Laman

Senin, 05 September 2016

KIM THAYIL




Dilahirkan pada 4 September 1960 di Seattle, Washington, AS. Dia tumbuh di wilayah Park Forest, Chicago. Orang tua Thayil berasal dari Kerala di India yang pindah ke Seattle. Ayahnya Boniface Thayil mendapatkan gelar Insinyur Kimia, mendapakan pekerjaan di Chicago dan pindah kesana dengan keluarganya. 

Band pertama Thayil, Zippy dan His Vast Army of Pinheads, keduanya memiliki lagu asli (ditulis oleh Thayil dan terinspirasi oleh kesukaannya akan musik punk) dan lagu-lagu cover (sebagian besar the Sex Pistols dan the Ramones).

Dia bermain gitar di sebuah band Post Punk bernama Identity Crisis pada 1980, dan merilis sebuah EP berjudul "Pretty Feet".

Thayil bertemu dengan Hiro Yamamoto di Rich East High School di Park Forest. Dia lulus, bersama dengan Hiro Yamamoto dan Bruce Pavitt, dari program pelajaran alternatif di Rich East High School pada 1981. Dia dan Yamamoto memutuskan untuk pindah ke Washington, untuk belajar di Evergreen State College, tapi mereka tidak bisa menemukan pekerjaan, dan memutuskan untuk pindah ke Seattle, dimana Thayil mendapatkan uang sebagai seorang DJ untuk KCMU dan mendapatkan gelar dalam bidang filosofi di University of Washington. Disana mereka bertemu Chris Cornell, dan ketiganta membentuk Soundgarden pada 1984.


Soundgarden menjadi band grunge asal Seattle yang menandatangani kontrak dengan label besar (A&M) Records. Mereka merilis lima album, termasuk 3 album mencapai platinum, dan memenangkan 2 buah Grammy.

Thayil diakui untuk karya gitarnya, yang secara gaya dikarakteristikkan dengan riff yang berat, dan disebut diantara para gitaris grunge sebagai seorang pengaruh dan seorang pelopor dari "Seattle Sound." Pada 1994, Thayil berkomentar, "Saya pikir Soundgarden adalah sebuah band yang cukup bagus dan saya seorang gitaris yang bagus. Saya bukan dewa, tapi saya bukan rendahan. Saya merasa sangat nyaman dengan fakta bahwa tidak banyak orang alin dapat melakukan yang saya dapat lakukan pada gitar. Saya pikir gitar saya bahagia dengan cara saya memainkannya."

Aslinya salah satu penulis lagu utama Soundgarden, kontribusi Thayil sebagai seorang penulis kemudian hanya satu lagu di Down on the Upside, "Never the Machine Forever", walaupun dia berkontribusi secara rinci dalam setiap lagu, seperti yang dilakukan anggota band lainnya. Thayil menjelaskan bahwa "Kolaborasi adalah utama dalam musik awal kami, terutama pada permulaan saat saya pada gitar, Hiro pada bass dan Chris pada drum," tapi kemudian keempat anggota menjadi penulis lagu sendiri-sendiri, "semua bagian gitar yang tertulis harus saya pelajari." Ini membawanya untuk mengerjakan "Never the Machine Forever" semuanya sendiri, seperti yang dipikirkan Thayil "Jika saya memiliki sebuah lagu di rekaman ini, saya akan menulis lirik."

Setelah perpecahan Soundgarden pada 1997, Thayil berkontribusi gitar untuk Pigeonhead dan Presidents of the United States of America. Kemudian, dia berkontribusi gitar untuk lagu "Blood Swamp" dari album Sunn O)))/Boris 2006, Altar, dimana dia juga menulis catatan kaki. Thayil juga memainkan gitar utama pada sebuah lagu berjudul "V.O.G." oleh Ascend, yang menampilkan Gentry Densley (Iceburn, Eagle Twin) dan Greg Anderson (Sunn O))), Engine Kid, Goatsnake). Rekaman milik Ascend, berjudul Ample Fire Within, dirilis pada 2008 oleh Southern Lord Records.

