Laman

Jumat, 23 September 2016

RHETT FORRESTER




Dilahirkan pada 22 September 1956 di Tucker, Georgia, AS, adalah seorang musisi Amerika yang dikenal sebagai penyanyi utama untuk band asal New York, Riot, dari 1981 hingga 1984.

Forrester, yang ibunya adalah seorang instruktur dansa ballroom, mulai membentuk suara yang menjadi ciri khasnya, di SMA saat dia mulai mengambil pelajaran vokal. Setelah lulus dia pindah ke Carolina Selatan dimana dia mulai bermain di sebuah band lokal. Pada akhir 70an, Forrester bergabung dengan dua mantan anggota dari band Illinois, Roller, gitaris Russ Shirley dan bassis/vokalis Kevin Lee, dan drummer Jim Schroeder untuk membentuk Hitman. Band tetap bersama sekitar satu tahun dengan bermain di sekitar wilayah negara bagian Georgia.

Kesempatan besar Forrester datang saat dia bersama sebuah band cover asal New York bernama Rachel dan dia dengan sukses mengikuti audisi untuk menggantikan Guy Speranza yang pergi dalam Riot.


Dia membuat album studio debutnya di album Restless Breed pada 1982 dimana band mendukungnya dengan tur dengan para penampil utama Rainbow pada tur Straight Between the Eyes mereka, berbagi tempat di waktu yang berbeda dengan Saxon, Scorpions, dan UFO. Menjaga momentum mereka, Riot Live EP dirilis kemudian tahun itu juga. Setelah kehilangan kontrak label mayor mereka dengan Elektra, Riot teken kontrak dengan label indie Canada Quality Records untuk rilisan 1983 dari Born In America, album studio kedua dan terakhir Forrester dengan band. Pada awal 1984, Riot memainkan jadwal di tur Kiss – Lick It Up bersama Vandenberg tapi bermasalah dengan manajemen memutuskan untuk bubar tidak lama kemudian.

Setelah pembubaran Riot, Forrester bersatu dengan mantan gitaris Virgin Steele Jack Starr dan muncul di album solo 1984 milik Starr, Out of the Darkness, yang menampilkan seksi ritem The Rods dari Carl Canedy dan Gary Bordonaro. Ini adalah juga barisan yang melakukan perjalanan ke Perancis pada musim panas 1984 untuk sebuah pemunculan di dua hari Breaking Sound Festival di Le Bourget, dekat Paris, pada 30 Agustus. Didaftarkan sebagai Virgin Steele untuk mengikuti festival, mereka bermain dibawah para penampil utama Dio dan Blue Oyster Cult.


Forrester berpisah dengan Starr setelah pertunjukan yang buruk dan akhirnya bertaha di Perancis untuk beberapa waktu. Dia mengisi bulan September dan Oktober untuk merekam album solo pertamanya, Gone With the Wind, menampilkan sebuah cover dari The Rolling Stones “Live With Me”, dia Studio Max Waldberg di Paris. Dirilis oleh label indie Perancis Bernett Records, album itu menampilkan gitaris/penulis lagu New York Paul Krayen, alias Paul Kane, yang pernah menjadi tamu di album Out of the Darkness milik Starr, dan juga anggota dari grup Aldo Nova pada saat muncul di album Twitch pada 1985. Gone with the Wind mendapatkan perilisan Amerika pada 1986 melalui Shattered Records.

Pada 1985, Forrester ambil bagian dalam proyek Thrasher yang diadakan oleh Combat Records, menampilkan pelaku bintang yang sebagian besar musisi asal New York, termasuk para anggota dari The Rods, Bible Black, dan Dust, berkontribusi vokal pada lagu-lagu “Bad Boys” di album Burning At the Speed of Light.

Forrester secara singkat bergabung dengan versi West Coast yang diabaikan dari Riot, terdiri dari gitaris Mark Reale, bassis Van Stavern, dan drummer Sandy Slavin, tampil live dengan band di The Roxy di West Hollywood, CA pada 18 April 1986.

