Laman

Sabtu, 10 September 2016

JANI LIIMATAINEN




Dilahirkan dengan nama Jani Allan Kristian Liimatainen pada 9 September 1980 di Kemi, Finlandia. 

Sebagian besarnya tekniknya didapat dengan cara belajar sendiri, walaupun dia memperoleh sedikit les gitar pada masa anak-anaknya. Dia menyebut Freak Kitchen, Dream Theater, dan Pain of Salvation sebagai pengaruh musikal terbesarnya.


Jani adalah salah satu pendiri dari Sonata Arctica pada 1995. Disamping bermain, dia juga berkontribusi untuk penulisan lagu milik band dengan “My Selene” di Reckoning Night pada 2004 dan “Prelude for Reckoning”, rekaman pembuka mereka di “For the Sake of Revenge”. Dia juga ikut menulis lagu-lagu untuk album pertama band, Ecliptica, “8th Commandment”, “Replica” dan “Picturing the Past”.

Pada Mei 2007, sebagai hasil dari kegagalannya untuk melaksanakan mandat sipil/pelayanan militernya dia menghabiskan satu bulan di penjara Finlandia hingga dia memutuskan untuk melakukan tugas ini, karena ini dia dan anggota lain dari Sonata Arctica mencapai sebuah kesepakatan bahwa mereka akan berjalan masing-masing. Dia meninggalkan band dengan syarat baik dan kemudian digantikan oleh Elias Viljanen.


Jani juga bermain dengan Altaria, merekam dua album penuh, sebelum meninggalkan mereka untuk berkonsentrasi pada pekerjaannya dengan Sonata Arctica. Selain itu, dia memiliki (atau mungkin memiliki) sebuah proyek sampingan melodic death metal bernama Graveyard Shift dengan mantan rekan band Sonata Arctica Henrik Klingenberg. Dia juga bermain di sebuah band bernama Sydanpuu (Hearttree), yang memainkan musik rock dalam bahasa Finlandia. Di Sydanpuu, dia menyanyi dan bermain gitar, bass, dan kibord bersama drummer Risto Koskinen dibawah alias Allan Anderssen.

Pada Oktober 2007, dia adalah gitaris utama untuk tur Finlandia milik Paul Di’Anno. Sejak pertengahan September 2007, Jani bekerja dengan band baru Dream Asylum dengan penyanyi/penulis lagu dan mantan rekan band Altaria Marko Pukkila. Mereka belum membuat rilisan resmi tapi sudah merekam beberapa demo.


Pada April 2009, Jani mengumumkan di laman MySpace miliknya bahwa dia akan bermain di sebuah band dengan nama Cain’s Offering. Into tentang barisan baru juga dirilis di edisi April dari majalah Burrn!. Timo Kotipelto dari Stratovarous dan Mikko Harkin (mantan Sonata Arctica) juga bagian dari band. Band belum memainkan pertunjukan, tapi Jani dan Timo sudah menampilkan pertunjukan akustik di Finlandia, yang kemudian membawa mereka untuk merekam sebuah album studio, berjudul Blackoustic.


Pada 2013, Jani Liimatainen berkontribusi lirik dan musik untuk dua lagu di album Nemesis milik Stratovarius. Bandnya Sydanpuu merilis single pertama mereka, Malja pada Juli 2013.

Pada Juni 2014, Jani memberitahu di blognya bahwa dia berencana untuk merilis sebuah album Cain’s Offering baru, yang akan ditulis pada Sepetmber – menurutnya, dia memiliki empat lagu yang hampir selesai, dan empat lagi yang dia ciptakan dengan Kotipelto. Setidaknya dua dari lagu itu akan digunakan di album mendatang dari Cain’s Offering atau Stratovarious.

Dia saat ini tinggal di Kotka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...