan band barunya The Spiritual Cowboys. Lagu “Party Town” ditampilkan di film Flatliners pada 1990. Album kedua menyusul pada 1991. Kedua album mendapatkan emas di Perancis, dimana Stewart berkonsentrasi pada usahanya.


Pada 1992, Stewart berkolaborasi dengan Terry Hall (mantan The Specials, The Fun Boy Three dan The Colourfield) di proyek Vegas. Duo ini merilis satu album self title tapi tidak mendapatkan sukses secara komersil, walaupun satu single dari album ini (“Possessed”) masuk UK Top 40.

Pada 1993, Stewart ikut menulis dua lagu untuk penyanyi punk rock Jerman Nina Hagen yang dimunculkan di album studio solo keenam milik Hagen, Revolution Ballroom. Dia juga dapat didengar pada kibord dan vokal latar.

Pada 1993, Stewart muncul di sebuah iklan Apple Inc. untuk Power Macintosh dimana membuat riff di kata “Power”. Dia juga memiliki cameo kecil sebagai hacker komputer di film Hackers rilisan 1995.

Pada 1994, Stewart merilis sebuah album solo, Greetings from the Gutter. Album ini tidak sukses secara komersil, walaupun Stewart mencatatkan sebuah hit Inggris kecil dengan single “Heart of Stone” yang mencapai nomor 36. Dia kemudian merilis album lain, Sly-Fi di internet.

Pada 1996, Stewart memproduseri album debut oleh Alisha’s Attic, Alisha Rules the World.

Pada 1997, Stewart ikut memproduseri album Destination Anywere untuk Jon Bon Jovi, juga ikut menulis beberapa lagu.

Pada 1997, Stewart merilis sebuah album Come Alive dengan aktris dan penyanyi Rhona Mitra. Pada 1999, dia memproduksi album kedua, Female Icon.

Pada November 2002, Stewart bekerja dengan mantan presiden South Afrika Nelson Mandela. Stewart datang dengan ide untuk merubah nomor penjara milik Mandela menjadi nomor telepon kemudian menulis dan merekam lagu dengan Paul McCartney, Bono dan The Edge dan yang lain yang dapat anda dengarkan jika anda memutar nomor itu dan sambil  mendengarkan anda menyumbang. Dia kemudian mengatur kampanye 46664 dan sejumlah konser untuk melawan HIV/AIDS di Afrika Selatan.

Stewart berkolaborasi dengan Bryan Ferry pada album 2002 miliknya Frantic, ikut menulis beberapa lagu dan ikut memproduseri salah satu lagu.

Dia juga ikut menulis “Friend or Foe” untuk duo pop Rusia t.A.T.u., yang ada di album 2005 mereka Dangerous and Moving.

Pada 2007, Stewart mengumumkan di laman MySpace miliknya bahwa dia akan memainkan konser langsung untuk memperlihatkan keseluruhan karirnya. Menurut pengumuman, dia akan ditemani oleh berbagai musisi tamu juga orkestra beranggotakan 30 orang. Selain itu, Stewart menyatakan bahwa untuk pertama kali selama bertahun-tahun, dia sudah menulis lagu baru dengan gitarnya, walaupun dia tidak memiliki rencana pada saat itu untuk sebuah album solo baru.

Pada 21 Maret 2007, Stewart ikut menciptakan sebuah usaha dengan Chief Creative Director, Mark Warfoed bernama “Greenpeace Works”, yang diberi label sebagai sebuah “think tank” untuk jalan mewujudkan impian para selebriti agar bisa mempromosikan masalah lingkungan.

Pada 2008, Stewart diajak oleh Ringo Starr untuk memproduseri albumnya Liverpool 8, setelah Starr mengganti produser asli album ini, Mark Hudson. Hasil kerja Hudson pada beberapa lagu mendapatkan kredit untuk Stewart dan Hudson sebagai produser bersama (bersama dengan Starr sendiri).