Masih dengan Paul Kayen sebagai gitaris/penulis lagunya, Forrester teken kontrak baru dengan cabang Rhino Records, Rampage. Direkam di New York dan dicampur di Los Angeles, Even the Score dirilis pada 1988. Album ini berisi pengerjakan ulang dari “Assume the Position”, disertai oleh sebuah video, juga sebuah cover dari “Ready for Love” milik Mott the Hoople dan Bad Company.


Setelah berpisah dengan Kayen, Forrester secara singkat bekerja dengan gitaris Alex Masi dan pada 1991 merekam demo dengan para mantan anggota Keel, gitaris Bryan Jay dan drummer Dwain Miller, dan bassis Rob Thiessen dibawah nama Dogbone. Rekaman ini dirilis dalam bentuk CD setelah kematian Forrester pada 1996. Lagu Dogbone “Dog Fight Alley”, diberi judul ulang “Streets of Rock & Roll” dirilis oleh Keel sebagai judul lagu yang menjadi judul album untuk album kembalinya mereka pada 2010, Streets of Rock & Roll, namun tanpa kredit yang diberikan untuk Forrester atau Dogbone.

Pada awal 90an, Forrester menjadi frontman arei band asal Calgary, Alberta, The Black Symphony, menampilkan gitaris Rick Plester, bassis RJ Killinger, dan drummer Tim Waterson. Mereka merekam demo berisi 3 lagu pada 1992 yang berisi lagu-lagu “The End of Time”, “Redemption”, dan “In the Beginning.” Forrester juga terlibat dengan band Calgary lainnya, Dr. Dirty, sebuah grup yang menghasilkan demo berisi 4 lagu. Grup ini dibubarkan pada saat akan teken kontrak dengan label mayor. Proyek terakhir Forrester sebelum kematianya adalah Dirty Water dengan gitaris/penulis lagu asal San Antonio, TX, Jonathan Grell, mantan Winterkat. Dia terbunuh tidak lama setelah menyelesaikan demo berisi 4 lagu.

Materi langka, berisi 5 lagu dari proyek Mr. Dirty, menampilkan Forrester, mantan gitaris Steel Lily Rob Robbins (kini pendiri Moxy), bassis/penulis lagu Scot Gains, dan drummer Ray Mehlbum dirilis pada 1996 di CD kenangan Hell or Highwater. Album ini juga berisi 3 lagu dari sesi Dirty Water, direkam dengan Grell, drummer Dwain Miller (Keel, Outlaw Blood, Dogbone), dan bassis Robert Cooper. Hell or High Water menerima rilisan digital resmi pada November 2014.

Pada November 2013, sebuah edisi ulang tahun ke 30 dari Out of the Darkness milik Jack Starr dan Rhett Forrester, menampilkan gambar langka dan catatan kaki, diedarkan oleh label Limb Music asal Jerman.

Forrester ditembak dan tewas di persimpangan Northwest Atlanta di ujung dari Lovejoy dan Merrit off Techwood Drive setelah dia menolak untuk menyerahkan kendaraannya dalam upaya pembajakan mobil; dia berusia 37 tahun saat itu. Kejahatan itu tidak pernah dipecahkan. Dia meninggalkan ibunya Lafortune Forrester, adiknya, gitaris Lucky Forrester, mantan istrinya, Windi Grace, putrinya, Jade Grace, dan tunangannya, Lori Plester, dengan siapa dia bersama pada saat itu.

Perkembangan terbaru pada kejahatan itu: Satu orang (yang diduga menarik pelatuk) terbunuh dan yang lain ditangkap untuk kejahatan lain dan pada akhirnya mengaku ada di tempat kematian Rhett, diantara kasus pembunuhan lainnya.

Rhett Forrester dilantik ke dalam Hard Rock CafĂ© Atlanta pada 1996. Penobatan dilakukan pada 22 Juni, dua minggu sebelum the ’96 Olympic Summer Games.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...