Laman

Minggu, 11 September 2016

PAT MASTELOTTO




Dilahirkan dengan nama Lee Patrick Mastelotto di Chico, California, AS,  pada 10 September 1955. 

Dia mulai bermain drum pada usia 10 tahun. Pada saat dia berusia 16 tahun dia bermain di band-band local popular, dan saat masih di SMA dia sering pergi ke Lake Tahoe untuk melakukan gig. Pindah ke Los Angeles pada pertengahan 1970-an, dia bekerja untuk banyak band dan sebagai pemain drum sesi studio. Dia bekerja untuk Martin Briley, Holly Knight, Scandal, Al Jarreau, The Pointer Sisters, Patti LaBelle, Kenny Loggins, Martika, Danny Wilde juga bermain drum di album double platinu Rockland oleh musisi rock asal Kanada Kim Mitchell.


Pada 1983, dia adalah anggota pendiri Mr. Mister. Band ini mempunyai sebuah album nomor 1, Welcome to the Real World, dan 2 buah single nomor 1, “Broken Wings” dan “Kyrie”. Mereka telah merekam 4 buah album, dengan album keempat, “Pull”, direkam pada 1989-1990 tapi tidak dirilis hingga akhir 2010.

Jabatannya dengan Mr. Mister diikuti oleh kerja sesi yang banyak untuk band-band seperti XTC, The Sugarcubes, Hall & Oates, Cock Robin, The Rembrandts, Jude Cole, Eddie Money, Tina Arena, Matthew Sweet, Julia Fordham, Robyn Hitchcock dan David Sylvain. Pada 1991 Mastelotto ikut memproduseri album solo pertama milik Peter Kingsberry sebelum diminta untuk berganung dengan King Crimson.


Mastelotto sudah menjadi anggota King Crimson sejak 1994, dan muncul di lebih dari 20 album King Crimson dan beberapa video musik. Dia juga memproduseri, mengedit, mencampur atau bermain di beerapa rilisan ProjeKcts milik King Crimson.


Untuk King Crimson di awalnya membentuk dari barisan “double trio”, bergabung dengan Bill Bruford pada drum.

Dia terus menjadi tamu di proyek lain, bekerja dengan Jay Terrien, Cock Robin, drummer Terry Bozzio, Mecca, Herd of Instinct, Tony Levin dan California Guitar Trio, juga mengerjakan karya solo. Dia juga anggota dari band-band progesif/eksperimental TU (dengan sesama alumnus King Crimson Trey Gunn) dan KTU (dengan Trey, Kimmo Pohjonen dan Samuli Kosminen), da Tuner, sebuah duo dengan Markus Reuter dari centrozoon yang sudah merilsi empat album dan melakukan tur secara berkala. Tur itu meliputi Estonia pada 2007 yang didokumentasikan dalam sebuah album live. Di panggung Tuner dikenal untuk menginterpretasikan materi King Crimson seperti lagu ‘Industry’ dari 1984, seperti yang dibuktikan di album live 2009 mereka ZWAR.


Sejak pindah ke Austin, Texas, dia sudah bekerja dengan Storyville asal Austin, Abra Moore, …And You Will Know Us by the Trail of Dead dan pemain theremin Pamelia Kurstin. Proyek pribadi termasuk, Mastica, BPMM dan M.P.TU dengan gitaris Phil Brown (Little Feat), penyanyi Malford Milligan dan bassis Mark Andes (Spirit, Firefall, Heart). Dia bekerja sebagai produser eksekutif, juga proudser, penata rekaman, dan mixing. Dia sudah muncul di tema tv jaringan kerja besar, dan sudah berkerja di studio untuk sejumlah proyek. Pada 2007 Mateloto melakukan tur dengan The Flower Kings di Eropa mendukung album mereka The Sun of No Evil. Pada 2008 sebuah barisan baru dari King Crimson terbentuk, termasuk tim pemain drum dari Pat dan gavin Harrison, yang memainkan 11 pertunjukan pada Agustus. Kemudian bermain di festival Creation of Peace di Kazan, Rusia, dengan Adrian Belew, Tony Levin dan Eddie Jobson. Ini disusul oleh proyek baru lainnya, HoBoLeMa, dengan Levin, Bozzio dan Allan Holdsworth. Pat juga bekerja dengan Reuter dan Levin dalam trio Stick Men yang merilis album keempat mereka Deep pada 2013. Dia dikenal dengan keterampilan produksi dan kemampuan teknisnya saat di studio. Pat sering mengerjakan Digital Audio Workstation di studio. Dia sudah memproduseri sejumlah rilisan King Crimson, juga proyek sampingan yang berhubungan dengan King Crimson.

Pada 2014, dia merilis sebuah album kolaboatif dengan Tobias Ralph berjudul ToPaRaMa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...