Pada proyek, The Dave Stewart Songbook, dia menulis sebuah buku berukuran besar penuh dengan cerita dan fotografi dan juga merekam ulang 21 lagu hit yang sudah ikut dia tulis atau produseri selama dekade lampau dan aslinya dirilis oleh para artis seperti Jon Bon Jovi, Celine Dion, Bob Geldof, Shakespeare Sisters, No Doubt, Bryan Ferry, Tom Petty dan Eurythmics. Juga memasukkan lagu “American Prayer” yang ditulis oleh Bono dari U2, dimana Stewart membuat sebuah video untuk mendukung kampanye kandidat presiden Barack Obama, menampilkan beragam bintang film dan musik, yang tayang perdana di YouToube pada 23 Agustus 2008. Stewart juga merilis sebuah lagu solo, Let’s Do It Again, pada 2008. 
Pada Juli 2010, Stewart merekam album solo pertamanya dengan materi baru sejak Sly-Fi pada 1989. Berjudul The Blackbird Diaries, yang direkam di Nashville, Tennessee, dan menampilkan duet dengan Stevie Nicks, Martina McBride, Colbie Caillat dan The Secret Sisters. Stewart membuat sebuah film dari pembuatan album ini dan juga memfilmkan sebuah konser di Nashville di The Belcourt Theatre pada 9 Desember 2010.

Pada 2010, Stewart mengumumkan di akun Twitternya bahwa dia ikut menulis dan memproduseri album studio baru oleh Stevie Nicks. Album yang berjudul In Your Dreams, ikut diproduseri oleh Glen Ballard dan dirilis pada Mei 2011.

Pada 2010, Stewart ikut menulis dan ikut memproduseri dua lagu dengan penulis dan composer Mark Warford ‘Lover Earth’ dan ‘Time, Faith, Love’ untuk membantu produksi audio, ‘A Voyage For Soldier Miles’.

Pada 4 Februari 2011, Stewart membuat tweet bahwa dia memproduseri sebuah album baru oleh Joss Stone, menyatakan bahwa mereka juga menulis 10 lagu bersama.


Pada Mei 2011 diumumkan bahwa Mick Jagger dari the Rolling Stones sudah membentuk sebuah supergrup baru bernama SuperHeavy yang menampilkan Dave Stewart, Joss Stone, Damian Marley, dan A.R. Rahman.

Pada 10 Oktober 2011, Stewart merilis sebuah lagu baru berjudul “Leap of Faith’ dalam kolaborasi dengan penyanyi Yunani Anna Vasi. Klip resmi dari lagu itu dirilis di saluran YouTube klub penggemar Anna. Dua hari kemudian, EP Fire yang diproduseri Stewart untuk Orianthi dirilis sebagai unduhan iTunes.

Dia bekerja sesekali dengan band ska-punk Amerika No Doubt, ikut menulis “Underneath It All” untuk rilisan 2001 mereka Rock Steady dan “Sparkle” untuk rilisan 2012 mereka Push and Shove.

Pada Mei 2012 diumumkan bahwa Stewart akan memainkan empat pertunjukan di UK pada September 2012 untuk mendukung perilisan album barunya The Ringmaster General.

Pada 2013, Stewart merilis “Lucky Numbers” yang direkam di sebuah kapal di Pasifik Selatan selama 12 hari.

Walau dia ikut menulis lagu tema untuk komedi 1986 Ruthless People dengan Mick Jagger dan Daryl Hall, Stewart terlibat secara lebih besar dalam industri film pada 1989 dengan menulis dan memproduseri soundtrack Lily Was Here untuk film Belanda De Kassiere. Single, juga berjudul Lily Was Here dan menampilkan pemain saksofon Candy Dulfer, memuncaki Dutch charts selama lima minggu. Single ini juga mencapai UK Top 10 dan mencapai No. 11 di Billboard Hot 100 di musim panas 1990.
Walau sebelumnya dia menyutradarai video musik, dia membuat debut penyutradaraannya pada 2000 dengan Honest, sebuah komedi gelap yang berlokasi di Swinging London pada akhir 1960an menampilkan tiga anggota dari grup wanita Inggris All Saints.

Stewart juga menampilkan lagu “Everybody, All Over the World (Join The Celebration)” untuk film 2004 Around the World in 80 Days.

Stewart, melakukan kerjasama dengan adiknya John J. Stewart dari Oil Factory Productions, dan berkolaborasi dengan kritikus dan penulis musik Robert Palmer dan pembuat film documenter Robert Mugge membuat sebuah documenter yang berhubungan dengan musik Delta Blues. Deep Blues: A Musical Pilgrimage to the Crossroads, dirilis pada 1991, difilmkan di Memphis, Tennessee dan berbagai wilayah Mississippi utara. Palmer mengisi narasi.

Stewart adalah pewawancara utama untuk seri HBO Off the Records, yang merupakan sebuah acara yang menyorot penulisan lagu dan musisi yang produktif. Pilot mengudara di HBO pada 24 November 2006 dan menampilkan Bono dan The Edge dari U2.

