Laman

Jumat, 16 September 2016

STIGNE TOLY ANDERSON




Dilahirkan pada 15 September 1941 di Seattle Washington, AS, adalah penyanyi Amerika yang merupakan salah satu anggota pendiri dari Jefferson Airplane.

Anderson dibesarkan di Portland, Oregon, dan adalah penyanyi jazz dan folk lokal yang terkenal dan dihormati sebelum bergabung dengan Jefferson Airplane setelah sebuah perjalanan ke San Fransisco.


Tidak lama setelah bergabung dengan Airplane, dia menikahi salah satu anggota Merry Pranksters, Jerry Anderson, sebuah pernikahan yang berlangsung dari 1965 hingga 1974. Dia menyanyi di album Jefferson Airplane pertama, Jefferson Airplane Takes Off, yang menonjol pada lagu “Chauffeur Blues”. Anderson tidak mempercayai manajer asli Airplane, Matthew Katz, dan menolak untuk menandatangani kontrak dengannya hingga dia memberikan sebuah syarat khusus yang membebaskannya dari Katz jika dia meninggalkan band untuk alasan apapun.


Pada Juli 1966, Anderson menginformasikan pada Bill Graham bahwa dia akan meninggalkan band setelah sebuah rangkaian pertunjukan yang mereka mainkan di Chicago, menyadari bahwa dia sedang mengandung, dengan suaminya Jerry Anderson, di jalanan tidak memungkinkan. Namun, Graham memintanya untuk bertahan dengan band hingga pertunjukan pada Oktober di Winterland Ballroom di San Fransisco, dimana dia menyetujuinya. Hal ini memberi band waktu untuk mencari penggantinya, yang kemudian memilih Grace Slick setelah Sherry Snow menolah tawaran mereka. Ternyata ada faktor lainnya seperti ketidaknyamanan dari anggota band lainnya pada suaminya (lihat buku Got Revolution – The Turbulent Flight of Jefferson Airplane).

Penampilan langsung terakhir Anderson dengan Jefferson Airplane adalah dua pertunjukan pada 15 Oktober 1966 di The Fillmore. Kedua penampilan itu direkam (juga sebagian besar pertunjukan Fillmore) dan sudah muncul pada beberapa album bootleg. Pada Agustus 2010, Collector’s Choice music bekerja sama dengan Sony akhirnya merilis pertunjukan kedua dalam sebuah rilisan CD resmi. Pada akhir pertunjukan kedua, Marty Balin kembali mengumumkan bahwa Anderson meninggalkan grup. Ucapan perpisahannya pada penggemar, direkam untuk diabadikan, tertulis sebagai berikut: “Saya ingin kalian semua memberi senyum dan memakai bunga daisy dan balon kotak. Saya mencintai kalian semua. Terima kasih dan selamat tinggal.” Atas permintaan beberapa penggemar, Anderson dan band menampilkan nomor yang menjadi ciri khasnya, “Chauffeur Blues”.

Mereka menyelesaikan malam itu dengan “High Flying Bird,” dan dengan demikian jabatan Anderson dengan Airplane berakhir. Band kembali memainkan dua pertunjukan lagi malam berikutnya dengan Grace Slick sebagai vokalis untuk pertama kali. Penampilan keseluruhan ini secara resmi dirilis pada 2010 dengan judul Jefferson Airplane: Live at the Fillmore Auditorium 10/15/66 Signe’s Farewell.

Setelah meninggalkan Airplane dia kembali ke Oregon dimana dia menyanyi selama sembilan tahun dengan band beranggotan sepuluh orang, carl Smith and the Natural Gas Company. Di pertengahan 1970an dia sembuh dari kanker. Pada 1977 dia menikahi kontraktor bangunan lokal Michael Alois Ettlin, dan terus menyanyi dengan Carl Smith.

Di pertengahan 1990an, Anderson makin menderita masalah kesehatan yang serius. Saat dia pulih dari masalah kesehatan ini keluarganya menghadapi masalah keuangan serius dari biaya yang dia keluarkan. Dia membuat pemunculan tamu dengan KBC Band dan Jefferson Starship. Suami Anderson, MichaelAlois Ettlin, meninggal pada usia 62 tahun, pada 21 Februari 2011.

Anderson meninggal di rumahnya di Beaverton, Oregon pada usia 74 tahun pada 28 Januari 2016, dari efek dari chronic obstructive pulmonary disease (COPD).

Dia meninggal di hari yang sama dengan salah satu pendiri Airplane, Paul Kantner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...