Laman

Jumat, 09 September 2016

BENJAMIN ORR




Dilahirkan pada 8 September 1947 dengan nama Benjamin Orzechowski di Lakewood, Ohio, dari orang tua berketurunan Polandia, Rusia, Ceko dan Jerman, yang secara aktif mendukungnya dalam bidang musik. Dia menjadi mahir dalam berbagai alat musik seperti gitar, bass gitar, kibord, dan drum. Dia secara lokal dikenal sebagai “Benny 11-Letters,” dia tumbuh di Lakewood, Ohio, dan Parma, Ohio, dan bersekolah di Valley Forge High School sebelum bergabung dengan band lokal The Grasshoppers sebagai penyanyi utama dan gitaris pada 1964. Pada 1965, the Grasshopper merilis dua single di label Sunburst, “Mod Socks” dan “Pink Champagne (and Red Roses)”, lagu terakhir ditulis oleh Orzechowski. The Grasshopper juga menjadi band tetap di Big 5 Show, sebuah acara tv musik beragam yang diproduksi oleh WEWS-TV di Cleveland. The Grasshopper dibubarkan pada 1966 saat dua anggota band ditarik ke AB AS, setelah itu Orzechowski bergabung dengan band Mixed Emotions dan kemudian, the Colours. Kemudian Orzechowski ditarik AB juga, walaupun dia menerima keringanan setelah satu setengah tahun dalam AB.

Orr pertama kali bertemu Ric Ocasek, calon pemimpin the Cars, di Cleveland pada 1960-an setelah Ocasek melihat Orr tampil dengan the Grasshoppers di the Big 5 Show. Beberapa tahun kemudian, Orr pindah ke Columbus, Ohio dimana dia dan Ocasek membentuk rekanan musikal yang akan berlanjut di berbagai formasi hingga bubranya the Cars pada 1988. Setelah pindah ke Boston, keduanya membentuk sebuah band folk bernama Milkwood dengan gitaris James Goodkind. Pada 1973, grup ini merilis 1 album, How's the Weather?, yang gagal masuk chart. Bertahan di Boston, Ocasek dan Orr kemudian membentuk band lain, Richard and the Rabbits, yang menampilkan kibordis Greg Hawkes, diikuti oleh band lainnya, Cap'n Swing, yang menyertakan gitaris Elliot Easton. Setelah grup itu bubar pada 1976, ketiganya bersama dengan Hawkes dan drumer David Robinson membentuk the Cars.


Sebagai anggota dari the Cars, Orr menjadi vokalis utama pada beberaa lagu terkenal milik band, termasuk hit top 40 pertama mereka “Just What I Needed”, “Let’s Go” dan pada “Drive”, single AS mereka dengan perolehan tertinggi di tangga lagu. 

Orr merilis album solo satu-satunya, The Lace, pada 1986. Dia menulis musik dan lirik dengan pacar lamanya, Diane Grey Page yang juga menjadi vokalis latar, dan album ini mempunyai sebuah singel hit top 40, "Stay the Night". Lagu ini adalah 10 album rock hit teratas dan videonya sering ditayangkan di MTV. Single kedua "Too Hot To Stop" juga dirilis, tapi tidak masuk chart di Billboard 100 walaupun lagu ini mencapai #25 di tangga lagu rock. Sampul album untuk The Lace menampilkan Orr di bagian depan dan Page di bagain belakang.

Orr terus bekerja dnegan the Cars untuk satu album lagi, Door to Door, dan melakukan tur sebelum grup dibubarkan pada 1988, setelah dimana dia dan anggota lainnya melakukan karir solo. Suatu ketika di pertengahan 1990an, Orr merekam lagu dengan gitaris John Kalishes untuk sebuah tindak lanjuta yang tidak dirilis dari The Lace. Dari 1998 hingga kematiannya pada 2000, dia tampil dengan bandnya sendiri ORR dan dua band sampingan, “the Voices of Classic Rock” dengan Mickey Thomas dan John Cafferty dan “Big People”, yang merupakan sebuah band cover dengan Pat Travers (dari the Pat Travers Band), Jeff Carlisi (dari .38 Special), Derek St. Holmes (dari Ted Nugent), dan Liberty DeVitto (dari Billy Joel).

Pada April 2000, Orr didiagnosa dengan kanker pancreas dan dirawat di rumah sakit, walapun dia terus tampil dalam konser dengan band Big People selama musim panas di festival musik dan pameran. Dia melakukan reuni dengan The Cars satu kali terakhir di Atlanta, untuk sebuah wawancara yang ditampilkan di video konser Rhino Records, The Cars Live.

Pemunculan publik terakhirnya adalah pada 27 September 2000, di sebuah konser Big People di Anchorage, Alaska. Dia meninggal di rumahnya pada 3 Oktober, pada usia 53 tahun, dikelilingi oleh sesama anggota band Big People Jeff Carlisi, Derek St. Holmes dan Rob Wilson. Manajer david Tedeschi tidak hadir tapi sangat terpukul oleh kehilangan teman baiknya. Orr meninggalkan seorang putra, Ben.

Ric Ocasek menulis dan merekam lagu “Silver,” yang merupakan penghormatan musiknya untuk Orr. Lagu itu muncul di album solo 2005 milik Ocasek, Nexterday. The Cars melakukan reuni sepuluh tahun setelah kematian Orr, dan merilis album studio ketujuh mereka Move Like This pada Mei 2011. Orr diberi ucapan terima kasih khusus di catatan album: “Ben, your spirit was with us on this one.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...