Dia berkolaborasi dengan Mick Jagger untuk merekam lagu yang muncul di soundtrack untuk film Alfie, dirilis pada 2004. Soundtrack ini menampilkan lagu yang mendapat pengakuan “Old Habits Die Hard”, yang memenangkabn sebuah penghargaan Golden Globe untuk Best Original Song from a Motion Picture.

Pada 2010 lagu Love Lies, aslinya berasal dari EP 2009 Let’s Do It Again, dimasukkan dalam soundtrack dari film Repo Men.

Pada 2012, bersama dengan Rosemary Reed, Stewart adalah eksekutif produser dari seri Living The Life di Sky Arts. Dia juga merekam sebuah soundtrack eksklusif untuk episode baru.

Stewart adalah salah satu pencipta dan produser eksekutif dari sitcom 2012 Malibu Country yang dibintagi Reba McEntire.

Stewart menulis musikal Barbarella, berdasarkan film 1968, yang tayang perdana di Vienna pada 11 Maret 2004. Stewart menulis musik dan lirik (dengan Glen Ballard) untuk Ghost the Musical, yang dibuka di Piccadilly Theatre di West End, London pada Juni 2011.

Walau sebagian besar musik yang dimiliki Stewart (terutama dengan Eurythmics) dirilis via label RCA/BMG, dia juga membentuk label rekamannya sendiri pada 1980an bernama Anxious Records. Label ini menyertakan nama-nama sejumlah artis seperti Terry Hall, Londonbeat, Chris Braided an vokalis Curve Toni Halliday.


Pada 2006, Stewart membangkitkan kembali Platinum Weird, sebuah band yang dia bentuk secara tidak resmi pada awal 1970an di London dengan penyanyi Erin Grace, tapi kenyataannya diciptakan pada 2004. Menurut akun filksi, Erin adalah moody dan misterius, dan menghilang tidak lama setelah album band yang dirilis pada 1974. Platinum Weird menampilkan penulis lagu terkenal Kara DioGuardi pada vokal dan band sudah merekam ulang beberapa lagu-lagu band asli fiksi ini dan beberapa lagu baru untuk album mendatang. Albumnya diproduseri oleh John Shanks.


Pada Juli 2006, VHI menayangkan perdana sebuah mockumentary berjudul Rock Legends – Platinum Weird, sebuah rangkuman dari cerita yang tidak biasa dari band, dilengkapi dengan pemunculan cameo dari para legenda rock seperti Mick Jagger, Annie Lennox, Ringo Starr, dan Elton John, semuanya mengenai masa-masa band singkat ini dan tanggapan mereka mengenai Erin Grace yang misterius. Album ini kemudian dipromosikan oleh serangkaian situs penggemar World Wide Web, sebagian didaftarkan oleh New Media Department dari Interscope Records dan diberi judul pada beberap tempat senagai interscope.com, dan berhubungan dengan dokumen palsu untuk grup yang “hilang”.

Stewart ikut menciptakan buku komik Walk-In (2006) dan Zombie Broadway (2008), keduanya diterbitkan oleh Virgin Comics.

Pada 2010, The Business Playground: Where Creativity and Commerce Collide, oleh Stewart dan penulis Mark Simmons, diterbitkan. Sebuah buku tentang pentingnya kreatifitas dala bisnis, diterbitkan di UK oleh Pearson PLC dan di AS oleh Peachpit. Pada November 2011, Simmons dan Stewart merilis sebuah aplikasi iPad multimedia bernama Creativity berdasarkan The Business Playground. Stewart akan mengerjakan musik untuk The Amazing Spider-Man 2 dengan Hans Zimmer, Pharrell Williams, Johnny Marr dan Mihael Einziger.

Sebelumnya pernah menikah dari 1973 hingga 1977, Stewart menikahi mantan anggota Bananarama Siobhan Fahey (yang kemudian membentuk Shakespeare Sister) pada 1987. Pasangan ini memiliki dua anak (Sam dan Django) tapi bercerai pada 1996. Pada 4 Agustus 2001, Stewart menikahi fotografer Belanda Anoushka Fisz dengan siapa dia memiliki dua putri, Kaya dan Indya.

Pada 2004, Stewart dan Fisz pindah ke Hollywood maka Stewart dapat berkonsentrasi pada pekerjaan soundtracknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...