Laman

Rabu, 28 September 2016

RANDY BACHMAN




Dilahirkan dengan nama lengkap Randolph Charles Bachman pada 27 September 1943 di Winnipeg, Manitoba, Kanada, dari pasangan Karl (Charlie) Bachman Anne (Nancy) Dobrisky. Randy adalah keturunan dari Jerman dan Ukraina. Pada usia 3 tahun, dia memenangkan kontes menyanyi di acara King of the Saddle oleh CKY dan pada usia 5 tahun dia mulai mempelajari violin di Royal Toronto Conservatory. Dia mempelajari violin hingga usia 12 tahun saat dia tidak puas dengan pelajaran yang diberikan. Dia mengerti bahwa saat dia tidak dapat membaca notasi musik, dia dapat memainkan apa saja jika dia mendengarnya sekali saja; dia menyebutnya sebagai memori fonografi.

Pada usia 15 tahun, Randy menyaksikan Elvis Presley bermain di acara tv Tommy Dorsey dan gambar di sekita neck gitar Elvis menginspirasinya. Dia belajar 3 buah kord dari sepupunya, kemudian mulai mempraktekkannya pada dobro Hawaii modidikasi. Pada usia 16 tahun, Randy bertemu Lenny Breau; lebih dari 2 tahun ke depan Breau mengajarkan Randy memetik gitar dan juga mengenalkannya musik Chet Atkins.

Pada 1959 Randy membeli sebuah tiket untuk menyaksikan konser Les Paul di klub Winnipeg tapi tidak bisa masuk karena dia masih terlalu muda. Dia malahan menolong Paul mempersiapkan peralatan sebelum pertunjukan dan juga menolong Paul memasukkan segalanya ke dalam mobil setelah pertunjukan. Masih menjadi gitaris pemula saat ini, Randy meminta Paul jika dia dapat mengajarinya lick gitar; Paul akhirnya mengajari Randy versi dari “How High the Moon”.

Dia merupakan seorang murid yang baik di sekolah hingga dia memainkan gitar, saat dia memfikuskan pada alat musik itu dan meninggalkan pendidikannya. Dia lulus tingkat 9 di Edmund Partridge Junior High School, tapi mengulang tingkat 10 dan 11, di West Kildonan Collegiate. Pada tahun keduanya di tingkat 11, dia di tempatkan di kelas yang berisi murid-murid yang tidak lulus atau yang mengulang, dan diminta menjadi ketua kelas oleh gurunya, yang berpikir dia mempunyai disipilin dan ketegasan karena dia telah bermain violin sejak usia 5 tahun. Dia dikeluarkan dari West Kildonan pada pertengahan tahun itu karena “kurang belajar” dan menyelesaikan sekolahnya di Garden City College. Dia belajar administrasi bisnis di (kini disebut) Red River College, tapi tidak lulus.


Pada 1960, Randy dan Chad Allan mendirikan Al and The Silverstones di Winnipeg. Pada 1962, band merubah nama mereka menjadi Chad Allan and the Expressions dan kemudian menjadi The Guess Who. Pada 1965, the Guess Who mempunyai hit No. 1 di Kanada dengan lagu cover milik Johnny Kidd “Shakin’ Over”, yang juga ada di No. 22 di AS. Pada 1966, Chad Allan meninggalkan band dan Burton Cummings menjadi vokalis utama. Mulai 1968, grup merilis 3 album tersukses: Wheatfield Soul (1968), Canned Wheat (1969), dan American Woman (1970), yang membawa mereka menjadi perhatian mainstream. Randy menulis atau ikut menulis (terutama dengan Cummmings) sebagian besar lagu-lagu grup selama periode itu.


Randy meninggalkan band di puncak popularitasnya, tak lama setelah perilisan American Woman. Dia menyebutkan bahwa dia meninggalkan band karena gaya hidup yang dipilih oleh band bertentangan dengan kepercayaan Mormonnya, dank arena dia ingin meluangkan waktunya dengan saudara-saudaranya dan anggota keluarga lainnya.


Sebelum kepergiannya dari The Guess Who pada Mei 1970, Randy merekam sebuah album solo untuk RCA Records, Axe, selama lebih dari 3 hari di Maret 1970. Tahun berikutnya, dia membentuk grup Brave Belt dengan Chad Allan. Brave Belt merilis LP pertamanya, Brave Belt I, di 1971. Album itu berisi sound country yang banyak dibandingkan dengan rock n’ roll, berbeda dengan Axe dan album-album oleh The Guess Who. Robbie Bachman, salah satu adik Randy, adalah pemain dram untuk Brave Belt, walaupun belum berusia 18 tahun. Fred Turner kemudian bergabung dengan Brave Bolt pada bass dan vokal, yang meghasilkan sound lebih berat, yang berakibat dengan kepergian Chad Allan, walaupun Allan masih berkonstribusi dengan 2 lagu bagi Brave Belt II di 1972.


Tersisa dengan lineup 3 anggota, Tim Bachman ditambahkan ke Brave Belt sebagai gitaris kedua. Lineup ini kemudian teken kontrak dengan Mercury Records di 1973 dan mengganti nama mereka menjadi Bachman-Turner Overdrive, sering disingkat dengan ‘BTO”. Mereka merilis album self-title, Bachman-Turner Overdrive di Mei 1973. Setelah ini mereka merilis Bachman-Turner Overdrive II (1973), Not Fragile (1974), Four Wheel Drive (1975), Head On dan Freeway (1976). Randy meninggalkan band pada Maret 1977.


Setelah kepergiannya dari BTO, Randy merekam sebuah album solo berjudul Survivor. Album ini tidak masuk chart di AS. Dia membentuk sebuah band dengan bassis/penyanyi Tom Sparks, bernama Ironhorse, yang merilis album debutnya di 1979. Setelah tur untuk album ini, Tom Sparks meninggalkan band dan digantikan oleh Frank Ludwig. Dengan Ludwig, ironhorse merilis album kedua, Everything Is Grey, di 1980.


Randy bergabung dengan reuni The Guess Who di 1983 dengan Burton Cummings dan anggota lain dari era American Woman. Setelah reuni The Guess Who berakhir, Randy bergabung kembalidengan reuni BTO. Randy bertahan dengan BTO hingga 1987, dan mereka merilis sebuah album di 1984. Lineup klasik Not Fragile terbentuk kembali pada 1988 dan tur bersama hingga 1991, saat Randy meninggalkan grup lagi. Itu adalah terakhir kalinya dia bermain dengan BTO. The Guess Who melakukan reuni, termasuk Randy, pada 8 Agustus 1999 di Winnipeg untuk sebuah penampilan pada akhir XIII Pan An Games.


Randy bermain di beberapa jadwal tur dengan The Guess Who hingga 31 Juli 2003. Dia dan Burton Cummings meninggalkan band dan membentuk Bachman Cummings. Pada 2000, dia menjadi tamu di The Simpsons sebagai dirinya sendiri dengan mantan rekan seband BTO, CF. Turner dan Robin Bachman. Kreator Simpsons Matt Groening adalah seorang penggemar BTO.

Randy saat ini melakukan tur dengan bandnya sendiri, the Randy Bachman band, dan the Bachman-Cummings Band.


Gitaris yang mempengaruhi permainannya adalah Lenny Breau, Leslie West, Wes Montgomerry dan Hank Marvin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...