Laman

Jumat, 30 September 2016

MARC BOLAN




Dilahirkan dengan nama Mark Feld pada 30 September 1947 di London timur. Saat masih anak-anak, dia mengenal artis-artis rock and roll seperti Chuck Berry. Saat berusia 9 tahun, dia menerima gitar dan segera mulai memainkannya dan manggung. Pada usia 14 tahun, dia dikeluarkan dari sekolah. Dia bekerja sementara sebagai seorang model dan, saat berusia 17 tahun, dia memutuskan akan hidup dari musik.

Bolan mulai memainkan musik milik Bob Dylan dan Donovan. Dia merubah namanya menjadi Toby Tyler dan bermain dimanapun dia bisa. Pada 1967 dia dikenal sebagai Marc Bolan dan ikut band protopunk bernama John’s Children. Band ini sangat sukses saat manggung, tapi tidak pernah menjual banyak rekaman. Saat John’s Children bubar, Bolan dan dramer Steve Peregrin Took membentuk Turannosaurus Rex, sebuah band psychedelic folk-rock acoustic, yang memainkan lagu-lagu Bolan. Tyrannosaurus Rex mendapatkan kesuksesan, merilis 3 album dan 4 single. Puncaknya mereka manggung di Hyde Park free concert yang pertama di 1968. Setelah itu, Bolan memecat Took dan menggantinya dengan Mickey Finn.


Bolan menikah dengan June Child, memperpendek nama band menjadi T. Rex, dan merekam “Ride a White Swan,” yang naik ke No. 2 di Bristish chart. Kesuksesan single ini merubah kehidupan Bolan; memberinya kebebasan untuk bereksperimen dengan gaya glam-rock yang akan menjadi cirri khasnya. Dia mulai menggunakan topi dan sepatu kulit di panggung, bersama dengan kemilau di dagunya. Teman Bolan, David Bowie juga terkena demam glam rock, bersama dengan para penyanyi seperti Mick Jagger dan Rod Stewart dan band seperti Grand Funk Railroad.


Setelah “Ride a White Swan,” Bolan menjadikan T. Rex menjadi kuartet dengan menambah bassis Steve Currie dan dramer Bill Legend. Formasi ini menembus chart dengan “Hot Love” dan “Get It On,” yang diganti dengan “Bang a Gong (Get It On)” untuk rilisan di AS. Ini adalah hit T. Rex satu-satunya di AS.


Pada 1975, pernikahan Bolan mengalami kehancuran dan T. Rex dibubarkan. Bolan menjalin hubungan dengan Gloria Jones, seorang penyanyi latar. Kesehatannya mulai bermasalah saat dia kecanduan kokain, tapi dia terus bekerja, memnghasilkan setidaknya satu buah hit di chart setiap tahunnya, di UK, hingga kematiannya pada 1977. Bolan dan Jones memperoleh seorang putra Rolan Bolan di September 1975.

Marc Bolan meninggal di London pada 16 September 1977, sebelum ulang tahunnya yang ke 30. Dia dan Gloria tengah kembali dari makan malam di restoran terdekat saat mobil mereka, dengan Gloria yang mengemudi, menabrak pohon. Bolan tewas seketika, sedangkan Gloria mengalami beberapa luka. Tempat kecelakaan itu kini dikenang sebagai Marc Bolan’s Rock Shrine. Untuk memperingati kematiannya yang ke 25, di 2002, sebuah plakat perunggu rock star diletakkan di tempat itu. Kehidupan musik Bolan kini menjadi acara radio, iklan televisi dan soundtrack filem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...