Pada 1999, Thayil membentuk sebuah band punk, the No WTO Combo, dengan Jello Biafra (mantan Dead Kennedys), Krist Novoselic (mantan Nirvana, saat itu anggota dari Sweet 75), dan Gina Mainwal (juga Sweet 75). Band ini dibentuk untuk merayakan dan menyuarakan aktifitas protes terhadap WTO Ministerial Conference of 1999, yang diadakan pada 30 Nopember 1999. Aslinya dijadwalkan untuk bermain di The Showbox pada malam yang sama, polisi mencegah band untuk tampil, memaksa pertunjukan untuk dijadwalkan ulang untuk malam berikutnya. Ini adalah konser pertama Thayil sejak perpecahan Soundgarden. Pertunjukan itu direkam oleh Mark Cavener dan dicampur oleh produser Soundgarden Jack Endino; yang dirilis sebagai album Live from the Battle in Seattle pada Mei 2000.

Pada 2003, majalah Rolling Stones menempatkan Thayil di #100 dalam daftar "100 greatest guitarists of all time".

Pada 2004, Thayil bermain gitar untuk Probot, proyek sampingan heavy metal milik Dave Grohl; dia tampil di lagu "Ice Cold Man" dan "Sweet Dreams."

Thayil adalah peserta di acara komedi sketsa Almost Live!, menyebutkan "lame" selama segmen "The Lame List".

Pada 2009, Thayil bermain dengan Matt Cameron dan Ben Shepherd dari Soundgarden di sebuah pertunjukan di Seattle pada 24 Maret 2009 di Crocodile Cafe dimana Tom Morello's Nightwatchmen menjadi penampil utama. Itu adalah pertama kali ketiganya bermain bersama di muka umum sejak perpecahan band pada 1997. Ketiganya ditemani oleh Tad Doyle dari sesama band Seattle 1990an TAD, dan memainkan 3 lagu Soundgarden. Untuk lagu terakhir (Spoonman) mereka ditemani oleh Tom Morello (Morello sudah memainkan lagu ini sebelumnya dengan Audioslave). Thayil juga sudah bermain dengan Greg Gilmore dari Mother Love Bone dan Danny Kelly dari Heliotroupe dalam grup Set & Setting. Penampilan debut mereka adalah pada 31 Oktober 2009 diatas gudang K Records yang terkenal kini dikenal sebagai Cherry St. Loft di Olympia Washington.

Pada 1 Januari 2010 diumumkan melalui Facebook dan Twitter oleh Chris Cornell bahwa klub penggemar Soundagdern resmi diaktifkan lagi. Pada 15 April 2010, diumumkan bahwa Soundgarden akan memainkan pertunjukan pertamanya sejak 1997 menyusul acara di the Showbox di the Market di kota asal Seattle. Band bermain dengan nama 'Nudedragons', sebuah anagram untuk Soundgarden.

Pada 5 Agustus 2010 band memainkan pertunjukan reuni pertama mereka dibawah nama Soundgarden di The Vic di Chicago. Tiga hari kemudian, pada 8 Agustus 2010, mereka menjadi penampil utama di malam terakhir dari Lollapalooza di Grant Park.

Pada September 2010, band merilis album kompilasi Telephantasm. November 2012 merilis King Animal, album studio pertama mereka sejak 1996.

Thayil mengisi suara karakter dalam "Dethcamp" dari Season IV: church of the Black Klok dalam seri asli Adult Swim, Metalocalypse. 

Thayil menyebut Ace Frehley sebagai pengaruh utama pada permainan gitarnya. Dia juga mengagumi pada gitaris seperti: Eddie Van Halen, Peter Buck, Jimmy Page, Frank Zappa, Stevie Ray Vaughan dan Jimi Hendrix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...